Darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang kini lumrah terjadi di masayarakat. Umumnya penyakit ini hanya dapat di alami oleh orang yang sudah berusia, namun kini anak muda juga dapat mengalaminya. Karena banyak faktor yang dapat mempengaruhinya seperti gaya hidup yang tidak sehat.

Hipertensi ini bukanlah penyakit biasa yang harus di sepelakan, karena akibatnya dapat fatal sehingga tak heran jika penyakit ini juga disebut-sebut sebagai penyakit “silent killer” atau pembunuh diam-diam.

Jika anda mengalami kondisi darah tinggi, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan selain mengkonsumsi obat – obatan untuk membatu penyembuhan. Melainkan pola hidup yang harus berubah ke yang lebih sehat. Seperti contohnya dalam hal makanan, anda harus mengurangi makanan yang mengandung tinggi garam, makanan junk food atau fast food, makanan kaleng, makanan manis dan soft drink. Karena makanan tersebut mampu meningkatkan seseorang terkena tekanan darah tinggi sehingga harus di kurangi porsinya dari biasanya.

Lalu makanan apa yang harus di konsumsi? Makanan yang baik untuk penderita hipertensi yaitu ikan, susu skim rendah lemak, yougurt, sayur dan buah. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat, mudah dan menyenangkan yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan penurun darah tinggi.

Ingin tahu apa saja? Yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Kiwi

Siapa sih yang nggak tahu dengan buah hijau ini, di mana memiliki kulit yang berbulu halus serta rasa yang manis dan enak. Selain dapat di konsumsi dan dijadikan olahan makanan lainnya, ternyata buah kiwi ini memiliki khasiat buat kesehatan salah satunya untuk menurunkan tekanan darah tingi.

Advertisement

Hal itu di karenakan di dalamnya mengandung kalium 9%, magnesium 7% dan kalsium 2% di mana ketiga kandungan mineral tersebut memang di sinyalir mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Jadi jangan bosen ya, untuk mengkonsumsi buah kiwi ini, terlebih apabila kamu memiliki tensi darah yang tinggi.

2. Blueberry

Blueberry memiliki kandungan senyaw seperti flavonid. Di mana menurut salah satu penelitian mengungkapkan bahwa kandungan flavonoid mampu mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Advertisement

Dengan begitu mengkonsumsi 100 gram buah blueberry setiap harinya, mampu membantu anda mengurangi resiko darah tinggi. Buah berry lainnya seperti strawberry dan acaiberry juga sama memiliki khasiat seperti blueberry.

3. Apel

Buah apel memiliki kandungan yang kaya akan kalium serta rendah sodium. Sehingga sangat cocok di konsumsi oleh penderita hipertensi. Karena kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga kadar tekanan darah dalam tubuh.

Untuk mendapatkan khasiat dari buah apel ini, anda cukup mengkonsumsi buah apel langsung, dibuat jus atau salad tanpa harus membuang kulitnya. Mengapa begitu ?

Karena ternyata di dalam kulit apel terdapat senyawa flavonoid yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, konsumsi langsung dengan kulitnya ya !

4. Pisang

Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang yakni (12%) mampu membantu tubuh untuk menyeimbangkan kandungan garam di dalam sel tubuh. Sehingga dengan semakin banyaknya kandungan kalium yang diterima oleh tubuh, maka dapat mencegah, mengontrol hingga menurunkan tekanan darah tinggi anda.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium anda, maka konsumsilah minimal 1 buah pisang setiap harinya. Terlebih untuk anda yang punya hipertensi!!

5. Alpukat

Hasil riset yang di publikasikan di Journal of the American Heart Association bahwa konsumsi 1 buah alpukat bisa menurunkan tekanan darah hingga 13,5 mm/Hg. Dengan syarat, harus dilakukan secara rutin dan menerapkan pola diet sehat seperti DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

6. Jambu Biji

Buah jambu ini ternyata dapat menjadi salah satu buah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal itu karena di dalam buah jambu ni terdapat kandungan potasium dan serat yang sangat banyak.

Di mana kedua kandungan tersebut baik untuk melancarkan perncernaa dan menurunkan tekanan darah tinggi. Maka darai itu, mulai sekarang jangan enggan untuk mengkonsumsi buah jambi ini ya.

Itulah cara menurunkan tekana darah tingi dengan mudah dan menyenangkan yang dapat anda lakukan di rumah, tanpa takut harus mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Dan agar pengobatan dapat maksimal lakukan juga olahraga dengan rutin, minimal 30 menit sehari. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat, khususnya bagi anda yang sedang mengalami hipertensi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya