Bulan Ramdan pasti terasa lebih sulit untuk kamu yang sedang merantau. Terutama kamu yang berasal dari Jogja, pasti rasanya pengen banget sahur di angkringan sama teman-teman atau sahur ditemani ibu dan bapak. Buat kamu yang masih berjibaku di Jakarta dan lagi sibuk-sibuknya mempersiapkan ini itu sebelum cuti atau libur kuliah jangan bersedih hati.

Di ibukota yang katanya lebih kejam dari ibu tiri ini, masih ada secuil Jogja yang bisa kamu rasakan. Lumayan lah bisa mengobati kerinduamu pada kampung halaman sebelum akhirnya bisa mudik pas Lebaran nanti.

Qraved sudah dengan khusus meramu tempat makan yang bisa membasuh rindumu akan Jogja. Biar lebih afdol ajak teman-temanmu yang senasib sepenagunggan untuk buka puasa dengan 5 makanan berikut ini.

1. Gudeg legit plus arehnya yang gurih ditambah pedasnya sambal krecek. Kamu langsung akan berteriak “Pengen pulang cepet-cepet!”

Gudeg legit + krecek pedas :3 via https://www.facebook.com

Makanan khas Jogja yang satu ini emang seperti hantu karena selalu dirindukan kehadirannya. Apalagi kamu yang dari kecil tinggal di Jogja, pasti kangen banget sama gudeg yang rasanya medok. Di Jakarta kamu bisa menemukan gudeg yang rasanya mirip sama kayak di Jogja. Salah satunya di Gudeg Pak Atmo yang ada di Gandaria, jangan salah nih Pak Atmo dulu adalah koki Isatana Mangkunegara pada tahun 1972. Kamu masih meragukan rasanya?

2. Ketika kangen berat sama masakan ibu di rumah. Cobalah untuk mencari brongkos yang rasanya menenangkan

Brongkos daging yang selalu bikin kangen via http://kabarkuliner.com

Pasti brongkos ini sering banget dibuat sama ibu kamu dan jadi salah satu makanan comfort food-mu. Di Jakarta emang susah-susah gampang cari brongkos daging yang rasanya selalu bikin kangen rumah ini. Tapi kamu bisa mendapatkannya di Masakan Rumah Bu Endang yang ada di Fatmawati. Sesuai sama namanya kamu bisa mendapatkan menu rumahan ala Jawa seperti rawon dan lainnya.

3. Kopi joss atau teh jahe yang diminum malam-malam sambal ngobrol ngalor ngidul sama teman-teman pasti sudah terbayang di otakmu

Advertisement

Kopi joss, teh jahe, sate telor puyuh… via http://bisnisukm.com

Sabar ya 3 minggu lagi kamu bisa deh ngobrol sama teman-teman lamamu ketika pulang ke Jogja. Angkringan favoritmu juga pasti sudah setia menunggu kedatanganmu kali ini. Tapi kalau kamu kebetulan nggak bisa pulang mudik tahun ini, kamu tetap bisa mencicipi angkringan dengan segala tusukan dan minumannya. Walaupun jauh Angkringan Mas Paijo yang ada di Kelapa Gading ini suasanya mirip sama di Jogja.

4. Bau mie godog yang harum dengan rasa gurih ditambah sama penjualnya yang ramah dan baik hati pasti bikin kamu bahagia

Mie godog yang medog sama cawe rawit yum! via http://qraved.com

Mie godog medhok dengan topping suwiran ayamnya yang melimpah pasti kamu kangenin banget. Setiap hari kamu bisa makan makanan yang satu ini ketika pulang ke Jogja. Makanan yang biasanya ada di malam hari ini memang punya unsur kangen yang berlebihan. Kalau udah nggak kuat lagi menahan kangenmu akan mie godog, langsung meluncur ke Warung Mbah Surip. Tempat makan yang sederhana ini masih menggunakan anglo pas masak mie-nya jadi rasanya otentik.

5. Setiap makan oseng-oseng mercon kamu seperti ikut uji nyali, rasa pedasnya yang menggairahkan ini bikin mulut nggak berenti ngunyah

Pedas tapi enak mampus! via http://youthyakarta.com

Inget jaman pertama kali oseng-oseng mercon ini tenar? Semua warung pasti menyajikan menu yang satu ini. Rasa pedasnya emang bikin hati berdenyut dan keringatan abis sih, kadang berakhiran sakit perut. Tapi makanan ini emang selalu bikin kangen, nah buat kamu yang malas masak oseng-oseng mercon sendiri cobain deh di Soto Kudus Dodo.