Penggunaan make up atau riasan di wajah menjadi hal yang tak asing lagi, khususnya bagi kaum wanita. Selain sebagai pelidung dari sinar matahari serta polusi udara, make up juga bermanfaat sebagai penambah kepercayaan diri, meningkatkan kecantikan alami, dan menyembunyikan kelelahan kala beraktivitas. Pengaplikasian make up pada kulit wajah, khususnya, perlu memperhatikan berbagai faktor berkaitan dengan karakter dari kulit wajah itu sendiri, seperti penggunaan make up untuk kulit berminyak tentu berbeda dengan kulit kering.

Tak hanya itu, pertimbangan mengenai jenis dan kandungan dari make up yang dipakai juga perlu dilakukan, sehingga efek yang diberikan dapat terihat secara maksimal. Namun, faktanya, tak sedikit kasus yang terjadi terkadang luput dari perhatian ketika menggunakan make up. Make up yang seharusnya memberikan nilai plus bagi kulit, justru menjadikan kulit rusak dan tak sehat.

Seperti beberapa kesalahan dalam penggunaan make up dan kebiasaan sehari-hari ini yang sering disepelekan oleh banyak orang, namun berdampak besar terhadap kecantikan dan kesehatan kulit. Apa saja?

1. Saling berbagi make up

Make up Sharing

Make up Sharing via https://www.beautylish.com

Terkesan sepele bukan? Hal inilah yang sangat sering dilakukan oleh kaum wanita ketika menggunakan make up. Kamu mungkin lupa bahwa kulit juga bisa membawa virus dan bakteri yang ada di udara.

Sering berbagi make up, khususnya yang menggunakan alat seperti kuas atau saput rentan terhadap timbulnya infeksi virus. Murah hati itu dianjurkan, namun jika hal itu mengorbankan kesehatan, tentu perlu dipikir kembali, ya.

2. Memakai make up ketika berolahraga

Advertisement

Penggunaan make up di wajah, akan menutup pori-pori yang ada. Hal ini bertentagan dengan peristiwa yang terjadi ketika berolahraga, dimana tubuh sedang mengeluarkan keringat serta racun melalui pori-pori kulit yang seharusnya terbuka lebar.

Menggunakan make up selama berolahraga tentu sama saja dengan menyekap keringat dan racun yang ada di dalam tubuh. Jerawat dan biang keringat bisa dengan mudah muncul. Berbahaya bukan?

3. Mengaplikasikan skin care menggunakan jari tangan

Tangan sangatlah rentan dihinggapi berbagai virus dan kuman penyakit. Maka tak salah jika kamu tidak dianjurkan mengaplikasikan skin care menggunakan tangan kosong. Coba gunakan kuas make up.

Advertisement

Kuas make up ini, selain mengurangi perpindahan virus dan kuman yang ada di tangan, juga mampu menigkatkan kelancaran sirkulasi darah serta membuat olesan skincare lebih merata daripada ketika menggunakan jari tangan.

4. Menyamakan pelembab siang dan malam

Night and day cream

Night and day cream via https://www.newbeauty.com

Seperti manusia, kulit juga memiliki jam biologisnya sendiri. Pada siang hari, kulit wajah akan lebih banyak mengahasilkan sebum atau minyak, sehingga krim siang cenderung bersifat lebih ringan. Sedangkan pada malam hari, kulit wajah lebih memfokuskan diri dengan memperbaiki sel-selnya yang rusak dan akan terbantu dengan adanya krim malam yang menunjang pemulihan serta regenerasi kulit.

Sangat berbeda bukan? Jadi tentu tak bisa disamakan penggunaan dari pelembab siang dengan malam, karena kulit waktu aktivitasnya sendiri.

5. Terlalu sering mandi air panas

Air panas memang mampu menstimulasi tubuh untuk menghilangkan penat dan lelah setelah bekerja seharian, namun terlalu sering mandi air panas dalam waktu yang lama juga tak baik bagi kulit.

Kulit bisa menjadi kering akibat kehilangan minyak esensial alami yang diproduksi di kulit akibat dari mandi air panas yang terlalu sering. Tak hanya itu, pori-pori juga akan terbuka lebar ketika mandi air panas, sehingga membut kotoran serta debu bisa lebih mudah masuk ke dalam kulit.

6. Memencet jerawat dan komedo

Siapa yang tidak kesal ketika menemukan jerawat dan komedo di wajahnya. Tentu rasanya ingin segera menghilangkannya. Nah, tak sedikit orang yang tidak sabar kemudian memencet jerawat atau komedonya agar cepat hilang. Namun efeknya, jerawat bisa membekas di kulit wajah dan membuat kepercayaan diri kamu menjadi berkurang.

Selain itu, tangan yang digunakan untuk memencet jerawat atau komedo belum tentu bersih dari bakteri dan virus. Hal ini tentu lebih berbahaya jika sampai menginveksi kulit wajah, bukan?

Hal-hal remeh tersebut kadang terlupakan dan dianggap biasa, namun bisa saja, ternyata justru itulah yang selama ini mengganggu kesehatan kulit kamu. Jadi, jangan lupa untuk selalu memeprehatikan kesehatan dan kecantikan kulit dengan make up yang sehat serta memperbaiki perilaku yang kurang tepat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya