Masa kecil yang bahagia merupakan faktor penting pembentukan karakter anak Anda. Cukup bermain, cukup belajar, dan juga cukup kasih sayang dari orang tua, dapat membuat anak tumbuh dengan baik.

Karena itu jangan sia-siakan waktu dan kesempatan yang ada. Cobalah habiskan waktu libur bersama dengan keluarga. Apalagi jika Anda memiliki anak yang masih kecil, liburan merupakan kesempatan untuk bisa menjalin keakraban dengan buah hati.

Tidak hanya demi tumbuh kembang anak Anda, berlibur bersama juga dapat menjadi kenangan manis dalam hati. Sebab, momen masa kecil anak Anda tidak akan terulang kembali. Jika bingung menentukan tujuan dan kegiatan, beberapa kegiatan ini bisa kamu coba.

1. Melihat indahnya pantai

Mengunjungi pantai

Mengunjungi pantai via https://www.pexels.com

Kegiatan pertama yang bisa kamu coba adalah mengunjungi pantai bersama. Tidak hanya menikmati pemandangan indah kamu dan buah hati bisa melakukan berbagai kegiatan bersama. Mulai dari bermain air, berenang, bermain pasir, mengumpulkan kerang, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Jika kamu memutuskan ke pantai, jangan lupa bawa sunblock khusus anak-anak, apalagi jika anakmu masih balita. Sebab, matahari pantai yang terlalu panas bisa membakar kulitnya yang masih tipis. Kamu juga bisa membeli topi bundar untuk melindungi si buah hati.

2. Hiking ke gunung

Kegiatan nomor dua, yaitu melakukan hiking dan camping. Kegiatan ini mungkin bisa dilakukan jika anak sudah bukan lagi balita. Idealnya di atas usia delapan tahun, sebab dibutuhkan ketangkasan fisik serta kemampuan memahami instruksi.

Dengan hiking anak akan terlatih fisiknya, selain itu kamu juga bisa mengajarkan hal-hal lain yang berguna. Misalnya, mendirikan tenda, navigasi di alam, dan teknik-teknik survival dasar.

Advertisement

Cobalah mulai dari gunung yang mudah dan dengan track yang pendek. Beberapa rekomendasi gunung,  yaitu Gunung Ungaran, Nglanggeran, Batur, dan Papandayan.

3. Ajari bermain permainan outdoor

Bermain congklak

Bermain congklak via https://www.posbunda.com

Jika kamu tidak memiliki waktu libur yang banyak atau mungkin keuangan juga sedang menipis, mengajari anak permainan tradisional juga bisa dilakukan. Selain melatih fisik, anak anda juga jadi tahu permainan lain. Bukan hanya bermain video games di rumah saja.

Congklak adalah salah satu permainan mudah yang bisa kamu ajarkan. Selain tidak membutuhkan alat mahal, kamu juga bisa melakukannya berdua. Jika kamu memiliki bola dan glove, melakukan lempar tangkap juga bisa menjadi alternatif kegiatan.

4. Naik unta di kebun binatang

Kegiatan keempat adalah berkunjung ke kebun binatang. Bukan hanya bersenang-senang, dengan mengunjungi kebun binatang wawasan anak akan kekayaan fauna akan menjadi semakin terbuka. Mereka bisa belajar tentang hewan sambil bersenang senang dengan anda.

Selain itu, mereka juga bisa belajar menyayangi hewan dan makhluk hidup lainnya. Hal yang sangat penting untuk pembentukan kepribadian dan menumbuhkan empati.

Beberapa kebun binatang memiliki atraksi seperti naik unta atau gajah. Cobalah ajak anakmu untuk menaiki hewan-hewan tersebut. Pasti hal itu akan jadi pengalaman yang tak terlupakan baginya.

5. Mengunjungi theme park

naik wahana

naik wahana via https://www.kepogaul.com

Sebaliknya dari nomor tiga, jika keuanganmu sedang bagus-bagusnya, ajak saja buah hati ke taman bermain. Nikmati berbagai wahana bersama sambil berfoto ria untuk kenang-kenangan.

Meski menyenangkan untuk menaiki wahana di taman bermain, jangan lupa ikuti aturan. Beberapa taman bermain memiliki wahana dengan tinggi minimal. Jika anakmu belum bisa memenuhi persyaratan tersebut, berikan dia pengertian agar tidak ngambek saat liburan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya