#BeraniWujudkanMimpi-5 Langkah Tepat untuk Mewujudkan Mimpimu Jadi Nyata.

Jangan jadi pemimpi jika tidak berani mewujudkannya!

Jika tak punya mimpi, hidup kita hanya akan seperti angin yang berjalan tanpa arah dan tujuan. Anggaplah hidup ini seperti sebuah film. Tanpa mimpi, ceritanya akan membosankan. Sebaliknya, dengan mimpi, hidup akan lebih menantang dan bermakna.

Akan tetapi, jauh sebelum memulai, langkah kita kerap kali terhenti lebih awal. Alasannya karena impian itu terasa sulit untuk digapai. Jangan jadi pecundang sebelum berperang, beranilah berjalan meski selambat siput sekalipun. Agar jalanmu nggak salah arah, simak lima langkah tepat untuk mewujudkan mimpi jadi nyata berikut ini.

Advertisement

1. Tentukan mimpi apa yang ingin kamu capai

Photo by Pietra Schwarzler on Unsplash

Photo by Pietra Schwarzler on Unsplash via https://unsplash.com

“Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.” (Ir. Soekarno)

Bermimpi itu menyenangkan, jadi silahkan bermimpi setinggi mungkin. Toh nggak ada yang akan melarangmu bukan? Jangan dengarkan orang-orang yang bisa membunuh impianmu. Seperti kata Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno dalam kutipan di atas. Ia sangat mendukung siapa pun yang punya mimpi setinggi langit.

Advertisement

Biasanya setiap orang punya banyak mimpi. Misalnya ingin menjadi pengusaha sukses, ingin memberangkatkan orangtua naik haji, ingin membangun rumah megah, atau mimpi yang sangat mustahil sekalipun. Alih-alih lelah dengan banyaknya mimpi yang tak pasti, tentukan mana yang ingin kamu capai lebih dulu.

2. Buat rencana agar kamu tidak salah arah

Photo by  Andrea Piacquadio on Pexels

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels via https://www.pexels.com

Jika kamu sudah menentukan mimpimu, langkah selanjutnya adalah membuat rencana. Banyak orang terjebak di zona nyaman, mereka berkhayal nggak berkesudahan. Tapi, setiap hari yang dilakukan hanya tiduran atau bahasa gaulnya 'cuma rebahan'. 

Berhentilah berandai-andai, mulailah menyusun rencana untuk mewujudkan apa yang kamu inginkan. Contohnya jika ingin jadi seorang penulis novel, maka kamu harus punya headphone atau laptop. Buat rencana untuk menabung. Setelah bisa membeli alatnya, pelan-pelan tuangkan imajinasimu. Selesaikan tulisan, kemudian cari penerbit dan lain-lain.

Advertisement

3. Mulailah beraksi dengan hal kecil sesuai kemampuan kamu

Photo by Ben White on Unsplash

Photo by Ben White on Unsplash via https://unsplash.com

Banyak anak muda yang menganggap diri mereka hanyalah beban keluarga. Mereka hanya memikirkan hal tersebut, tapi nggak berbuat apa-apa. Mereka terlalu sibuk berkhayal tanpa berani mewujudkannya. Nah untuk kamu, coba mulai segalanya dengan hal kecil dulu.

Bagi kamu yang merasa nggak punya daya, lihat apa yang bisa kamu lakukan sekarang. Jangan sepelekan hal kecil seperti membaca buku, karena terkadang hal itu bisa menjadi suatu hal yang besar di kemudian hari. Sama seperti menabung, uang selembar pun kalau dikumpulkan bisa jadi banyak. Intinya, beraksi saja dulu.

4. Berusahalah untuk fokus pada tujuanmu

Photo by Semina Psichogiopoulou on Unsplash

Photo by Semina Psichogiopoulou on Unsplash via https://unsplash.com

Sudah dikatakan di atas, mimpi sama artinya dengan tujuan hidup. Jadi kamu harus fokus untuk menggapainya. Hindari semua hambatan seperti anggapan orang lain terhadapmu, kebiasaan buruk yang bercokol di dirimu, bahkan keraguan keluarga terhadap mimpimu juga harus diabaikan. Meskipun terkadang keluarga menginginkan hal yang berbeda, kamu harus tetap yakin pada mimpimu.

Selain itu, urusan asmara juga sering menjadi tembok penghalang untuk menuju impian. Pasangan yang berseberangan pendapat, atau tidak sefrekuensi bisa menyulitkan langkahmu. Nah, utamakan impianmu dulu, karena cinta yang hebat akan datang sendiri jika kamu sudah menggenggam kesuksesan.

5. Bertahanlah dalam perjuangan untuk menuju puncak kesuksesan

Photo by Alexandra I. on Unsplash

Photo by Alexandra I. on Unsplash via https://unsplash.com

Nggak ada yang mudah! Setiap hal yang benar-benar kita impikan akan selalu sulit untuk dikejar. Itu karena Tuhan ingin kita berjuang agar mampu belajar bersabar, belajar kuat, belajar bersyukur, serta belajar memahami makna dari hidup kita.

Kalau kamu merasa lelah, istirahat sejenak. Kalau kamu ingin mengeluh, sesekali silahkan. Kalau kamu ingin marah, lakukanlah. Tapi ingat, jangan sampai kamu berhenti berjalan. Meskipun tangis dan keputusasaan ribuan kali menghantui, kesuksesan yang diraih dengan perjuangan itu akan manis rasanya.

Itulah lima langkah tepat yang bisa kamu mulai untuk mengejar impianmu. Hidup ini singkat, setiap detiknya sangat berharga. Jangan sia-siakan dengan alur yang membosankan. So, ayo mulai beraksi dan #BeraniWujudkanMimpi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis cerita fiksi

CLOSE