Manusia nggak pernah terlepas dari pengaruh orang lain. Manusia itu makhluk sosial yang selalu butuh orang lain. Namun, kita juga sebagai makhluk yang lemah terkadang secara nggak sadar ternyata kita memiliki perbedaan, dan terkadang juga kita mengharapkan orang lain sama seperti kita. Sering nggak sih kamu kesal sama teman, adik, kakak kamu dan lainnya. Yang sifatnya kadang  kamu nggak suka, atau ngebuat kamu ilfil didekat dia.

Apa lagi  bulan puasa kayak gini, dengan jadwal kuliah yang padat, ditambah lagi cuaca yang panas, dan segala aktivitas lainnya yang ngebuat kamu harus menjalani semuanya. Nah, untuk itu kamu dapat mengatasinya dengan cara ini.

1. Cobalah untuk terbuka

Kamu mungkin mudah kesal dengan teman kamu atau orang di sekitar kamu. Namun, jika dibiarin akan membuat kamu merasa nggak nyaman. Maka, yang perlu kamu lakuin adalah keterbukaan. Kamu bisa bicara sama dia, kamu ungkapin apa yang kama suka dan apa yang nggak kamu suka. Hal itu akan membuat kamu dan dia akan saling mengerti satu sama lain.  Jadi enggak ada perdebatan lagi di antara kalian.

2. Jangan egois! Manusia itu berbeda-beda

Orang emosi

Orang emosi via https://www.liputan6.com

Advertisement

Setiap orang memiliki sikap dan kepribadian yang berbeda. Enggak ada salahnya kok kalau kamu bisa menerima kekurangan teman kamu apa adanya.

3. Berbicara dengan humor

Humor adalah sesuatu yang di sukai banyak orang. Apalagi ketika lagi enggak mood atau emosi. Cara ini cukup efektif buat kamu untuk mengawali pembicaraan atau mencairkan suasana ketika lagi marahan dengan teman kamu.

4. Rileksasikan diri kamu dengan menghela nafas sedalam-dalamnya

Mengela Nafas

Mengela Nafas via https://www.pexels.com

Kamu mungkin emosi dan ingin memaki atau marah. Tapi, marah nggak akan membuat masalah itu selesai, malah akan membuat rumit keadaan. Maka yang kamu butuhkan adalah rileksasi diri. Dengan cara menarik nafas sedalam-dalamnya dan menghebuskannya pelahan-lahan. Itu akan membuat emosi kamu perlahan-lahan akan berkurang.

5. Diam

orang diam

orang diam via https://www.pexels.com

Advertisement

Pepatah mengatakan bahwa diam itu adalah emas. yang artinya begitu berharganya perkataan seseorang itu. Saat seseorang emosi bisa aja orang itu akan marah, memaki dan lebih parahnya bisa melukai orang lain. Tetapi ada cara yang efektif lho, untuk menghindari pertikaian atau marahnya kamu, yaitu diam. Begitu juga ketika menghadapi teman, adik atau orang-orang di sekeliling kamu. Diam itu akan membuat kamu dan yang lainnya nggak akan berantam. Dan kamu bisa mengatasi emosi kamu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya