Hari buku nasional di Indonesia jatuh pada tanggal 17 Mei. Namun, Indonesia digadang-gadang sebagai negara yang tidak gemar membaca dan lebih gemar untuk mendengar. Mengapa membaca buku menjadi sangat penting? Membaca buku sangat penting dikarenakan memberi kita ilmu atau pengetahuan yang tak terbatas sembari membuat pikiran kita aktif. Tak hanya membaca buku saat kita sedang atau membutuhkan suatu literasi untuk tugas perkuliahan atau lainnya, namun menjadikannya sebagai sebuah habit atau kebiasaan sehari-hari.

Apa saja keuntungan membaca buku? Menurut website Self Development Secret, inilah beberapa keuntungan dari membaca buku.

1. Stimulasi mental kognitif dan melatih otak

ilustrasi Robbie Porter

ilustrasi Robbie Porter via https://weandthecolor.com

Membaca membawa keuntungan bagi kesehatan mental dalam bentuk berfikir. Dengan membuat otak berkonsentrasi pada kata dan sebuah jalan cerita, akan menstimulasi otak dan fungsi kognitif. Dengan begitu akan membuat cara berpikir kita lebih tajam. Utamanya pada bagian otak yang membantu kita untuk konsentrasi dan berfikir kritis.

2. Memperluas kosa kata dan pengetahuan

ilustrasi Joey Guidone

ilustrasi Joey Guidone via https://www.behance.net

Advertisement

Saat membaca, terkadang akan terdapat suatu kosa kata baru yang tidak kita mengerti atau bahkan tidak pernah dengar. Kemudian kita akan mencari kosa kata tersebut pada kamus untuk mengetahui artinya. Secara tidak langsung kita akan mempelajari suatu kosa kata baru dari membaca. Dengan begitu kosa kata yang kita tahu akan lebih banyak dan luas.

3. Mengurangi stress dan ketegangan

ilustrasi Joey Guidone

ilustrasi Joey Guidone via https://www.theispot.com

Membaca juga menjadi sebuah hiburan. Pada saat kita membaca, otak akan secara otomatis mengubah diri kita menjadi pada suatu dunia yang baru melalui buku. Membuat pikiran untuk rileks dan berhenti sejenak dari hal yang membuat stress. Stress dapat menjadi suatu hal yang serius bagi kesehatam mental. Membaca novel misalnya, akan membantu untuk mengurangi stress dan membuat pikiran dan badan rileks.

4. Membantu mengurangi depresi

ilustrasi Joey Guidone

ilustrasi Joey Guidone via https://www.theispot.com

Bagaimana membaca dapat mengurangi depresi? Disaat sudah membaca suatu novel atau lainnya, pikiran akan fokus terhadap kata atau jalan cerita pada bacaan. Otak akan sejenak melupakan hal yang membuat pikiran terbebani. Perasaan senang bisa didapat dari jalan cerita pada bacaan sehingga membantu hari kita yang tadinya sedih menjadi senang.

5. Meningkatkan daya ingat dan fokus

ilustrasi Joey Guidone

ilustrasi Joey Guidone via https://www.behance.net

Advertisement

Selain meningkatkan konsentrasi dan cara berfikir kritis, membaca juga dapat meningkatkan daya ingat dan fokus. Membaca setiap hari walaupun sedikit, setidaknya akan membantu fokus kita dan juga daya ingat. Seperti halnya kita olahraga untuk badan, membaca juga menjadi olahraga untuk mental yang mendorong daya ingat dan fokus.

6. Memperkuat kemampuan untuk menulis

ilustrasi Joey Guidone

ilustrasi Joey Guidone via https://www.behance.net

Tak hanya membawa manfaat bagi kesehatan mental, membaca juga membawa manfaat bagi kita dalam menulis. Dari banyak buku yang sudah dibaca, kita memiliki banyak informasi dan pengetahuan yang kemudian akan memudahkan kita dalam menulis. Membantu kita untuk bisa merangkai atau menulis kata lebih baik karena otak berkonsentrasi pada bagaimana novel atau buku bisa tersusun dalam penulisan.

7. Tidur lebih nyenyak

ilustrasi Joey Guidone

ilustrasi Joey Guidone via https://www.boredpanda.com

Membaca tidak membantu kita untuk mengantuk lalu tertidur namun sebagai kontribusi dalam fase tidur kita. Membaca membuat kita rileks dan dapat membantu sehingga membuat tidur kita lebih nyenyak. Saat akan tidur bacalah buku. Setelah melewati hari yang sibuk dan padat, sempatkanlah membaca untuk merilekskan pikiran dan badan. Setidaknya satu bab bagian dari buku lalu tidur.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya