Ketika seseorang dihadapkan dengan beberapa pilihan dan diminta untuk memutuskan satu dari sekian pilihan tersebut, tentunya timbul perasaan bingung untuk memilih yang mana yang harus dipilih. Seringnya ketika seseorang berada pada kondisi ini, perasaan bimbang dan kebingungan membayang-bayangi diri mereka.

Nah, buat kamu yang sedang dalam kebingungan untuk mengambil suatu keputusan, mungkin beberapa hal ini bisa membantumu.

1. Dengarkan apa kata hatimu

dengarkan kata hati

dengarkan kata hati via https://unsplash.com

Yang terpenting saat kamu berada dalam kebimbangan adalah dengarkan kata hatimu. Dari sekian banyaknya pilihan yang dihadapkan padamu, coba tanya pada hatimu mana satu diantara pilihan tersebut yang memang hatimu kuat untuk memilihnya.

Advertisement

Jadi ketika hatimu sudah meyakini akan pilihan tersebut, kamu tak perlu ragu lagi untuk menentukannya.

2. Percaya dan yakini bahwa apa yang kamu pilih adalah yang terbaik untukmu

percaya dan yakin

percaya dan yakin via https://www.pexels.com

Setelah hatimu yakin akan pilihan tersebut, kamu pun harus yakin bahwa pilihan yang kamu pilih adalah yang terbaik untukmu. Sebab kalau kamu sendiri tidak yakin, bagaimana mungkin pilihan tersebut baik untukmu. Toh dari diri kamu sendiri tidak meyakini itu.

Maka dari itu yakinkan diri kamu terlebih dahulu bahwa setiap pilihan yang kamu ambil adalah baik untukmu. Dan setelahnya semoga semesta pun mendukungmu.

3. Cepat tentukan pilihanmu, karena jika semakin lama maka akan semakin membuang-buang waktu

cepat tentukan pilihan

cepat tentukan pilihan via https://unsplash.com

Advertisement

Ini juga penting untukmu. Saat dihadapkan banyak pilihan, biasanya orang-orang terlalu lama dalam menimbang dan memutuskan. Hingga akhirnya menjadi membuang buang waktu.

So, buat kamu yang masih saja dalam kebimbangan, tak perlu lama-lama berada dalam kebingungan untuk menentukan pilihan tersebut. Segera tentukan dan jangan sampai membuang-buang waktu. Sebab waktu sangat lah berharga.

4. Belajar dari apa yang sudah terjadi di hidupmu

belajar dari pengalaman

belajar dari pengalaman via https://unsplash.com

Hidup memang mengajarkan kita banyak hal. Entah itu positif atau pun negatif. Dan untuk menentukan pilihan, kamu pun mungkin bisa mempertimbangkan berdasarkan pengalaman atau pelajaran yang pernah terjadi dalam hidupmu.

Karena dari sana biasanya kamu akan lebih mudah untuk menentukan mana yang baik untuk kamu ambil berdasarkan pengalamanmu itu. Hingga akhirnya pilihan lebih cepat kamu tentukan dan kamu tak perlu berlama-lama lagi berada dalam kebingungan menentukan pilihan.   

5. Minta saran orang lain itu boleh, asalkan jangan sampai membuatmu semakin menjadi kebingungan

minta saran orang lain

minta saran orang lain via https://www.pexels.com

Tak sedikit orang yang meminta saran orang lain dalam mengambil keputusan ketika berada dalam kebingungan yang berkepanjangan. Namun tak sedikit juga pada akhirnya malah membuat orang tersebut semakin kebingungan. Semakin banyak saran yang masuk. Malah ia semakin merasa bingung.

Sebenarnya tidak ada salahnya saat kamu meminta saran orang lain. Asalkan tidak membuatmu semakin berada dalam kebingungan. Jadi, tampung lah setiap saran yang masuk kepadamu dan tentukan lah berdasarkan keyakinan dirimu sendiri.

So, buat kamu yang masih suka bingung menentukan pilihan. Semoga beberapa hal tadi bisa membantumu sehingga membuatmu tidak bingung lagi dan lebih cepat dalam menentukan dan mengambil keputusan yang tengah dihadapkan padamu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya