Buat Si Super Sibuk, 6 Tips Mengatur Waktu untuk Mengerjakan Tugas yang Menumpuk!

Nikmati waktu, tapi jangan lupa selesaikan tugasmu!

Orang yang sukses dalam hidup ialah mereka yang sukses dalam memanajemen waktu.

Tugas yang menumpuk terkadang membuat kepala pening lebih awal. Belum dikerjakan sudah malas duluan. Apalagi kalau dikerjakan di masa-masa deadline, bisa nggak maksimal hasilnya. Untuk itulah, sangat penting belajar mengatur waktu harian kita. Jika kamu bisa mengatur waktu dengan baik, mengerjakan tugas nggak akan terasa lebih berat. Bahkan tumpukan tugas bisa terasa lebih ringan. Buat si super sibuk, yuk simak enam tips mengatur waktu untuk mengerjakan tugas yang menumpuk betikut ini.

Advertisement

1. Buat daftar tugas

Photo by Thought Catalog from Unsplah

Photo by Thought Catalog from Unsplah via https://unsplash.com

Pertama, untuk mengatur waktu dengan baik, kamu harus merinci daftar tugasmu terlebih dahulu. Catat semua tugas yang hendak dikerjakan, misalnya tugas sekolah atau tugas kuliah, tugas pekerjaan, bahkan tugas rumah seperti membereskan baju juga bisa kamu tulis. Jangan sampai ada yang tertinggal, ya! 

Biar lebih mudah, kamu harus mengikutsertakan semua tugas yang berat maupun ringan. Kamu bisa membuat daftarnya di buku atau di dalam notes ponsel, tergantung kenyamanan masing-masing saja. Gunanya mencatat ialah agar kamu tidak lupa dan bisa lebih teratur. 

Advertisement

2. Prioritaskan tugas yang lebih penting

Photo by JESHOOTS.COM from Unsplah

Photo by JESHOOTS.COM from Unsplah via https://unsplash.com

Kalau daftar tugas telah selesai dibuat, coba kamu pilih mana yang jauh lebih penting. Sebaiknya prioritaskan tugas yang memiliki deadline singkat atau dari yang paling ringan juga boleh. Urutkan daftar prioritas tugasmu menggunakan angka agar lebih mudah ketika diperiksa.

Intinya, pilih tugas yang paling harus disegerakan supaya nggak terlihat menumpuk. Kalau perlu buat waktu tertentu. Misalnya, ada lomba yang ingin kamu ikuti dan deadline-nya hanya tiga hari lagi. Maka prioritaskan tugas tersebut agar kamu bisa lebih maksimal dalam mengerjakannya.

3. Selesaikan tugas satu per satu, jangan sekaligus!

Advertisement
Photo by J. Kelly Brito from Unsplash

Photo by J. Kelly Brito from Unsplash via https://unsplash.com

Inilah alasan kenapa kamu harus memilih prioritas tugasmu. Sebab, mengerjakan tugas yang menumpuk nggak boleh sekaligus. Belum selesai yang satu, malah beralih ke tugas yang lain, ujung-ujungnya semua tugas akan mangkrak di tengah jalan.

Semua sudah tercantum di daftar tugas, jadi kerjakan satu per satu sesuai urutan angka. Selesaikan tugas paling atas, setelah dirasa benar-benar rampung, kerjakan urutan berikutnya. Jangan dikerjakan sekaligus, ya! Nanti yang ada tugasmu malah berantakan semua.

4. Belajar disiplin, jangan menunda-nunda waktu

Photo by NeONBRAND from Unsplash

Photo by NeONBRAND from Unsplash via https://unsplash.com

Tugas yang tak kunjung selesai kerap kali terjadi akibat proses pengerjaan yang lambat. Biasanya disebabkan karena adanya penundaan, yang awalnya sekali ditunda, jadi dua kali, tiga kali, dan seterusnya. Daftar dalam catatan akan menuntunmu lebih teratur, kapan waktu sibuk dan kapan waktu luang. Menentukan waktu yang spesifik bisa menghindarkanmu dari masalah penundaan.

Jika jam 12 siang kamu harus mengerjakan tugas menulis, maka kalau sudah waktunya langsung kerjakan. Jangan ditunda demi urusan yang tak penting, ujung-ujungnya kamu akan malas. Cobalah untuk mengerjakan tugas saat itu juga saat waktunya sudah tepat. Ayo belajar disiplin!

5. Membuat deadline palsu

Photo by Alexandr Podvalny from Unsplash

Photo by Alexandr Podvalny from Unsplash via https://unsplash.com

Untuk menghindari tugas yang tertunda karena masalah malas, mood, atau karena terlalu santai, kamu bisa membuat deadline palsu. Cantumkan deadline palsu di daftar tugasmu, lalu kerjakan perlahan sesauai deadline yang telah ditentukan. Hal ini bisa jadi pendorong agar kamu tidak berleha-leha dalam mengerjakan tugas.

6. Hindari semua hal yang dapat mengganggu fokusmu

Photo by Steven Houston from Unsplash

Photo by Steven Houston from Unsplash via https://unsplash.com

Salah satu cara agar tugas cepat selesai adalah dengan fokus. Supaya bisa fokus, kamu perlu menghindari hal-hal yang sekiranya dapat mengganggumu. Matikan televisi, senyapkan notifikasi ponsel, cari tempat sepi, lalu mulailah kerjaan tugasmu.

Dalam hal ini, setiap orang memiliki cara fokusnya masing-masing. Kalau kamu nggak suka kesunyian, bisa sambil mendengarkan musik atau ajak partner yang dapat membantumu menyelesaikan tugasmu. Yang penting ingat-ingat dahulu, biasanya apa yang sering mengganggu fokusmu, maka hindari itu. 

Belajar manajemen waktu memang nggak mudah. Ada saja hal-hal yang sering terjadi di luar rencana. Akan tetapi, kamu bisa mulai mempraktikkannya dari sekarang. Mulai pelan-pelan dan jadikan kebiasaan. Siap mencoba, SoHip? 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind (Tyler Joseph)

CLOSE