Tanaman ini mungkin kurang populer di Indonesia, karena sekilas tanaman ini hanya  mirip tumbuhan liar. Tanaman dengan nama latin Ziziphus Mauritiana ini juga kerap disebut pohon widara. Pohon kecil ini biasanya bengkok dengan tinggi mencapai 15 m dan panjang gemang batang hingga 40 cm. Cabang dari tanaman ini menyebar dan rantingnya tumbuh simpang siur. Helai daunnya berbentuk bundar telur lonjong 2-9 cm.

Buah bidara kultivar dapat dijadikan manisan, makanan dan minuman segar. Sedangkan daunnya dapat dijadikan sebagai sayuran, pakan ternak, kecantikan hingga kesehatan. Nah, salah satu manfaat daun bidara adalah untuk kesehatan kulit. Berikut, beberapa diantara manfaatnya untuk kulit :

1. Membersihkan dan Melembabkan Kulit

Kulit Bersih

Kulit Bersih via http://www.google.com

Senyawa yang terkandung pada daun bidara bersifat anti-septik, sehingga dapat membersihkan kulit dari kotoran yang sulit hilang. Manfaat daun bidara dapat digunakan sebagai pembersih kulit tubuh secara maksimal, membasmi jamur serta bakteri yang ada di dalam tubuh dan akan membuat kulit terasa lebih lembut.

Advertisement

Anda bisa menggunakan dengan cara sebagai air rebusan atau air untuk mencuci kulit tubuh.

2. Meremajakan Kulit

Wajah bersih

Wajah bersih via http://www.google.com

Seiring bertambahnya usia, kerutan-kerutan halus pada wajahpun perlahan muncul. Namun ada beberapa yang mengalami penuaan kulit dini.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan daun bidara untuk meremajakan kulit, karena manfaat daun bidara dapat membantu regenerasi sel-sel kulit baru dengan cara dijadikan masker wajah atau bisa mencuci wajah dengan air rendaman tersebut .

Advertisement

Manfaat tersebut akan menjadikan kulit yang sudah berkerut, kering dan kusam akan perlahan tergantikan dengan kulit baru yang lebih indah dan sehat.

3. Merawat Kulit Kering

Kulit Kering

Kulit Kering via https://fahmipedia.com

    Kulit kering sering muncul karena kekurangan cairan pada lapisan kulit terluar. Maka dari itu, manfaat daun bidara dengan kandungan lemak dan mineralnya mampu mengatasi kulit kering. Sedangkan Cara membuat ramuannya juga cukup mudah, yaitu :

    • Cuci bersih segenggam daun bidara, lalu haluskan
    • Campur dengan air
    • Olehkan pada bagian kulit yang kering
    • Tunggu sampai mengering dan bilas dengan air hingga bersih
    • Lakukan secara rutin untuk hasil lebih maksimal.

    4. Mencegah Dampak Buruk Paparan Sinar UV

    Kulit yang sering terpapar terik matahari atau sinar UV, akan membuat kulit terlihat kusam, berminyak dan bahkan dapat memicu penuaan dini dan radikal bebas penyebab kanker kulit.

    Manfaat daun bidara dengan kandungan nutrisi, gula dan flavonoid yang bersifat anti-mikroba (anti jamur) sangat baik untuk melawan radikal bebas, melindungi kerusakan DNA dan mencegah kanker serta kulit yang kurang sehat.

    Pemanfaatan daun bidara untuk mencegah dampak buruk akibat sinar UV dapat digunakan sebagi masker wajah sebanyak 3 kali seminggu. Atau bisa juga gunakan air rendaman daun bidara selama 24 jam untuk mencuci kulit Anda.

    5. Mengatasi Jerawat

    Jerawat Pasir

    Jerawat Pasir via https://falony.com

    Kandungan senyawa pada daun bidara yang bersifat anti-bakterial berfungsi untuk melawan penyakit dan mencegah munculnya infeksi bakteri penyebab jerawat. Adapun manfaat daun bidara sebagai ramuan obat jerawat adalah sebagai berikut:

    • Cuci bersih beberapa lembar daun bidara
    • Masukkan ke dalam wadah dan tumbuk halus
    • Tambahkan air secukupnya hingga berbentuk seperti pasta
    • Oleskan pada kulit wajah, terutama bagian yang terkena jerawat
    • Tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

    Sesungguhnya masih banyak lagi manfaat daun bidara untuk kesehatan kulit, seperti mencegah penuaan dini, mengobati kulit yang terluka dan mencegah bekas pada kulit akibat luka.

    Selain penggunaannya sebagai masker wajah dan untuk membasuh kulit, Anda juga bisa menggunakannya sebagai minuman dengan merebusnya dan menambahkan gula atau madu.

    Oleh karenanya, sebaiknya Anda kini tidak lagi meremehkan tanaman yang satu ini meski terlihat seperti tumbuhan liar. Selamat mencoba dan menjadi lebih cantik hanya  dengan daun bidara yang cukup sederhana.

    Advertisement

    Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya