Buat kamu yang berstatus sebagai anak kost pasti selalu mikir bagaimana mengatur uang agar cukup untuk semua keperluan. Tak perlu khawatir, kali ini aku akan memberikan sedikit tips untuk hidup hemat. Bahkan kamu bisa menabung dengan menerapkan tips ini. Mari menata masa depan dimulai dari hal kecil. Buat kaum hawa, kamu suatu saat bakal jadi ibu rumah tangga yang akan mengatur pengeluaran keluarga. Yuk dibiasakan dari sekarang mengatur keuangan.

1. Batasi setiap pengeluaranmu per hari

jangan banyak makan mie ya

jangan banyak makan mie ya via https://www.google.co.id

Batasi disini bermaksud, misalkan kamu sebulan dikasih uang makan dan jajan 1.000.000 nah dari situ kamu harus bisa membagi pengeluaran per harinya. Kalau misalnya sebulan 1.000.000 berarti per hari kamu bisa mengeluarkan maksimal 30.000. Bagaimana pun tidak boleh melebihi jatah itu. Sisanya kamu buat nabung. Bagaimana uang 30.000 sehari buat makan? Kamu bisa pergi ke pasar lalu beli beras dan lauk sederhana. Keahlian masak disini diperlukan, tapi itu bisa membantumu. Untuk kamu yang belum bisa masak coba cari resep masak di internet.

2. Bedakan antara keinginan dengan kebutuhan

Advertisement

Seringkali kita berbelanja sesuatu tapi sebenarnya itu tidak kita butuhkan. Alias foya-foya. Kamu disini harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuuhan. Kamu harus menahan untuk berbelanja sesuatu yang menurut kamu tidak dibutuhkan. Karena kalau kita cuma menuruti keinginan nggak akan ada habisnya.

3. Bawalah uang secukupnya

ngga perlu pamer

ngga perlu pamer via https://www.google.co.id

Disini anak kost biasanya bawa banyak uang pas mau belanja, mentang-mentang awal bulan ya. Perhitungkan uang yang akan kamu keluarkan untuk membeli sesuatu. Misalkan kamu mau ke supermarket cuma mau beli sabun, bawalah uang secukupnya misalnya bawa uang 20.000. Dengan begitu kamu tidak akan membeli barang lain yang tidak kamu butuhkan karena kamu bawa uang pas.

4. Batasi nongkrong bersama temanmu

nongrong gini juga ngga kalah asik

nongrong gini juga ngga kalah asik via https://www.google.co.id

Anak kost biasanya identik dengan anak muda bukan? Anak muda identik dengan nongkrong atau sekedar makan diluar. Ingat point pertama batasi pengeluaran per hari. Jadi kalau kamu hobi nongki-nongki mendingan hilangin dulu kebiasaan itu. Kamu batasi nongkrong sebulan sekali atau dua kali. Dengan begitu kamu bisa lebih hemat.

5. Cari tempat kos yang banyak fasilitas dan strategis

yang penting nyaman

yang penting nyaman via http://tutorialpedia.me

Advertisement

Cari tempat kost yang banyak fasilitas misalnya wifi, kipas angin, dan laundry. Dengan begitu kamu tidak terlalu pusing memikirkan pengeluaran. Bayangin jika kamu di kostmu tidak ada wifi terus kamu setiap ada tugas pergi ke tempat penyedia wifi berbayar. Pasti ada pengeluaran lagi. Bayangin juga kalau kamu mencuci sendiri pasti keluar uang untuk membeli detergent dan perlu tenaga juga. Cari juga tempat kost yang strategis yaitu misalnya deket dengan kuliah atau sekolahmu. Dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi.

6. Menabung

harus dibiasakan

harus dibiasakan via https://www.google.co.id

Menabunglah setiap hari walaupun cuma 500 rupiah. Yang penting kotak celengen terisi. Suatu saat kamu akan membutuhkan uang dan kamu punya tabungan jadi nggak perlu ngeluarin uang bulanan lagi.

7. Cari penghasilan tambahan

ayo hidup mandiri

ayo hidup mandiri via https://www.google.co.id

Ini buat kamu yang berjiwa pemberani. Kamu bisa menjalani sedikit usaha untuk menambah penghasilan. Misalkan kamu jualan pulsa atau jualan snack untuk dijual di sekitar kampus atau sekolah. Atau kamu juga bisa titipkan di warung-warung terdekat. Dengan begitu kamu punya uang tambahan untuk makan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya