Awal tahun telah tiba. kebanyakan orang berpikir untuk menikmati momen pergantian tahun kemarin seperti apa, di mana, bersama siapa. Mungkin kamu juga seperti itu. Tak sedikit pula yang sudah merencanakan resolusi untuk tahun 2017 ini, termasuk kamu juga.

Selain nantinya kamu sudah harus bisa terbiasa menuliskan tanggal dengan 2017 sebagai tahunnya, kamu juga harus memiliki resolusi dan bisa mewujudkannya. Resolusi itu, meski terdengar cliché, tetap penting, lho. Apalagi kalau kita sudah punya tujuan dan impian yang jelas, karena resolusi tersebut bisa membantu kita mewujudkannya.

“The new year stands before us, like a chapter in a book, waiting to be written. We can help write that story by setting goals.”

― Melody Beattie

Mungkin berat badan turun 10kg dan punya pacar untuk yang jomblo juga masuk dalam daftar resolusimu. Terlepas dari apapun isi resolusimu untuk tahun depan yang panjang daftarnya itu, 10 hal ini harus ada di dalam resolusimu, ya!

1. Agar kamu bisa terus belajar, cobalah perbanyak membaca buku

Perbanyaklah membaca buku via https://koinworks.com

Kamu pasti sudah pernah mendengar kalimat bijak: “Buku adalah jendela dunia” paling tidak sekali seumur hidup. Dan membaca adalah kunci untuk membuka jendela tersebut.

Advertisement

Membaca tentu sangat bermanfaat untuk memperluas wawasan dan membentuk pola pikir yang positif. Membaca juga akan membuatmu semakin termotivasi dalam mewujudkan hal-hal yang positif pula.

"Whenever you read a good book, somewhere in the world a door opens to allow in more light."

– Vera Nazarian

Contoh nyatanya begini. Saat kamu bermimpi untuk menerbitkan novel karangan sendiri, membaca novel karya penulis lain tentu saja mampu memotivasimu untuk bisa menyelesaikan tulisanmu dan menghasilkan cerita yang lebih baik lagi. That’s just the way it is.

Advertisement

Selain itu, membaca juga membuat pengetahuanmu semakin luas. Tentu tergantung dengan topik buku yang kamu baca 😀

Caramu berkomunikasi juga akan jauh membaik karena kualitas tuturkatamu akan meningkat bila sering membaca buku. Memperbanyak membaca buku tentu harus masuk ke dalam resolusimu untuk tahun depan ya.

2. Demi mengasah skill-mu, cobalah pelajari hal-hal baru setiap harinya

Coba belajar melukis atau hal baru lainnya via https://www.seniberpikir.com

Keahlian di bidang apa yang ingin sekali kamu kuasai selama ini? Di dunia kerja nanti, menguasai satu skill saja terkadang tidak cukup untuk mengembangkan karir, atau tidak cukup untuk benar-benar menyelesaikan pekerjaan sesuai yang diharapkan.

Seorang programmer terkadang dituntut untuk mengerti desain. Seorang dokter dituntut untuk mengerti bagaimana menggunakan teknologi. Begitu pun di dunia bisnis.

“Live as if you were to die tomorrow. Learn as if you were to live forever.”

― Mahatma Gandhi

Skill yang beragam di berbagai bidang akan sangat dibutuhkan bila kita ingin sukses. Bila kamu ingin belajar web programming, cobalah belajar di CodeCademy.com. Atau kamu juga bisa mengunjungi Udemy.com, Coursera.org, KhanAcademy.org dan kanal-kanal edukasi di Youtube untuk mempelajari hal-hal baru yang menarik minatmu.

Kamu juga bisa melirik Duolingo.com untuk belajar bahasa asing, atau Instructables.com untuk hal-hal yang bersifat teknis.

Intinya, cobalah pelajari hal-hal baru setiap harinya ketika kamu memiliki waktu luang. Suatu saat nanti kamu pasti bangga dan bersyukur karena sudah mempelajari dan menguasai skill-skill tersebut.

3. Agar hari-harimu semakin menyenangkan, cobalah temukan hobi baru

Handcrafting juga bisa jadi hobi baru kamu lho via https://gen20.xyz

Hobi baru artinya kegiatan baru. Ketika kamu tertarik akan sesuatu yang kemudian menjadi hobimu, itu artinya hari-harimu akan jauh dari kata “membosankan”.

Setiap hobi mampu menarik perhatian dan konsentrasi kita untuk menjalaninya, dan tentu akan terasa menyenangkan.

“Find three hobbies you love: one to make you money, one to keep you in shape, and one to be creative.”

― Anonymous

Tetapi, cobalah cari hobi baru yang mampu menghasilkan uang untukmu seperti menulis hingga menerbitkan buku. Dan cobalah temukan hobi yang menjaga kebugaran tubuhmu, seperti bermain futsal, basket, dan olahraga lainnya.

Cari juga hobi yang mampu membuatmu jadi lebih kreatif, seperti melukis, handcrafting atau sekedar mengedit foto. Membuat meme yang bikin orang lain ngakak juga bisa jadi hobi yang kreatif, lho.

Menjalani hobi baru bisa membuatmu semakin kreatif, meningkatkan kemampuan otak, hingga menurunkan tingkat stres. Terutama bisa menghasilkan sumber pendapatan baru untukmu. Nggak percaya? Coba deh hitung; sudah berapa bisnis yang sukses berawal dari sekedar hobi? Banyak banget!

4. Agar uang masuk bisa seimbang dengan pengeluaran, carilah sumber pendapatan baru

Carilah sumber pendapatan baru via https://picjumbo.com

Dengan begitu, kamu yang selama ini sering ngeluh karena pengeluaran banyak banget, kamu bisa mendapatkan penghasilan baru untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang memang harus dipenuhi.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa menciptakan penghasilan baru dari hobi yang selama ini kamu jalani. Apalagi, karena itu adalah hobi, kamu pasti menikmati setiap prosesnya dan senang menjalaninya, juga akan semakin termotivasi dalam menyukseskannya.

“We need money for daily living and upkeep. But money isn’t everything.”

― Lailah Gifty Akita

Kamu bisa mencari beragam pekerjaan sampingan seperti graphic designer, terjemah, penulisan artikel, pembuatan website, dan masih banyak lagi.

Berbagai proyek sampingan bisa kamu dapatkan di Fiverr.com, Upwork.com, hingga Freelance.com.

Atau kamu yang doyan nulis, cobalah buat blog baru dan kembangkan blog tersebut dengan tulisan-tulisan terbaik kamu. Untuk jangka panjang kamu bisa meraup pendapatan lewat iklan yang terpasang di blog kamu.

Tapi ingat, jangan terlalu terpaku dalam mencari uang sehingga kamu harus mengorbankan hal-hal penting lain, ya.

5. Hemat, hemat, hemat

Banyak uang bukan berarti harus boros ya via https://www.dequixote.com

Karena seberapapun besarnya pendapatanmu, bila kamu tidak berhemat, uang yang kamu miliki akan selalu terasa kurang banyak.

Cobalah catat setiap pengeluaran dan kategorikan mana keperluan yang rutin dan mana yang hanya sesekali, mana yang prioritas dan mana yang tidak.

Dengan begitu kamu bisa membedakan atau mengalokasikan dana khusus untuk kebutuhan rutin/yang harus dipenuhi dan hal-hal yang hanya sesekali perlu untuk dipenuhi.

"Many people take no care of their money till they come nearly to the end of it."

— Johann Wolfgang von Goethe

Setiap bulan, misalnya, cobalah alokasikan sejumlah dana khusus untuk kebutuhan rutin seperti biaya sewa apartemen, transportasi sehari-hari, makan, dan sebagainya. Di sisi lain, kamu juga bisa mengalokasikan sisanya untuk berbagai keperluan lain, seperti nongkrong dan sebagainya.

Kamu bisa mengetahui rincian biaya untuk masing-masing pengeluaran bila kamu mencatat setiap alur pengeluaran kamu. Dengan begitu kamu pasti tahu mana yang harus dipenuhi dan mana yang bisa ditunda karena tidak mendesak.

Setelahnya kamu akan tahu untuk keperluan apa kamu sebaiknya mengalokasikan uangmu, jadi kamu bisa menghemat uangmu dari hal-hal lain yang sebenarnya tidak terlalu penting.

6. Agar uangmu tidak diam saja di tabungan, cobalah berinvestasi

Mulailah berinvestasi untuk jangka panjang via http://www.yourmoney.com

Bukan berarti kamu sebaiknya tidak usah menabung, ya. Menabung itu sangat penting karena sewaktu-waktu jika memang dibutuhkan, tabunganmu bisa dijadikan sebagai dana segar dan bisa digunakan kapan saja.

Tetapi bila uangmu dibiarkan diam saja di dalam tabungan, ia tidak akan memberikan nilai yang lebih tinggi daripada nilainya saat ini. Belum lagi bila terjadi inflasi seturut waktu. Daripada uangmu hanya diam tidak menghasilkan, cobalah berinvestasi. Dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan bunga sebagai keuntunganmu.

“Saving is a great habit but without investing and tracking, it just sleeps”

― Manoj Arora

Keuntungan tersebut bisa kamu tarik kapan saja, atau diinvestasikan kembali untuk semakin meningkatkan bunga keuntungan.

Tapi ingat, jangan pernah gunakan seluruh tabunganmu untuk diinvestasikan, ya, karena kamu tetap akan membutuhkan dana kas untuk berbagai kebutuhan, misalnya sebagai dana darurat. Apalagi, berinvestasi itu ada resikonya tersendiri. Setiap jenis investasi itu memiliki resiko masing-masing. Sekecil apapun resikonya, resiko tetaplah resiko, ‘kan?

Bijaklah dalam memilih jenis investasi yang tepat untukmu. Kalau kamu masih baru dalam berinvestasi, carilah jenis investasi yang hanya membutuhkan nominal kecil untuk memulai, seperti Reksadana atau investasi peer to peer lending seperti KoinWorks.com.

Jadikanlah investasi menjadi bagian dari resolusimu untuk tahun 2017. Dalam jangka panjang, investasimu akan memberikan pengaruh yang besar atas keuanganmu kelak.

7. Nikmati waktu luangmu untuk traveling

Jangan lupa traveling biar stres-nya hilang 😉 via https://walterpinem.me

Traveling itu banyak sekali manfaatnya dan kamu juga tahu itu. Selain untuk bersenang-senang, dengan traveling kamu berkesempatan untuk menikmati langsung suasana dan keindahan di tempat-tempat yang selama ini hanya bisa kamu lihat lewat foto.

Dengan traveling kamu berkesempatan untuk mengenal daerah dan orang-orang baru, bagaimana kebudayaan dan karakter mereka, hingga mencoba kegiatan-kegiatan baru.

Traveling juga memberimu kesempatan untuk membuka pikiran.

"To travel is to live."

Hans Christian Anderson

Selain itu, traveling juga bisa menambah foto-foto di Instagram-mu. Bisa semakin eksis dong di media sosial. 😀 Tapi jangan jadikan itu motivasi utamamu untuk traveling ya. Jadikan pengalaman baru yang mendorongmu saat memutuskan untuk jalan-jalan.

8. Iringi resolusimu dengan menjaga kesehatan sebaik-baiknya

Tetap jaga kesehatan kamu ya via http://pexels.com

Kalaupun semua resolusimu terwujud, bila kamu lebih sering sakit, semuanya bakal terasa kurang, mengganjal dan tidak memuaskan.

Buat apa punya banyak uang kalau kamu tidak boleh makan ini-itu, terutama makanan kesukaanmu? Buat apa punya banyak uang kalau habisnya cuma untuk biaya berobat? Dan biaya berobat itu tidak murah, lho.

"My New Year's resolution is to stick to a good workout plan that will keep me healthy and happy."

James Lafferty

Mendingan gunakan uangmu untuk menjaga kesehatan, menyukupkan asupan gizi, dan menikmati kesenangan-kesenangan bermanfaat lain yang selama ini kamu idam-idamkan.

Mendingan menggelontorkan sejumlah uangmu untuk gym membership, misalnya, biar tidak murah asalkan tubuh tetap bugar atau kamu juga bisa berolahraga ringan seperti jogging atau yoga.

Bila tubuh tetap sehat, kamu juga bisa fokus dalam mewujudkan resolusimu yang lain. Juga, kamu bisa menjalani kegiatan-kegiatan yang selama ini kamu senangi. Bener, kan?

9. Agar semuanya bisa diwujudkan, hentikan kebiasaan dalam menunda-nunda pekerjaan

Jangan santai dulu sebelum semua kerjaan selesai via https://www.seniberpikir.com

“Nak, mandi dulu sana, udah sore!”

“Entar aja, Mak!”

Kalau kamu belum berhasil mewujudkan seluruh resolusimu di tahun 2016 kemarin, bisa jadi penyebab utamanya adalah kebiasaanmu dalam menunda-nunda pekerjaan alias procrastination.

Kalau kamu mau seluruh resolusimu di tahun 2017 ini bisa diwujudkan, maka mulai sekarang hentikanlah kebiasaanmu dalam menunda-nunda pekerjaan. Dengan begitu pekerjaan kamu tidak akan menumpuk dan kamu bisa lebih santai dan fokus dalam mengerjakan tugas-tugas baru, sehingga tidak harus kejar-kejaran dengan deadline.

“My advice is, never do to-morrow what you can do today. Procrastination is the thief of time. Collar him!”

― Charles Dickens

Jadi, mulailah biasakan untuk mengerjakan segala sesuatu sesuai waktunya biar pekerjaanmu lebih terarah dan hasil yang kamu targetkan bisa lebih mudah tercapai.

10. Sempurnakan resolusimu dengan berbuat kebaikan bagi dirimu dan sekitarmu

Bantu mereka yang membutuhkan uluran tanganmu via http://charlessledge.com

Rasanya kurang bila segala sesuatu yang kita lakukan hanya bermanfaat bagi diri kita sendiri. Menurutmu kenapa banyak band yang mau tetap tampil di atas panggung meski bayarannya kecil, bahkan tidak dibayar sekalipun?

Karena itulah kepuasan mereka; melakukan apa yang mereka senangi sembari menghibur yang lain.

Kamu memang bukan musisi, dan kamu tidak perlu menjadi musisi untuk merasakan hal yang sama. Cobalah berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarmu. Selain kamu juga akan puas dan senang dengan apa yang kamu lakukan, orang-orang di sekitarmu juga akan merasakan manfaatnya.

"Let our New Year's resolution be this: we will be there for one another as fellow members of humanity, in the finest sense of the word."

Goran Persson

Kalau pun kamu tidak bisa melakukan hal-hal yang besar, cukup hargai semua orang tanpa memandang siapa dia dan apa yang dilakukannya kepadamu.

Ketika seseorang melakukan sesuatu untukmu entah itu pelayan yang mengantarkan makanan ke mejamu, ucapkan terima kasih padanya. Bantu yang membutuhkan bantuan dan perbuat kebaikan bila kamu ingin orang lain juga melakukan hal yang sama kepadamu.

Sederhana. Tapi, hal ini harus diakui memang mudah diucapkan namun sangat sulit diterapkan. Hampir di semua tempat kita akan mendengar nasihat di atas, dan kita sudah tahu itu, tetapi belum benar-benar mempraktikkannya.

Karena ini adalah bagian dari resolusimu, cobalah untuk menerapkannya secara perlahan dan lama kelamaan kamu pasti terbiasa melakukannya.

Apa resolusimu? Siapkah kamu mewujudkan resolusimu untuk tahun 2017?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya