Majelis taklim atau majelis ilmu adalah tempat dimana kita bisa menuntut ilmu syar'i, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyebutnya dengan taman-taman surga sebagaimana sabdanya Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Jika kamu melewati taman-taman surga, maka singgahlah dengan senang.” Para sahabat bertanya,”Apakah taman-taman surga itu?” Beliau menjawab,”Halaqah-halaqah (kelompok-kelompok) dzikir.”

Jika kamu berniat datang ke majelis ilmu tentunya kamu akan menggunakan pakaian yang sesuai jika tak ingin terlihat beda dengan yang lain, beberapa pakaian berikut ini bisa jadi referensi buat kamu bagi yang ingin datang kajian. Ini dia!

1. Baju Koko Lengan Pendek

Baju Koko model ini sudah sangat umum digunakan oleh kebanyakan masyarakat. Baju ini pun tidak lagi dipakai untuk acara keagamaan saja. Di negara kita banyak pria-pria yang menggunakan baju ini sebagai identitas dirinya. Sehingga mereka menggunakannya sebagai baju untuk aktifitas sehari-hari.

2. Jubah atau Gamis

Advertisement

Awalnya pria Indonesia masih merasa belum percaya diri jika menggunakan jubah, karena dianggap seperti budaya ke arab-araban. Namun saat ini, seiring berkembangnya jaman dan berkembangnya kajian sunnah banyak dari mereka yang mulai menggunakan jubah. Jika dulu jubah hanya dipakai oleh ustadznya saja, sekarang jamaahnya sudah mulai enggan menggunakan jubah.

3. Gamis Pakistan atau Kurta

Jika jubah atau gamis biasa panjangnya hampir sampai mata kaki, jubah atau gamis ini hanya memiliki panjang hingga lutut atau 3/4. Model gamis ini berasal dari negara Asia Tengah, seperti Afganistan, Bangladesh, India, Pakistan, Nepal dan Srilanka. Mereka menyebutnya dengan nama Gamis Kurta.

4. Gamis Kaos

Gamis kaos ini mirip seperti gamis kurta, perbedaannya hanya dari segi bahannya saja yang menggunakan kaos. Cocok untuk kamu yang suka tampil kasual dengan kaos oblong yang pendek dan ketat.

5. Rompi Shalat

Rompi Shalat

Rompi Shalat via https://citrusarsitek.com

Advertisement

Romsha atau rompi shalat adalah pakaian pelapis yang digunakan ketika shalat. Namun baju ini juga cocok kamu gunakan untuk kajian.

Fungsi rompi ini adalah untuk menutup bagian belakang baju sehingga aman dari tersingkapnya aurat. Juga menutupi bagian baju secara keseluruhan sehingga jika baju kamu terdapat tulisan/gambar akan tertutupi oleh rompi shalat ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya