Tidak perlu menunggu bulan Ramadan untuk berbuat kebaikan. Setiap hari pun hendaknya kita selalu berbuat baik kepada sesama manusia, hewan, tumbuhan, dan alam sekitar. Juga tidak perlu mengharapkan imbalan atas kebaikan yang telah kita lakukan. Ketika kita berbuat baik, Tuhan sudah mencatatnya dan pasti Tuhan telah menyiapkan balasan yang sebaik-baiknya untuk kita. Dengan berbuat baik, kita juga berupaya menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

Daripada melamun dan berbuat yang tidak baik, lebih baik lakukan hal-hal seperti berikut supaya hidup kita jadi lebih bermanfaat. Hehehe

1. Memberi Makan Binatang Peliharaan

mamam dulu nih

mamam dulu nih via https://bobo.grid.id

Hal yang sederhana memang, tetapi ini adalah salah satu kebaikan yang dapat kita lakukan kepada binatang. Dengan memberi makan binatang yang kita pelihara di rumah, kita sudah memberikan hak mereka. Binatang peliharaan kita pasti senang ketika kita memberinya makanan, apalagi diberi bonus.

2. Menyiram Tanaman di Rumah

siram dulu yuk dek!

siram dulu yuk dek! via http://bringouthebest.com

Advertisement

Sama seperti binatang peliharaan, ketika kita menyiram dan memberi pupuk pada tanaman di sekitar rumah, sama saja kita telah memberikannya hak untuk hidup.

Nah, kalau kita memberi hak tanamana untuk hidup, artinya kita sudah berbuat baik kepada tanaman. Apabila tanaman kita tumbuh subur nantinya membawa manfaat untuk kita juga, kan?

3. Membantu Pekerjaan Rumah Ayah dan Ibu

bersih-bersih dulu kak!

bersih-bersih dulu kak! via http://dissolve.com

Nah ini yang kadang terasa berat. Biasanya kita ngeles sibuk ini itu agar tidak melakukan pekerjaan rumah. Padahal dengan melakukan pekerjaan rumah tersebut sama saja kita telah meringankan pekerjaan orang tua lho.

Advertisement

Hal yang bermanfaat kan? Selain itu, meringankan pekerjaan orang tua kan pasti dapat pahala. Emang nggak mau dapat pahala, gaes? 😀

4. Membuang Sampah pada Tempatnya

buang sampah dulu ya, dek!

buang sampah dulu ya, dek! via https://www.pexels.com

Ini juga terkadang berat dilakukan. Setelah makan ciki-ciki bungkusnya dibuang gitu aja. Setelah minum es, bungkusnya dibuang gitu aja. Padahal apa susahnya sih buang sampah pada tempatnya, apalagi kalau tempat sampahnya sudah disediakan.

 

Kalau tempat sampahnya nggak ada gimana dong? Jawabannya sederhana. Simpanlah dulu di tas atau kantongmu. Nanti kalau sudah ketemu tempat sampah baru dibuang. Mudah kan, gaes?!

Membuang sampah pada tempatnya = menyelamatkan bumi kita

5. Menyapa Tetangga Sebelah

hello, bro!

hello, bro! via https://www.pexels.com

Kadang kita merasa menyapa tetangga sebelah rumah itu nggak penting dan buang-buang waktu, juga terasa canggung, tapi tahukah kalian gaes… tetangga adalah orang yang memiliki kemungkinan paling besar untuk kita mintai tolong dalam keadaan mendesak. Jadi kita harus senantiasa berbuat baik dengan tetangga dong ya.

Hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan menyapanya. Ingat kan kalo manusia itu makhluk sosial? Yap, makhluk yang nggak bisa jauh dari manusia lainnya. Nah, itulah kenapa kita sangat memerlukan tetangga sebelah untuk mewarnai hidup kita sebagai makhluk sosial. So, jangan judes-judes dengan tetangga sebelah ya, Gaes.

Demikianlah hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan agar kita jadi lebih bermanfaat di lingkungan kita. Ingat ya, jangan pernah berhenti berbuat kebaikan. Be good people then God will do good to you 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya