Apakah kamu pernah tahu lirik lagu yang mengatakan bahwa “dunia tak selebar daun kelor”? walaupun bentuknya sangat kecil, tapi daun ini mempunyai segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Masak sih? Kan itu cuma daun kecil. Oh, jangan menilai dari fisiknya, Guys! Daun kelor termasuk tanaman herbal dan juga obat keluarga ternyata memiliki beberapa senyawa yang dapat menjaga kesehatan tubuhmu. Salah satunya yaitu mengandung polyphenol. Kadarnya yang tinggi ini memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk proses detoksifikasi pada tubuh manusia. Selain itu, juga berfungsi untuk  memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan kulit.

 

Caranya yaitu bisa kamu konsumsi secara langsung dengan memasak atau dikeringkan menjadi bubuk dan digunakan sebagai teh. Pertama-tama kamu bisa memetik dan mengumpulkan daun kelor yang berwarna hijau. Kemudian lakukan pengeringan di udara, jangan di bawah sinar matahari langsung karena dapat mengurangi kekuatan nutrisi di dalamnya. Maksudnya pengeringan udara di sini yaitu dijemur dengan hanya terkena angin atau diangin-anginkan. Daun teh kelor yang kering kemudian ditumbuk dan dapat diseduh.

 

Lalu apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan? Berikut mari kita simak .

1. Suplemen Untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Tubuh Ideal via http://www.don1don.com

Bagi kamu yang ingin diet tapi tak menyiksa, kamu bisa menjadikan kelor untuk teh seduhan untuk dikonsumsi setiap hari. Teh ini dapat diserap oleh usus, sehingga berguna untuk membantu sistem pencernaan dan merangsang metabolisme tubuh dengan membakar kalori lebih cepat. Sehingga badan langsing bisa kamu dapatkan secara efektif.

2. Mencegah Arthritis dan Mengurangi Rasa Sakit

arthritis via https://sehatly.com

Daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit beberapa bentuk arthritis. Hal ini diperoleh dari sebuah studi yang muncul di edisi Februari 2011 dari “Journal of Chinese Integrative Medicine.” Dalam studi hewan laboratorium, ekstrak daun dan akan kelor mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada sendi rematik. Para peneliti juga mencatat bahwa kombinasi akar dan ekstrak daun memiliki “efek sinergis” untuk mengurangi rasa sakit.

3. Stimulan Penambah Energi

Semangat via https://sehatly.com

Advertisement

Bagi kamu yang memiliki aktivitas segudang, kamu bisa menyeduh teh kelor di pagi hari, rasa segarnya akan membuat badanmu lebih berenergi dan aktif sepanjang hari. Sehingga kamu tak mudah kelelahan. Rasa kenyang pun juga kamu dapatkan setelah meminum teh ini. Jadi, kamu tak perlu makan makanan yang berkarbohidrat berat. Jika kamu tak sempat sarapan, sempatkanlah untuk meminum teh ini ya, Guys!

4. Sumber Gizi Harian

sayur kelor via https://i.ytimg.com

Ternyata daun kelor ini memiliki kandungan nutrisi setara dengan makanan 4 sehat 5 sempurna, yang baik untuk kesehatan mata dan otak pada tubuh kamu. Daun kelor mempunyai 7 x vitamin C pada jeruk, 4 x calcium pada susu, 4 x vitamin A pada wortel, 2 x protein pada susu dan 3 x potasium pada pisang Kamu bisa mengkonsumi kelor dalam bentuk sayuran atau sebagai lalapan. Kamu tidak pernah mengira bahwa daun kelor itu nikmat sekali dijadikan sayur berning / sayur asam, apalagi ditambah tempe penyet sambal pedas. Buuuhhh surga dunia…!

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Pencernaan sehat via https://sehatly.com

Selain menyehatkan karena kaya nutrisi, ternyata daun kelor ini kaya akan serat yang baik untuk pencernaaan. Serat pada daun kelor berguna untuk melancarkan dan mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, dan perut kembung.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Advertisement

Kandungan antioksidan pada daun kelor dapat mencegah kerusakan jantung. Pengkonsumsian daun kelor 200 miligram dapat mengurangi berat badan per kilogram setiap hari selama 30 hari. Sehingga menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural. Selain itu, juga mencegah adanya obesitas dan diabetes yang bisa memicu penyakit jantung.

7. Anti Kanker

Gejala dan Cara Pencegahan Kanker Hati via https://sehatly.com

Kandungan yang bersifat antioksidan pada daun kelor berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga bisa mengatasi pemicu penyakit berbahaya seperti kanker. Selain itu, daun kelor juga untuk mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Caranya dengan mengkonsumsi daun ini secara teratur agar mendapatkan hasil yang optimal.

8. Anti Diabetes.

Menurut University of Wiconsin LaCrosse, sifat anti diabetes dari daun kelor berasal dari tingginya seng semacam mineral yang diperlukan untuk produksi insulin. Para peneliti menyimpulkan bahwa penyembuh menunjukkan kerja yang akurat tentang penyebab diabetes dan pendekatan dasar yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit. Dalam studi hewan laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari “Journal of Diabetes,” mengkonsumsi kelor 150 mg x tptal dari berat badan selama 21 hari dapat memberikan manfaat anti diabetes yang signifikan.

9. Meningkatkan Fungsi Ekskresi.

berkeringat via https://camargus.com

Seduhan teh daun kelor juga membantu fungsi ginjal dan hati. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat karena fungsi pembuangan limbah yang terdapat pada tubuh berjalan normal. Ketika tidak ada endapan racun dalam tubuh maka organ lain dapat bekerja lebih optimal.

10. Penyubur Rambut.

Masker rambut via http://www.cantinsehat.com

Nutrisi yang terkandung dalam teh ini bisa mempertebal volume rambut, menguatkan dan melembutkan rambut, serta membuat rambut hitam berkilau. Jadi kamu tak perlu bingung untuk memilih produk shampo. Hanya dengan rajin menyeduh teh kelor, kamu bisa dapatkan rambut indah dan sehat.

11. Menghilangkan Flek Hitam.

Untuk kamu yang mempunyai masalah kulit seperti flek hitam pada wajah, gunakan saja daun kelor untuk mengatasinya. Flek hitam biasanya disebabkan karena hormon, bekas jerawat, dan penggunaan alat kontrasepsi. Kamu bisa membuatnya sebagai masker, memasaknya, atau membuatnya sebagai teh.

12. Mencegah Jerawat.

Mengatasi Jerawat Batu Secara Cepat dan Alami via https://sehatly.com

Vitamin yang terkandung dalam daun kelor ini bersifat antioksidan yang bisa menghindarkan kamu dari timbulnya jerawat yang dapat merusak kencantikanmu. Selain itu, tanaman ini juga dapat mengontrol minyak berlebih yang ada pada wajah.

Daun kelor yang berguna untuk kesehatan yaitu terletak pada batang dan daunnya. Jangan mengkonsumsi akar daun kelor karena bisa mengandung zat berbahaya bagi tubuh dan bisa mengakibatkan keracunan. Maka dari itu, pintarlah dalam mengolah makanan karena apa yang masuk ke dalam tubuhmu bisa berpengaruh terhadap kesehatanmu. Rajinlah mengkonsumsi daun kelor agar terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Apalagi udara yang kita hirup di zaman ini sudah terkontaminasi dengan berbagai polusi. Kesehatan dimulai dari sendiri dan kamulah yang menentukan, Guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya