#HipweeDaebak-5 Film Hong Sang Soo yang Harus Ditonton

Berikut adalah 5 film karya Hong Sang So yang harus kalian tonton

Hong Sang Soo merupakan salah satu sutradara kenamaan di Korea Selatan. Ia telah menghasilkan banyak film, yang memperoleh banyak penghargaan di berbagai festival film. Film-film karya Hong Sang Soo memiliki karakter tersendiri. Tema yang diangkat seringkali berhubungan dengan kesepian, perselingkungan, depresi dan kawan-kawan. Filmnya seringkali berlatar di restoran, kafe, dan pantai. Adapun elemen-elemen yang tidak pernah luput dari film Hong Sang Soo, seperti rokok dan alkohol. Walakin terkesan itu-itu saja, karya-karyanya tetap menarik untuk ditonton, karena mengandung banyak misteri.

Perlu diketahui, film-film karya Hong Sang Soo tidak menawarkan pesan-pesan moral seperti kebanyakan film, namun lebih menekankan murni ke jalan ceritanya. Jalan ceritanya yang tidak biasa membuat penonton dibuat penasaran akan akhir ceritanya. Bahkan penonton dibuat penasaran hingga menit-menit akhir. Berikut adalah 5 film karya Hong Sang So yang harus kalian tonton:

1. On The Beach at Night Alone

On The Beach at Night Alone

On The Beach at Night Alone via https://www.hancinema.net

On The Beach at Night Alone, mengisahkan tentang seorang aktris yang meratapi kisah cintanya dengan orang yang sudah menikah. Saking galaunya, ia memutuskan untuk berlibur sejenak ke luar negeri. Sekembalinya dari luar negeri, ia bertemu dengan teman-temannya, berbincang-bingcang dan minum bersama.

Film ini mengajak penonton untuk menyaksikan berbagai emosi yang dirasakan oleh tokoh utama mengenai hubungan cintanya yang terlarang, yaitu berhubungan cinta dengan orang yang sudah menikah. Bukan sebagai pembenaran, melainkan untuk menunjukkan dari sisi yang berbeda.  

2. Nobody’s Daughter Haewon

Nobody’s Daughter Haewon

Nobody’s Daughter Haewon via https://www.hancinema.net

Hae Won ditinggal ibunya pergi ke Canada untuk selamanya. Ia merasa depresi, sehingga ia memutuskan untuk bertemu dengan dosennya, Sung Joon, yang sudah lama tidak ia temui. Mereka melakukan hubungan rahasia, antara mahasiswa dan dosen.

Noboy’s Daughter Haewon menunjukkan gejolak emosi yang dilalui oleh dua pemeran utama, yang melakukan hubungan cinta rahasia. Kisah cintanya semakin pelik, apalagi dosennya sudah menikah dan memiliki anak. Akankah cinta mereka berdua berlangsung lama?

3. The Day After

The Day After

The Day After via https://www.hancinema.net

Bong Wan, seorang pria paruh baya yang menjalankan bisnis penerbitan buku. Ia mengalami depresi setelah putus dengan pacarnya, Chang Sook, yang tidak lain adalah mantan pegawainya juga. Kemudian, muncul sosok A Reum sebagai pegawai baru, yang terjebak dengan kisah cinta terlarang bosnya. Ia dituduh oleh istri Bong Wan sebagai pelakor, ketika istrinya mengunjungi kantor suaminya.

Siapakah nantinya yang akan dipilih oleh Bong Wan? Istri beserta keluarganya atau A Reum? Atau bahkan Chang Sook yang nantinya kembali?

4. Oki’s Movie

Oki's Movie

Oki’s Movie via https://www.hancinema.net

Oki’s Movie berpusat pada Oki, seorang mahasiswa jurusan film yang tengah mengerjakan projek filmnya. Ia berusaha menceritakan kisah cintanya dengan dua orang berbeda melalui filmya. Kisah cinta antara Oki-Profesor dan Oki-temannya disajikan dengan apik, melalui alur maju-mundur.

5. Grass

Berlatar di kafe, beberapa pengunjung datang silih berganti. Mereka berinteraksi satu sama lain. Seorang wanita, yang juga sebagai penulis mengamati interaksi mereka. Interaksi mereka menjadi inspirasi tersendiri bagi wanita tersebut. Grass, menyajikan berbagai cerita beserta konfliknya melalui dialog berbagai pengunjung, yang banyak diilhami oleh kebanyakan orang.

Seperti yang telah kusebutkan di awal, bahwa film-film karya Hong Sang Soo tidak menawarkan pesan moral seperti kebanyakan film. Tapi, bukan berarti benar-benar tidak ada pesan moralnya. Film-film karya Hong Sang Soo cenderung membuat penontonnya merefleksikan kisah tokoh yang diceritakan terhadap kehidupan masing-masing, hingga penonton sadar bahwa inilah yang ingin disampaikan Hong Sang Soo.

Tentu saja pesan yang amat sarat makna tersebut berbeda antara satu penonton dengan penonton yang lain, tergantung sudut pandang masing-masing.  

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini