Didalam menjalani sebuah hubungan akan sudah pasti membutuhkan komitmen yang stabil diantara pasangan. Tidak melulu mengatasnamakan puja cinta. Adakalanya antara logika dan hati harus dibentuk dengan seimbang. Bukti pun yang menjadi modalnya atas tindakan kita terhadap pasangan. Jika kita sudah berkomitmen terhadap pasangan, kita juga harus dapat menerima kekurangan dan kelebihan pasangan kita.

Dan kuncinya adalah saling menjaga kepercayaan dan kesetiaan. Itu yang menjadi hal mutlaknya jika kamu bersama pasangan ingin menjalani hubungan yang serius dan langgeng. Benih-benih atas nama cinta yang sudah menjadi fitrahnya terpecikkan kedalam hati dua insan. Saat benih-benih itu memancarkan aura kasih sayang untuk mau saling mengasihi di dalam hati, pada hakikatnya cinta pun sudah terpilih dan terbentuk dengan kematangan jiwa.

Menyatukan dua kepala dari setiap anak Adam dan Ibunda Hawa ini merupakan hal yang tidaklah mudah, namun kita dapat membuatnya dengan cara yang sederhana dalam menyatukan dua kepala dan dua pribadi yang pada umumnya berbeda. Itu kunci terpenting, karena kita menjalani sebuah hubungan pastinya bukan hanya tentang kadar ketertarikan luarnya saja. Kita menjalani sebuah hubungan untuk bisa saling menjaga dan mengasihi tanpa ego semata.

Belajar untuk memahami dan mengerti dari setiap diri individu lebih mendalam. Belajar untuk mau mengalah. Take and give. Ikhlas dan saling mendukung. Rincinya simak yuk sedikit tips dari kami ini, hal apa saja sih yang dapat membuat hubungan mu bersama pasangan dapat langgeng dan apa yang sebenarnya yang harus kita jaga dalam menjalani hubungan yang lebih serius!

1. Kesetiaan diantara pasangan adalah hal mutlak yang harus selalu dijaga

Kesetiaan pasangan

Kesetiaan pasangan via http://www.unsplash.com

Kesetiaan adalah akar dari pondasi sebuah hubungan yang sangat utama. Jika pondasi dasar ini sudah dapat terjaga dengan baik diantara pasangan, akan sudah pasti sebuah hubungan baik yang terbentuk diantara pasangan akan semakin kuat dan langgeng.

Advertisement

Saling menjaga kesetiaan adalah salah satu unsur yang paling mulia didalam menjalani sebuah hubungan.

2. Saling terbuka dan menjaga kejujuran diantara pasangan

Menjaga kejujuran adalah hal utama didalam hubungan

Menjaga kejujuran adalah hal utama didalam hubungan via http://www.unsplash.com

Kita adalah makhluk sosial. Didalam keluarga, kehidupan sehari-hari didalam berinteraksi, dan juga dalam sebuah hubungan, perihal kejujuran adalah hal yang sangat penting. Andaikan di dalam menjalani sebuah hubungan sudah terselip kata-kata dusta, kalian pasti tidak akan nyaman dan tentunya saling merasa terluka akibat kadar kebohongan yang telah disiratkan diantara pasangan.

Itu bukan hak yang baik. Entah apapun itu alasannya, jika sudah berkomitmen harus pandai dalam memupuk kepercayaan tanpa kata dusta. Dalam hal apapun bentuknya atau dalam hal terkecil sekalipun, menjaga kejujuran adalah modal utama yang harus ada di dalam menjalani kehidupan dan juga menjalani sebuah hubungan yang langgeng.

3. Saling menghormati kebiasaan pasangan

Menghormati pasangan

Menghormati pasangan via http://www.unsplash.com

Advertisement

Setiap individu memiliki watak dan kebiasaan yang berbeda. Diantara pasangan harus saling menghormati dan menjaga perasaan satu sama lainnya. Mencintai pasangan, berarti kita juga siap mendukung segala hal yang berhubungan dengannya. Saling mendukung untuk kemajuan bersama. Saling menghormati terhadap pasangan, terutama dengan kebiasaan pasanganmu.

Berkatalah yang tidak menyakitkan dan berkatalah dengan baik-baik jika ada satu atau dua hal yang bertolak belakang. Kuncinya adalah kita harus tetap saling menghormati terhadap pasangan, karena cinta yang baik akan selalu menuntun dan mengajarkan kepada kebaikan.

4. Jika ada faktor negatif dari pasangan, tetaplah harus menutupi aibnya dan tetaplah bersikap dengan baik

Menceritakan kebaikan pasangan

Menceritakan kebaikan pasangan via https://www.pexels.com

“Tutuplah aib saudaramu, maka Allah akan menutupi aibmu”.

Seperti yang dijelaskan dalam salah satu kutipan tersebut.

Setiap manusia tidak luput dari kesalahan, kita tidak boleh menjudge seseorang sepihak apapun bentuknya. Seseorang yang beriman akan selalu menjaga kelapangan hati didalam hatinya. Entah itu faktor kesakitan atau kebaikkan yang diperolehnya. Seseorang yang beriman harus selalu bersyukur dan berkata yang baik-baik.

Biarlah Yang Maha Kuasa yang mengadili setiap khilaf yang diperbuat dari seseorang. Allah pun Maha Pemaaf. Begitu juga halnya didalam menjalani sebuah hubungan, yang sudah pasti akan selalu ada ujian didalamnya. Siapa yang menutupi aib seseorang yang ia mengetahui-Nya, maka Allah juga akan menutupi aibnya.

Bukan hal baik jika kita menceritakan keburukkan pasangan. Ia seseorang yang kita cintai dan sayangi, bukan kita menutup mata dan hati untuk khilaf yang kita mengetahuinya itu hal yang menyakitkan. Namun kita lebih dari menjaga perasaan pasangan kita. Tetaplah berlaku baik dan berbicara yang baik-baik dengan mendoakannya, itu akan jauh lebih baik.

5. Saling memaafkan terhadap pasangan

Berdamai dengan pasangan dan memaafkan

Berdamai dengan pasangan dan memaafkan via http://www.google.com

Nobody's perfect. Semua orang tidak luput dari salah untuk belajar dari kesalahan supaya tidak terulang di kemudian hari. Dan selalu intropeksi diri. Berdamai dengan pasangan tanpa menyimpan dendam dan mengungkit kembali permasalahan yang dapat menjadi bumerang didalam hubungan kita.

Menerima dengan hati yang lapang jika kita ingin tetap menjalani komitmen bersama pasangan. Bersikap elegan terhadap pasangan. Dengan kita saling memaafkan terhadap pasangan akan membuat hubungan kita semakin awet dan kuat.

6. Ikhlas dan sabar

Saling menjaga keikhlasan dan kesabaran diri

Saling menjaga keikhlasan dan kesabaran diri via http://www.google.com

Saling menjaga kesabaran didalam diri pasangan dan juga menjaga keikhlasan atas segala bentuk perbuatan pasangan. Ikhlas dan sabar adalah kunci hubungan yang langgeng.

7. Saling menjaga kepercayaan

Kepercayaan pasangan

Kepercayaan pasangan via http://www.unsplash.com

Menjaga kepercayaan juga hal yang utama didalam sebuah hubungan. Jika kita ingin hubungan bersama pasangan langgeng dan aman, Pandailah saling memupuk rasa percaya terhadap pasangan.

Jika kita tidak dapat percaya terhadap pasangan, bagaimana dapat menjalani sebuah hubungan yang baik dengan mampu berkomitmen terhadap pasangan. Baik dan buruknya pasangan adalah pilihan hati atas kasih sayang yang dipercikkan kehati kita, baik dan buruknya pasangan jika sudah berkomitmen harus dijaga dengan rasa saling percaya apapun itu bentuknya.

8. Jangan mudah menyimpan amarah dan rasa ego didalam diri

Buang jauh-jauh rasa egoisme dan amarah

Buang jauh-jauh rasa egoisme dan amarah via http://www.google.com

Menjalani sebuah hubungan yang langgeng, bahagia dan baik kedepannya dibutuhkan sikap toleransi dan perjuangan bersama diantara pasangan. Sebaiknya kita membuang jauh-jauh rasa ego saat berhadapan dengan pasangan, dan mencoba untuk lebih mengerti dan memahami tentang diri pasangan kita.

Tidak ada salahnya mengalah untuk kebaikkan hubungan bersama yang lebih baik dan indah. Buang juga segala bentuk amarah serta pandangan alih-alih pandai berdalih terhadap pasangan, karena itu hal yang sangat tidak disukai oleh setiap pria maupun wanita. Dan jangan lupa didalam tawakal kita menjaga hubungan baik bersama pasangan, selalu berdoa untuk kelanggengan dan kebaikkan bersama.

Dengan kita selalu memahami apa yang disukai pasangan dan apa yang tidak disukai oleh pasangan, membuat harmonis hubungan akan semakin terasa dan mudah dijalani serta dirembuk bersama atas segala persoalan yang datang menguji sebuah hubungan.

Sebaiknya kita tidak melakukan hal-hal yang tidak disukai oleh pasangan kita, jika tidak ingin kandas ditengah jalan. Kuncinya, tidak ada salahnya kita mengalah untuk kebaikkan hubungan bersama yang telah terjalin. Parameter sebuah hubungan dengan kesetiaan tinggi adalah hal yang mulia.

Keikhlasan dan sikap mau untuk saling berjuang dan berkorban untuk kebaikkan hubungan bersama juga adalah hal yang mulia. Segala sesuatu yang diniatkan ikhlas untuk menggapai keridhaan dari Allah, akan berjalan mulus dan akan mendapatkan pahala tersendiri di sisi Allah. Karena niatnya memang untuk beribadah.

Jangan berkecil hati atas sikap yang kurang baik mungkin yang kita rasakan dari diri pasangan. Pandailah berintrospeksi dan menjaga komunikasi baik dengan sikap saling percaya. Kelapangan hati akan terjaga jika kita ikhlas, kita juga akan terhindar dari segala bentuk penyakit hati.

Jika kita menanam benih kebaikkan kemuliaan terhadap pasangan, nantinya kita juga yang akan memetik hasil dari sikap baik kita. Tetap menjaga hati bersama Allah. Itu pokok keimanan yang utama yang membuat hati lapang dan tenang. Buah kesetiaan yang kita tanamkan di dalam menjalani sebuah hubungan dan kehidupan akan berdampak positif kembali kepada diri sendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya