Salah satu hal yang harus kamu ingat saat mood kamu sedang jelek adalah bahwa; kamu bisa merubah mood itu.

Kamu pasti sudah sering dengar bahwa tersenyum bahkan saat kamu sedang super bete, bisa menghilangkan pikiran-pikiran negatif dan menggantikannya dengan hal-hal positif. Dan percaya atau tidak, biasanya berhasil.

Tapi kalau ternyata gagal, cobalah lima hal berikut dan kamu bisa menghalau si bad mood jauh-jauh.

1. Acupressure

ringankan stress via http://herbalshop.com

Tahukah kamu, ada banyak titik di tubuh kita yang akan merespon tekanan secara berbeda? Inilah yang disebut titik acupressure dan dengan menekan titik-titik ini secara benar kamu bisa mengurangi stress, ketegangan, rasa sedih, dan bahkan rasa marah. Titik yang paling mudah adalah diantara ibu jari dan telunjuk di bagian telapak tangan. Pijatan di bagian ini bisa mengurangi stress.

2. Makan (makanan sehat!)

pisang untuk moodbooster via http://pexels.com

Advertisement

Untuk beberapa orang, rasa lapar bisa memicu kejengkelan dan emosi. Sebaliknya, mood jelek juga bisa membuat beberapa orang jadi makan lebih banyak. Tapi jangan sembarang makan. Cobalah konsumsi makanan yang rendah gula dan kalori tapi tinggi kadar magnesiumnya. Pisang terbukti bisa membantu mengurangi stress, begitu juga segelas susu almond.

3. Aromaterapi

lilin wangi yang menenangkan via http://pixabay.com

Berdasarkan penelitian, aroma semacam jeruk dan lavender bisa mengurangi tingkat ketegangan sekaligus memperbaiki mood.
Sebuah percobaan dilakukan di klinik dokter gigi. Aroma jeruk dan lavender diletakkan di ruang tunggu, dan hasilnya para pasien yang sedang mengantri jadi lebih tenang dan tidak tegang saat masuk ke ruang periksa.
Aromaterapi ini terbukti lebih efektif untuk meningkatkan good mood dibanding mendengarkan musik.

Tentu tiap orang punya aroma kesukaan masing-masing yang bisa membantu membuat perasaan jadi lebih enak, seperti vanilla atau aroma laut.

4. Pergi jalan-jalan

pergi ke hutan, jangan ke pasar via http://unsplash.com

Advertisement

Usahakan untuk tidak pergi ke tempat yang ramai orang, tapi lebih dekat ke alam. Sekarang sudah banyak tempat semacam ini, seperti misalnya hutan pinus di Dago Pakar. Menghirup udara segar dan melihat pepohonan atau bunga punya efek yang sama dengan obat anti depresi dan tentunya jauh lebih sehat.

5. Minum kopi

kopi untuk terapi via http://kaboompics.com

Poin ini mungkin tidak berlaku untuk mereka yang tidak suka kopi. Tapi, tahukah kamu, kadar kafein dalam kopi bisa jadi moodbooster karena mampu meningkatkan fungsi serotonin dan dopamine.
Dopamine adalah syaraf yang berhubungan dengan perasaan dalam otak. Ia bertanggung jawab menciptakan motivasi, kebahagiaan, dan cinta. Sementara serotonin adalah syaraf yang mengatur , antara lain; mood dan daya ingat.

Tidak sulit kan untuk menghilangkan bete dan mood jelek? Yuk, kita coba untuk tidak cemberut lama-lama, dan lakukan tips diatas untuk hidup yang lebih positif. Kamu punya moodbooster sendiri yang terbukti ampuh? Share di comment, ya.

Semoga bermanfaat 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya