Masa SMA atau yang biasa disebut masa putih abu-abu adalah masa yang sangat indah -katanya-. Selain penuh kisah romansa, ternyata masa SMA juga menyimpan kisah yang abu-abu alias kisah yang kelam. Iya dong, gimana nggak kelam coba? Tugas numpuk selama seminggu , ulangan harian selalu menunggu, ditambah lagi dengan pulang larut malam cuma gara-gara mengerjakan tugas yang hasilnya (mungkin) belum sesuai harapan. Tapi yang namanya juga pelajar, tugasnya mesti pelajar dong. Terus, kalau tugas selama seminggu numpuk dan minggu depan harus dikumpulkan,bagaimana cara menyelesaikannya?

1. Membuat To Do List atau Daftar Tugas yang harus dikerjakan

kalau to do listnya menarik ‘kan jadi semangat via http://idayusnilawati.blogspot.co.id

Membuat to do list ternyata dinilai efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas kita selama satu minggu. Sama halnya dengan membuat skala prioritas kebutuhan, membuat to do list harus diurutkan dari yang paling utama sampai yang paling akhir, tapi bukan berarti kita menyepelekan pelajaran yang masih lama waktunya ya,guys. Misalkan dalam satu hari ada tugas Biologi dan Matematika. Pilih antara kedua mata pelajaran itu yang harus didahulukan sesuai jadwal. Misalkan Biologi besok dan Matematika lusa, maka akan lebih baik jika kita mengerjakan Biologi terlebih dahulu.

2. Kalau Ada Waktu Kosong, Bolehlah Dimanfaatkan untuk Nyicil Tugasnya

belajar bareng via http://www.catatan.biz

Biasanya, guru mata pelajaran tertentu akan berhalangan hadir di hari itu dan menyebabkan jamkos alias jam kosong. Jangan sia-siakan waktu ini karena sebenarnya ini adalah salah satu waktu yang tepat untuk nyicil tugas kamu, meskipun hanya terselesaikan 10-30 persen saja,guys. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu kosong ini untuk bertanya kepada temanmu yang lebih mampu dalam bidang itu (asal jangan sampai menganggu temanmu ya).

Advertisement

Di samping itu, waktu pulang sekolah juga bisa dibilang strategis buat mengerjakan beberapa tugas bersama teman-temanmu. Misalnya sambil nongkrong di kantin atau kedai langganan (apalagi kalau tempatnya ada wifinya, 'kan lumayan).

Hal yang harus diperhatikan untuk ini : Jangan lupa dengan rumah kalian masing-masing XD

3. Sampai Rumah, Jangan Lupa Istiahat

tidur dulu guys via http://www.tampilcantik.com

Setelah berkecimpung di dunia sekolahan, saatnya kamu merileksasikan otak dengan istirahat sejenak. Hal ini dinilai penting supaya otak kita nggak terus terforsir, guys. Kan nggak baik juga kalau terus-terusan mengerjakan tugas tanpa memedulikan kesehatan kita. Atau kalau nggak tidur, bolehlah diselingi dengan hobi kita, seperti mendengarkan musik atau hal-hal yang kita sukai.

4. Waktu Weekend Adalah Waktu Yang Paling Strategis Untuk Mengerjakan Tugas Sambil Ditemani Keluarga Tercinta

asyik ditemenin via http://www.gudangkesehatan.com

Advertisement

Kalau di sekolah sudah menghabiskan banyak waktu dengan teman-teman, lain halnya ketika weekend. Weekend juga waktu paling strategis untuk mengerjakan tugas-tugas kita yang harus dikumpulkan minggu depan. Poin plus ketika mengerjakan tugas ketika weekend adalah kita bisa menuntaskan beberapa tugas sekaligus sambil nyicil buat belajar. Ibaratnya sambil menyelam minum air. Apalagi kalau pas malam minggu, nggak bakal khawatir kalau besok bakalan ngantuk di kelas karena ngebut mengerjakan tugas. Poin plus lainnya ialah kita nggak bakalan bored saat mengerjakan tugas karena bakal ditemani keluarga tercinta. Jadi di sela-sela mengerjakan tugas, bisa curcol dikitlah ke orang tua.

5. Tugas Terus,Kapan Refreshingnya?

Yuhuu!!! Pelesir via http://lifestyle.okezone.com

Kalau tugas terus,kapan bisa refreshing? Tenang guys, kan tiap semester kita dikasih jatah libur panjang. Sekolah mana yang tega tidak memberikan libur panjang kepada muridnya? Tugas sudah kelar, belajar buat satu semester juga sudah kelar. Nggak kerasa, ujian semester udah lewat juga. Eh… Ada bonusnya lagi… Sekolah mengumumkan libur panjang! It's the real free time guys. Saatnya menggunakan waktu liburanmu untuk benar-benar refreshing, tapi jangan lupa diisi dengan hal-hal yang positif juga ya. Tenang, waktu bakal berjalan cepat kok,guys. Karena bagi anak SMA, waktu akan terkikis dengan tugas dan ulangan harian XD.

Kalau kalian mikir masa SMA itu cuma sekedar untuk senang-senang, kalian salah besar guys. Justru waktu SMA itu adalah waktu untuk mencari kunci kesuksesan kita. Dimana kunci itu nanti akan kita gunakan untuk membuka gerbang masa depan kita lewat perguruan tinggi atau semacamnya. Ada kalanya masa SMA itu juga buat senang-senang, tapi jangan lupakan kewajiban kita sebagai seorang pelajar yang tugas utamanya itu belajar.

Kalian mikir ini berat? Coba lihat dan ingatlah orang tua kita. Bukankah orang tua kita juga bekerja lebih keras cuma buat ngebiayain sekolah kita? Kerja orang tua kita lebih berat dari pada tugas SMA kita, guys. Dan tugas SMA kita nggak ada bandingannya dengan kerja keras orang tua kita selama ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya