Sering Diremehkan Karena Punya Kepribadian Humoris? Coba Lakukan 5 Hal Ini!

Orang humoris itu bisa diajak serius kok!

Menjadi lucu dan dapat menghibur banyak orang memanglah suatu hal positif jika kita lakukan. Namun memiliki kepribadian humoris tanpa sadar membuatmu mudah dipandang sebelah mata. Berikut adalah hal yang bisa kamu lakukan jika mendapat perlakuan tersebut.

Advertisement

1. Tetap bersikap profesional

Photo by rfstudio on Pexel

Photo by rfstudio on Pexel via https://images.pexels.com

Seperti yang dilansir dari ResearchGate, Penilaian seseorang itu hanya bersikap subjektif dan bukanlah ilmu tetap. Ketika seseorang ragu untuk memberikanmu pekerjaan 'berat' karena mereka rasa kamu tidak bisa serius dan tidak mampu menyelesaikannya, perlahan-lahan cobalah berikan sikap profesional dan tunjukkan saja hasil akhirnya tanpa banyak bicara. Seiring berjalannya waktu, mereka yang salah menilaimu pasti akan sadar dengan sendirinya.

2. Jadikan ucapan mereka sebagai bahan introspeksi diri

Photo by Ivan Oboleninov on Pexel

Photo by Ivan Oboleninov on Pexel via https://images.pexels.com

Mungkin penilaian mereka tidak betul padamu, menurut kamu. Tapi perlu diingat, seseorang akan menilai dirimu berdasarkan apa yang mereka lihat. Mereka tidak peduli dengan apa yang kamu lakukan di belakang layar. Saat mereka melihat kamu sebagai 'orang yang tidak bisa serius', maka penilaian itu yang terekam oleh mereka. 

Advertisement

Oleh karena itu, penting menjadikan penilaian orang lain sebagai bahan introspeksi diri kedepannya. Itu bertujuan jika kamu bertemu dengan tipe orang yang sama di lain waktu, kamu sudah tahu harus bersikap seperti apa.

3. Tunjukkan saja kepada mereka kualitas dirimu

Photo by Christina Morill on Pexel

Photo by Christina Morill on Pexel via https://images.pexels.com

Kesal memang wajar. Tapi kesal yang berkelanjutan tidak akan mengubah sudut pandang mereka. Satu-satu cara yang bisa mengubahnya adalah berusaha untuk selalu melakukan yang terbaik di setiap kesempatan. Teruslah bekerja keras sampai mereka berpikir, “Anak ini sudah lucu bisa bekerja lagi.” 

Jangan biarkan omongan orang lain menjatuhkan semangatmu. Justru inilah kesepakatan bagi kamu untuk menunjukkan kepada mereka kualitas dirimu.

Advertisement

4. Mulailah belajar untuk menempatkan posisi di berbagai situasi

Photo by Anna Shvet on Pexel

Photo by Anna Shvet on Pexel via https://images.pexels.com

Sesekali memanglah bagus jika mencoba mencairkan suasana dengan candaan mu. Tapi jika keseringan, mungkin akan ada anggota tim-mu yang merasa terganggu. Perlu diingat, tidak semua orang bisa bekerja sambil bercanda. Ada banyak tipe orang di dunia ini dan mereka semua tidak harus mengerti dirimu. Sebaliknya, kamulah yang harus mengerti keadaan dan pintar menempatkan diri. 

Jika berdiskusi hanya bersama teman dekatmu mungkin oke jika lebih banyak bercanda dan mengobrol daripada bekerja-nya. Tapi jika kamu bekerja dengan seorang yang ambisius? Kehadiranmu bisa saja tidak mereka inginkan dan akhirnya mindset 'kamu tidak bisa serius' akan muncul di otak mereka.

5. Tetaplah menjadi dirimu tapi dengan versi yang lebih baik

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Jika mereka meremehkan kemampuanmu hanya karena kepribadianmu, itu bukan berarti kualitas dirimu yang tidak bagus. Hanya saja kamu yang mungkin kurang bisa menempatkan diri saat bersikap.

Kamu harus ingat, seperti yang dilansir dari time.com, versi terbaik dirimu haruslah visi kamu bukan visi orang lain! Jangan buang energi untuk mencoba memenuhi keinginan orang lain, karena ini hidupmu. Lakukan yang membuatmu nyaman dan perlahan-lahan perbaiki apa yang perlu kamu perbaiki.

Memiliki kepribadian humoris itu bukan sifat yang jahat kok! Kamu hanya butuh belajar untuk menempatkan diri saja.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Undergraduate Communication Student

CLOSE