#BelajarDiNegeriOrang-Melanjutkan Pendidikan ke Inggris? Berikut Suka dan Duka yang Akan Kamu Rasakan. Tetap Seru, sih!

Selain karena Inggris adalah sebuah negara yang indah, Inggris juga tercatat memiliki sistem pendidikan terbaik di tahun 2020, lho.

Kuliah sekaligus menjalani kehidupan di Inggris mungkin menjadi dambaan bagi sebagian orang. Selain karena Inggris memang merupakan sebuah negara yang indah, Inggris juga tercatat memiliki sistem pendidikan terbaik di tahun 2020, lho.

Dilansir dari Ceoworld Magazine ( https://ceoworld.biz/2020/05/10/ranked-worlds-best-countries-for-education-system-2020/ ) Britania Raya menempati urutan pertama, yang mana Inggris menjadi bagian di dalamnya. Dari pada semakin berandai-andai, yuk simak suka duka yang akan kamu rasakan jika melanjutkan pendidikan ke Inggris.

Advertisement

1. Orang Inggris cenderung bersikap individualis

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://images.pexels.com

Inggris adalah negara yang terkenal cukup toleran dan juga masyakatnya yang bisa menghargai kebebasan individu. Orang Inggris cenderung tidak mau mengurusi urusan pribadi orang lain dan lebih fokus pada diri mereka sendiri. Mereka terbiasa bersaing secara sehat dan fokus untuk memperbaiki kemampuan masing-masing.

Untuk kamu yang masih suka bergibah, sepertinya harus kurang-kurangi kebiasaan itu, ya. Biar nanti kalau berkesempatan belajar ke Inggris kamu nggak kaget, hehe.

Advertisement

2. Sebanyak 18 warisan UNESCO berada di Inggris, lho!

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://images.pexels.com

Sebenarnya di Britania Raya sendiri terdapat 31 situs warisan dunia UNESCO, namun hanya ada 18 yang berada di Inggris. Sisanya, ada lima di Skotlandia, tiga di Wales, dan satu di Irlandia Utara.

Warisan itu meliputi alam, budaya, serta kota-kota bersejarah yang ada di Inggris. Jika kamu berkesemapatan untuk belajar ke Inggris, jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi beberapa tempat di sana, ya! Terutama yang paling terkenal adalah Stonehenge, atau Gedung Westminster di London. Dua situs ini memang menjadi ikon pariwisata negara Inggris.

Dengan banyaknya warisan UNESCO yang ada di sana, tentu akan banyak pelajaran dan hal-hal baru yang juga akan kamu dapat. Apalagi kalau kamu sampai bisa mengunjunginya langsung. Wah, pasti akan menjadi pengalaman yang berkesan, ya! 

Advertisement

3. Merasakan pengalaman belajar di lingkungan yang sangat beragam

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://images.pexels.com

Jika kamu belajar di Inggris, jangat kaget ketika melihat mahasiswa dari berbagai negera berada di satu kelas yang sama dengan kamu. Inggris memang terkenal dengan keragamannya. Ada banyak orang di seluruh dunia yang memutuskan untuk belajar di sana.

Karena keragaman itu, kamu jadi bisa bertukar pengalaman dengan orang dari negara lain. Kamu juga bisa bertukar cerita dan budaya. Jika ada desas-desus dari negara tetangga yang mungkin membuat kamu penasaran, kamu juga bisa lho menanyakan langsung dari warga negara yang bersangkutan, jika memang ada. 

4. Bisa merasakan 4 musim, yang nggak ada di negara tropis

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://images.pexels.com

Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah tropis, merasakan salju mungkin adalah keinginan sebagian orang. Tidak hanya merasakan salju, jika kamu belajar di Inggris kamu juga bisa melihat bunga-bunga cantik bermekaran di musim semi, atau daun-daun berguguran di musim gugur, dan juga teriknya musim panas yang pasti sangat berbeda dengan Indonesia.

Namun perlu diketahui, merasakan musim yang sebelumnnya belum pernah ada di Indonesia memang menjadi pengalaman sendiri untuk kamu, tapi kamu juga harus bisa menyesuaikan diri, ya! Karena musim salju itu tidak sama dengan hujan angin di Indonesia.

5. Kuliner di Inggris dinilai sebagai makanan terburuk di dunia

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://images.pexels.com

Untuk kamu yang suka pilih-pilih soal makanan, ini bisa jadi mimpi buruk untuk kamu. Menurut The Outline ( https://theoutline.com/post/8586/why-is-british-food-so-bad ) Makanan Inggris itu buruk karena orang Inggris terlalu tertekan untuk memasak makanan secara benar. Negara Inggris sendiri merupakan sejumlah besar pertukaran antar budaya yang kompleks baik di dalam maupun di luar Inggris.

Jadi cita rasa yang tercipta tentu tidak sama, karena selera orang berbeda-beda. Itu yang menyebabkan kuliner mereka memiliki cita rasa yang buruk, karena resep yang tercipta sudah berpindah-pindah dan terkontaminasi dari beberapa budaya.

Hal di atas adalah sedikit gambaran dari segudang realitanya. Untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Inggris, jangan takut! Perbedaan dan 'culture shock' pasti akan ada di setiap negara, tidak hanya di Inggris. Jadi kamu lah yang harus selalu siap dan melakukan persiapan dengan baik.

Nah, untuk memudahkan perjalanan kamu studi ke Inggris atau ke negara manapun, kamu harus banget nih kenal dan daftar Program Ekslusif dari  Qatar Airways Student Club. Program ini akan memberikan kamu harga special untuk tiket penerbangan. Kamu juga akan mendapatkan tambahan bagasi serta gratis super Wi-Fi. Intinya, mereka akan membantu kamu sepanjang perjalanan pendidikan untuk meraih cita-citamu. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang! https://www.qatarairways.com/en/student-club.html

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Undergraduate Communication Student

CLOSE