Sobat, selama ini kita selalu mendefinisikan kata "sehat" itu hanya untuk tubuh kita secara jasmani, tapi kita selalu melupakan kesehatan rohani (kondisi jiwa dan pikiran kita). Banyak orang tidak sadar dan tidak paham ketika kondisi mereka sedang stress bahkan terjebak di dalamnya sampai mengalami depresi. Karena kondisi mental yang tidak siap dan juga tekanan yang begitu besar sehingga banyak orang dengan mudahnya berpikir untuk melakukan bunuh diri dan mengakhiri hidupnya sendiri karena sudah tidak tahan dengan beratnya tekanan dan juga menganggap tak ada satu orang pun yang akan mengerti dia, mereka kesepian, dan kehilangan harapan.

Setiap orang itu unik dengan kepribadian masing-masing dan juga dengan sekelumit permasalahan di sekitarnya.

Respon setiap orang itu berbeda-beda dalam menghadapi suatu masalah, ada yang dapat menjalani dengan tegar dan menganggapnya sebagai hiasan dalam hidup, ada yang tetap enjoy dan menikmati setiap permasalahan dengan santai, ada pula tipe orang yang mudah dibawa pikiran, setiap permasalahan selalu dibawa pikiran. Ada tipe orang yang terbuka dan bisa berbagi rasa sakit dan kesedihannya dengan orang lain tapi ada pula tipe orang yang tertutup, sulit untuk percaya pada orang lain, dan memang tidak mudah untuk berbagi rasa sakit dan kesedihannya.

Tekanan dan tuntutan untuk jadi orang yang perfeksionis dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari membuat sebagian orang tidak kuat dan menjadi depresi. Bahkan terkadang ada orang yang takut untuk berbagi perasaan dan curhat pada orang lain karena mereka takut orang lain akan menganggap mereka adalah orang yang lemah. Tekanan datang tidak hanya dari luar saja, bukan hanya soal persaingan hidup saja namun juga tekanan dan tuntutan bahkan datang dari dalam keluarga.

Meskipun menjalani proses hidup terkadang sulit namun sobat, daripada berpikir "kill me" lebih baik mencoba untuk "heal me".

Berikut ini 7 hal yang perlu kalian ingat ketika kalian merasa sangat kesulitan dan sendiri :

1. Menangis itu bukan sebuah kelemahan, menangislah di saat-saat terberat dalam hidupmu karena menangis itu obat mujarab ketika kamu merasa sangat sakit

Gong Yoo Goblin

Gong Yoo Goblin via https://aminoapps.com

Ketika kamu menangis bukan berarti kamu adalah orang yang lemah dan cengeng. Hal ini bukan juga berarti bahwa kamu dapat menangis di setiap permasalahan yang timbul. Menangis memang tidak menyelesaikan masalah tapi menangislah di saat-saat terberatmu, di saat kamu benar-benar merasa kesulitan dan merasa bahwa tidak ada satu orang pun yang dapat mengerti dirimu.

Menangis dapat membuat perasaan dan pikiran kita menjadi lebih baik dan lega. Menangis tidak selalu berkonotasi negatif, ternyata menangis dapat bermanfaat bagi kesehatan yaitu dapat membantu menghilangkan stress, mengeluarkan energi negatif dan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Setelah tangismu reda, bangunlah kepercayaan dirimu untuk mengambil keputusan dengan berani.


"People cry not because they’re weak. It’s because they’ve been strong for too long."

Johnny Depp


2. Ingatlah bahwa kesulitan yang kamu rasakan saat ini juga dirasakan oleh orang lain di luar sana bahkan mungkin dengan tekanan yang lebih berat

Hal-hal sulit yang kamu rasakan saat ini juga dapat dirasakan oleh orang lain di luar sana namun dengan porsi dan tekanan yang berbeda-beda. Tuhan menciptakan kita dengan talentanya masing-masing dan juga Tuhan tidak akan memberikan cobaan dan tekanan kepada kita di luar kemampuan kita. Sebagai orang yang hidup pasti tidak akan lepas dari apa yang namanya "masalah" juga sebagai orang yang hidup dan terus tumbuh serta berkembang, kita dituntut untuk jadi orang yang lebih baik dan terus belajar.


Ingatlah bukan hanya kamu yang merasakan kesulitan, bahkan mungkin orang lain di luar sana mengalami waktu yang lebih sulit dan tertekan dibandingkan dengan apa yang kita rasakan saat ini.


3. Bahagia itu sederhana, kamu hanya perlu berbagi dengan orang lain

wanita tersenyum bahagia

wanita tersenyum bahagia via http://lifestyle.kompas.com

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa "Bahagia itu Sederhana", ya memang sederhana. Kebahagiaan seseorang tidak bisa diukur dengan apapun bahkan dengan materi sekalipun. Manusia mempunyai sifat alami yaitu tidak pernah puas. Ketika kita memiliki sesuatu yang berharga dalam hidup kita, lalu melihat milik orang lain yang lebih berharga, kita pasti berusaha untuk memilikinya.

Kita tidak akan pernah puas dan akan berupaya terus dan terus untuk menjadi yang baik bahkan lebih baik dari sebelumnya, itulah hidup. Tapi untuk merasa bahagia kita tidak perlu uang yang banyak dan sesuatu yang mahal dan mewah. Kita hanya perlu berbagi dengan orang lain.

Bahkan hanya sesuatu yang sederhana seperti berbagi senyum dengan orang lain, mendengarkan curhat orang lain, hanya menepuk pundak orang lain dan bilang semangat, atau bilang kamu sudah bekerja keras, don’t give up! Dengan berbagi kita merasa beban di pundak kita hilang setengahnya.

4. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, tapi anggaplah kegagalan itu suatu upaya untuk mencapai keberhasilan

ekspresi sedih

ekspresi sedih via http://www.ayeey.com

Gagal itu merupakan hal yang lumrah dalam hidup, pasti setiap orang pernah mengalami kegagalan. Butuh waktu dan proses yang berbeda-beda bagi setiap orang untuk mencapai sesuatu. Berjalan juga butuh proses, sewaktu kita baru lahir kita tidak bisa apa-apa tapi kita bertumbuh dan menjalani proses belajar berjalan, berbicara sehingga kita bisa seperti ini sekarang.

Ketika kita gagal, bukan berarti usaha kita selama ini sia-sia, mungkin Tuhan ingin kita menyempurnakan apa yang kita kerjakan sehingga dapat menjadi indah pada waktunya. Kita terkadang selalu melihat sesuatu dengan sisi instannya saja, melihat keberhasilan orang, melihat sosok aktor/aktris terkenal yang sukses di layar kaca.

Kita hanya ingin melihat hasil yang mereka peroleh tapi kita tidak berpikir untuk melihat perjuangan dan usaha dibalik mencapai itu semuanya. Seorang ilmuwan jenius saja pernah mengalami kegagalan berkali-kali sebelum dia berhasil menciptakan penemuan yang bermanfaat. Terkadang kita harus keluar dari zona nyaman kita, tapi tetaplah semangat dan jangan menyerah.


Setiap usaha tidak akan mengkhianati hasil.


5. Berpikir positif dalam segala hal

Terkadang sulit untuk berpikir positif dalam segala hal, terkadang kita harus menghadapi kenyataan bahwa tidak semua yang kita inginkan bisa kita dapatkan. Belum lagi kita harus menghadapi berbagai komentar negatif dari orang terdekat kita yang seharusnya mendukung atau hanya sekedar memberikan semangat pada kita. Kita harus bisa menyaring apa yang kita dengar dari orang lain, kita tidak boleh menerima mentah-mentah apa yang kita dengar. Kita ambil hal-hal positif dan buang hal-hal negatif yang tidak penting.

Terkadang kita terlalu khawatir pada apa kata orang, pada pandangan orang lain terhadap kita. Tidak perlu untuk terlalu memikirkan apa kata orang, kita hanya perlu melangkah dan jalani setiap hari-hari kita dan hadapi setiap permasalahan dengan sebuah harapan pasti akan ada jalan keluar yang baik.

6. Mungkin kamu berpikir kalau tak ada satu orang pun yang dapat mengertimu tapi ada satu pribadi yang lebih mengerti dirimu daripada siapapun yaitu Penciptamu

Doa dalam duka dan kesusahan

Doa dalam duka dan kesusahan via http://www.sahabatinspirasi.com

Pernahkah sobat berpikir bahwa tak ada satu orang pun yang dapat mengerti sobat ketika sobat sedang menghadapi masalah dan kebingungan saat mengambil keputusan? Kita sekarang berada di zaman yang serba individualis.


Pernah gak denger kata "lu…lu… gue…gue", "derita loe", "emang gue pikirin", "bodo amat!"


Kata-kata diatas mungkin sering kita dengar dan sering kita pakai sebagai bahasa gaul saat kita bercakap-cakap dengan orang lain. Mungkin terdengar keren tapi sebenarnya kata-kata tersebut memiliki konotasi negatif. Semua orang sibuk dengan urusannya dan tujuannya masing-masing, terkadang sebagian orang bahkan mungkin tidak peduli dengan kepentingan orang lain.

Tapi jangan lupa satu pribadi yang mengenal dirimu lebih dari siapapun di dunia ini yaitu Penciptamu Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan menciptakanmu dengan sebuah rencana dan tujuan yang indah. Tuhan sudah merancangkan hal-hal yang indah untuk masa depanmu. Jadi ketika kamu merasa sangat kesulitan dan sendiri, dekatkanlah dirimu pada sang Pencipta Yang Maha Kuasa.

7. Kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa

Tidak ada manusia yang sempurna, kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa. Meskipun seberapa kayanya dirimu, seberapa populernya dirimu, seberapa tingginya jabatanmu dan seberapa cantik atau tampan parasmu, manusia tetap punya keterbatasan. Setiap orang memiliki kesulitannya masing-masing hanya saja mereka menyimpannya dan menyelesaikannya dengan baik.


Hidup ini terlalu singkat untuk menyerah, tidak ada manusia yang sempurna, tapi berusahalah, jalanilah, dan hadapilah dengan baik.


Tetap semangat hadapi hari-harimu dengan percaya diri. Yakinlah bahwa pasti terdapat jalan keluar pada setiap permasalahanmu. Sobat, jadilah seorang teman yang peka terhadap sekitar, tidak perlu melakukan sesuatu yang rumit hanya tersenyumlah pada temanmu dan bilang "semangat, kau pasti bisa" atau bilang "Good job, kau sudah bekerja keras". Hal yang sederhana dapat mengubah banyak hal. Semoga tulisan ini menginspirasi banyak orang dan memberikan semangat baru. Happy New Year 2018!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya