Di era yang sudah modern ini, tidak jarang melihat orang tua yang masih kurang bisa mendegarkan dan memahami pendapat dan perasaan dari seorang anak kecil. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan banyak sekali anak-anak  mulai bertumbuh menjadi pribadi yang tidak patuh dan tidak mau mendengarkan. Perilaku seperti ini banyak bersumber dari contoh perilaku orang tua yang tidak mau mendengarkan pendapat anak.

Seperti yang dilansir pada artikel Beritagar.id/gaya-hidup mendengarkan pendapat anak sangat penting dan memiliki banyak manfaatnya seperti terjalinnya kedekatan emosional, dipercaya oleh anak, bahkan mengetahui kondisi anak sebenarnya. Nah berikut ini adalah tips berkomunikasi yang baik dengan sang buah hati :

1. Berikan Ruang dan Waktu

Chelsea Fern

Chelsea Fern via http://www.unsplash.com

sediakan waktu luang dan kesampingkan urusan lain sebelum berbicara dengan anak. Apabila komunikasi tatap muka langsung dianggap terlalu sulit, maka ciptakan suasana yang cukup menyenangkan dan kondusif.

Advertisement

 

2. Dengarkan dan Pahami Mereka

Dengarkan dan tunggu hingga anak selesai memberikan pendapat, baru memberikan respon yang tepat dan sesuai. Sehingga anak merasa dihargai dan bisa saja topik yang ingin dibicarakan penting sekali.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya