Depresi adalah suatu hal yang normal ketika kita terlalu banyak menerima tekanan, sehingga menyebabkan otak kita terlalu banyak hal yang dipikirkan sehingga mengganggu aktivitas kita. biasanya depresi banyak dialami di kalangan remaja dari umur 16 - 18 tahun. Hal ini adalah suatu hal yang wajar tapi kalau cara mengatasinya salah maka akan menyebabkan dampak yang besar bagi psikologi orang tersebut.

Banyak faktor yang menyebabkan depresi, dari masalah yang sepele sampai masalah yang besar. Dan cara untuk menghadapi depresi yaitu dengan menghadapi masalah-masalah tadi dan membiasakan diri kita untuk hidup normal sehingga kita bisa aktif lagi dalam kegatan harian kita. Banyak orang terkenal dan menjadi sukses yang dulunya waktu muda mengalami depresi ini, contohnya penulis terkenal serial "Harry Potter" J.K rolling , J.K Rolling pernah mengalami depresi di usia mudanya dan depresi itu sampai diangkat dalam tulisanya di dalam buku Harry Potter.

Sebenarnya mudah dalam menghadapi depresi. Hanya perlu kemauan kuat dan pembukaan diri sendiri. Berikut cara mudah dalam menghadapi depresi:

1. Terima

Dalam menghadapi depresi, pertama kita harus menerima atau mengakui bahwa kita sedang mengalami depresi. Dengan ini kita akan bisa mengatasi depresi dengan mengambil langkah untuk manghilangkan perasaan depresi tersebut.

2. Hadapi

Memang dalam masa depresi seseorang akan memilih menjauh dari kehidupan sosialnya dan memilih mengurung diri untuk mencari ketenangan, tapi hal ini adalah hal yang salah. Karena ketika kita menjauh dari kehidupan sosial kita, kita akan selalu dan selalu memikirkan masalah yang menyebabkan kita depresi.

3. Kenali Diri Sendiri

Kucing melihat singa dalam dirinya via https://setipe.com

Advertisement

Langkah selanjutnya yaitu kenali diri sendiri , dengan begitu kita akan mengetahui apa yang membuat diri kita bahagia dan apa passion kita. Dalam mengenali diri, kita tidak perlu pusing dalam memilih diri kita itu seperti apa. Kuncinya adalah jika kita bahagia dalam melakukan suatu hal, itulah diri kita dan itulah passion kita. Jika kita sudah mengenal diri kita sendiri dan mengetahui apa passion kita, maka kita akan bisa menjalani hidup yang bahagia dan lebih produktif lagi .

4. Lakukan Hal Positif

Setelah menghadapi depresi, biasakan diri kita melakukan hal positif sehingga kita tidak akan lagi mengalami depresi. Hal ini adalah suatu tindakan pencegah agar di masa depan kita bisa hidup bahagia tanpa depresi.

5. Nikmati Hidupmu

Cara terakhir untuk menghilangkan depresi ialah dengan menikmati hidupmu. Lakukan semua hal yang ingin dilakukan karena ini adalah kehidupanmu dan hidup hanya sekali.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya