Mengetahui kebenaran dibalik putusnya hubungan kalian dengan sang mantan bahwa ternyata dia selingkuh di belakangmu, adalah hal yang sangat menyakitkan karena pasangan kamu nggak jujur. Entah ternyata kamu tahu dari teman dekatnya atau teman-teman kamu yang satu kampus dengan dia. Pasti perasaan kalian bergejolak campur aduk pengen marah bukan? Dia minta putus seakan mengada-ngada alasan karena ia tahu, dirinya telah berbohong dan dia mengerti bahwa dirimu bukan seorang yang akan menjalin hubungan baik kembali jika ternyata ia ketahuan selingkuh di belakangmu. Egois bukan?

DIbawah ini gejolak perasaan kamu ketika tau alasan dibalik putusnya hubunganmu dengan mantan kamu itu karena ternyata ia berkhianat. Ada solusi yang Hipwee kasih untuk kalian. Check it out!

1. Kaget dan tidak menerima kenyataan

Kamu yang pernah dikhianati oleh pasanganmu, pada awalnya kaget dan tidak percaya. Tidak mudah memang menerima kenyataan yang ada bahwa ternyata dia yang selalu mendengarkan kamu, yang selalu ada saat kamu butuh, yang selalu memberi support, yang selalu mengingatkan kamu untuk tidak lupa makan, dia yang selama ini setia dan nggak pernah toleh sana sini, apalagi yang LDR, pasti rasa sakit hati kalian bukan main sampai ke tulang-tulang. "Ah, gak mungkin seperti itu", "Kok bisa sih dia mencari yang lebih dari aku?".

Solusi: Memaafkan, menerima dan mengakui keadaan tersebut akan lebih mempercepat proses penyembuhan hati kalian yang terluka. Tak lupa juga untuk memaafkan ya. Memang tidak mudah, tapi hanya itu satu-satunya cara, guys!

Advertisement


Nrimo! (dalam bahasa jawa-Terima)


2. Menyalahkan diri sendiri

am I wrong?

am I wrong? via http://google.com


"Apa kurangnya aku?"

"Bagaimana bisa dia selama ini bermain di belakangku dan aku tidak menyadarinya?"

Advertisement

"Apa aku nggak pengertian?"

"Aku kurang cantik ya?" dan masih banyak pertanyaan yang mengiang di kepalamu, menyalahkan diri sendiri.


Hey, wake up! Kalo seseorang betul-betul mencintai kamu, meskipun dia capek dan kesal bahkan muak sama kamu karena kamu cerewet ngingetin ini dan itu, dia nggak akan kalah sama yang ngegoda dia. Bukankah seseorang yang selingkuh, pada akhirnya juga karena keinginan mereka yang ingin bersatu? Bahwa cewek/cowok mu pun juga menanggapi yang mendekati mereka, atau malah sebaliknya?

Solusi: Lihatlah sudut pandang tersebut dengan cara kamu seakan-akan berada di posisi mereka, guys! Dengan begitu kamu akan mengerti, seseorang yang sungguh menyayangi kita, tidak akan mencari cinta dan hati lain yang terlihat lebih baik dari dirimu.

3. Stalking selingkuhan mantan

stalking

stalking via http://google.com

Kalian pasti penasaran dengan selingkuhan si mantan dan mulai stalking sosial medianya, ya kan? Ya, membandingkan diri kalian sendiri dengan mereka itu udah pasti. Beruntungnya mungkin kalau kalian lebih cantik, pasti kalian seneng banget kan? Tenang, nggak cuma kamu yang begitu. Kesetiaan mahal harganya guys, jangan sia-siakan waktu kalian hanya untuk stalking mereka yang sudah berkhianat dan nggak mikirin perasaan kalian. Tahan diri kalian untuk tidak stalking, karena itu salah satu bentuk mendidik diri kalian sendiri untuk lebih mengendalikan pikiran. Inget deh kalo kalian mau stalking, yang sakit hati situ sendiri kan? Throw away the toxic people from your life.

Solusi: Gak usah kepo-kepo sosmed selingkuhan si mantan/mantan kalian, karena yang ada makin bikin kalian sakit hati. Biarkan mereka menjalani kehidupan mereka yang penuh dusta di belakang kamu. Jangan sesekali menghubungi mantan atau bahkan melabrak selingkuhan mantan kamu, karena itu hanya mempermalukan diri sendiri dan nggak elegan banget! Mending lakukan kegiatan yang menyenangkan dan membuat dirimu berkembang. Dengan begitu kamu pun sudah menang. Mantan dan selingkuhan kamu itu sudah pasti kalah telak, guys!


"What you give is what you get". Pegang aja prinsip itu ya guys. Tuhan itu adil kok :)


4. Mengikhlaskan

just let them go

just let them go via http://google.com

Pada akhirnya kalian pun belajar untuk mengikhlaskan yang telah pergi dari hidup kalian. Mengikhlaskan seseorang yang pernah berarti buat kalian bukan perkara yang mudah. Namun dengan mengikhlaskan, itu artinya kamu jauh lebih kuat karna kamu mampu merelakan orang yang kamu sayang banget pergi bersama orang lain. Dijamin hidupmu akan jauh lebih nyaman, hatimu akan jauh lebih tentram dan nggak menyimpan dendam apapun.

Bonus dari mengikhlaskan itu sendiri, kamu nggak akan uring-uringan lagi karna mantan dan selingkuhan kamu itu mencoba memancing emosi kamu lewat sosial media, upload foto sana sini, contohnya. Betul kan? siapa coba yang udah pernah praktekkan ini? Jangan lupa juga untuk menyerahkan segala sesuatunya ke Yang Maha Kuasa, karena hanya Ia yang mampu membolak-balikkan hati manusia. Rencana manusia bukan rencana Tuhan guys, dia yang lebih tau mana yang terbaik untuk kalian :)

Solusi: Kamu harus bersyukur karena pada akhirnya Tuhan menunjukkan ke kamu seberapa jauh keseriusan hubungan kalian dan seberapa sayang mantan kamu serta sikap mantan di belakang dirimu, terlebih yang menjalani LDR (Long Distance Relationship). Artinya, mantan kamu nggak kuat iman dan nggak dekat dengan Tuhan guys 🙂 Tidak usah memaksakan keadaan yang tidak bisa kamu ubah. Ikhlaskan sajalah, itu jauh lebih baik.


Mengikhlaskan bukan berarti kalah, bukan berarti lemah. Mengikhlaskan adalah bukti bahwa kamu sungguh mencintai dia yang telah pergi untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpi yang tertunda di masa depan.


5. Belajar untuk mencintai seseorang sewajarnya

love enough

love enough via http://google.com

Kamu jadi sadar dan berhati-hati ketika mencintai orang lain. Menyayangi bahkan mencintai seseorang yang sewajarnya saja. Jangan sampai melebihi cintamu terhadap diri sendiri dan keluarga. Kamu juga jadi lebih sadar bahwa keluarga dan sahabat adalah orang-orang yang tidak akan pernah meninggalkan kamu bahkan di saat situasi sulit sekalipun. Mereka yang selama ini selalu ada di sampingmu dan tidak kamu sadari, menjadi pelajaran untukmu bahwa mereka adalah orang-orang yang patut kamu perjuangkan dan kamu hargai lebih dari sekedar mantan kamu itu.

Solusi: Dekati lagi sahabat-sahabatmu apalagi keluarga. Mereka akan selalu siap mendengarkan keluh kesahmu dan akan memberikan solusi untuk patah hatimu. Habiskan waktu bersama mereka dan beri mereka perhatian yang lebih ya!

6. Lebih mencintai diri sendiri

love my self

love my self via http://google.com

Akhirnya kamu tahu, bahwa di dunia ini tidak selamanya abadi. Kamu tidak bisa memohon seseorang untuk tetap tinggal di hidup kamu. Kamu menyadari bahwa mencintai diri sendiri jauh lebih penting, karena yang akan mengerti dan menerima dirimu sepenuhnya adalah dirimu sendiri. Kamu jadi lebih banyak waktu untuk berinterospeksi diri, apa yang jadi keinginan kamu di masa depan, apa saja kekurangan di dalam diri kamu, dan menghabiskan waktumu untuk memperhatikan dirimu. Kalau dulu pas sama mantan kamu jadi lebih sulit menjadi diri sendiri, sekarang saatnya untukmu jadi diri sendiri.

Solusi: Mencintai diri sendiri dapat kamu lakukan dengan konsumsi makanan-makanan sehat, olahraga, berinteraksi dengan banyak teman, melakukan kegiatan positif yang ingin kamu lakukan, dan masih banyak hal lainnya lho. Cari apa yang jadi kesenangan mu, dengan begitu pikiran mu akan teralihkan untuk hal-hal penting ketimbang mikirin mantan kamu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya