Kita tahu bahwa banyak sekali produk buatan luar negeri yang beredar di Indonesia. Beberapa diantaranya memang merupakan barang yang kita butuhkan dan sulit dipenuhi oleh pengusaha lokal seperti kendaraan, alat elektronik, serta gadget. Tapi ada juga produk luar negeri yang harus bersaing dengan merek lokal untuk menjangkau konsumen, misalnya pakaian, makanan, sepatu, tas, aksesoris, bahkan kosmetik.

Tahukah kamu bahwa masih banyak penduduk Indonesia yang masih gengsi dan enggan menggunakan produk lokal? Sebab itulah banyak sekali barang-barang impor yang dijual di Indonesia dan laris manis.

Misalnya saja kosmetik, banyak orang beranggapan bahwa produk kecantikan buatan luar lebih baik dalam segala hal sehingga kita rela untuk mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk menebusnya. Beragam merk dan bermacam jenis kosmetik ditawarkan mulai dari bedak, pelembab, tabir surya, lipstik, maskara, pensil alis, sampai dengan eyeliner, yang dirasa sangat penting untuk menunjang penampilan kaum perempuan.

Produk kosmetik lokal jangan dipandang sebelah mata karena kita bisa sangat rugi kalau tidak tahu alasan-alasan kenapa kita harus memakai produk kecantikan buatan negeri sendiri.

1. Harga terjangkau

Murah Meriah via http://smeaker.com

Ini dia keunggulan produk lokal dibandingkan dengan produk luar yang pertama, yaitu harga yang terjangkau. Produk lokal bisa dibeli dengan harga yang masuk di akal. Hal itu sangat berbeda dengan kosmetik luar yang lebih mahal karena biaya impor, pajak, pengiriman ke Indonesia dan lain-lain. Produk kosmetik yang asli negeri sendiri memang cenderung lebih murah karena biaya promosi serta pemasaran relatif rendah. Kosmetik Indonesia sendiri rata-rata ditawarkan dengan harga dibawah 100 ribu rupiah. Selain tetap tampil cantik, kamu juga bisa berhemat.

2. Sesuai untuk daerah tropis

Sesuai untuk daerah tropis via https://pixabay.com

Indonesia adalah salah satu negara tropis yang mengalami dua musim yaitu penghujan dan kemarau. Produk kosmetik dari luar biasanya berasal dari negara 4 musim. Negara tropis seperti Indonesia setiap harinya telah akrab dengan cuaca panas dan tingkat penguapan yang tinggi. Kosmetik lokal dibuat dengan memperhatikan aspek ini, sehingga sangat cocok digunakan sepanjang hari.

3. Lebih tahan lama

Advertisement

Lebih tahan lama via https://pixabay.com

Brand kosmetik lokal, juga terus memperhatikan kualitas produk mereka. Untuk menunjang kebutuhan perempuan akan produk kecantikan yang diperlukan di negara tropis, dibuatlah produk kosmetik lokal yang memiliki tesktur ringan, mudah menyerap, bebas kilap, serta diperkaya dengan pelembab seperti vitamin e, minyak esensial dan ekstrak tumbuhan yang akan membuat kosmetik tersebut menempel dan tahan lama di wajah kamu.

4. Minim resiko alergi

Minim resiko alergi via https://pixabay.com

Karena dibuat dan dipasarkan di negeri sendiri, makan kosmetik indonesia sudah memahami bentuk dan kondisi wajah serta keunikan kulit wanita di Indonesia. Para produsen sudah paham akan karakterisitik kulit dan kondisi di Indonesia. Pengetahuan itulah yang menjadi bekal untuk menciptakan produk kecantikan yang sesuai standar dan minim resiko alergi.

5. Halal

Dengan mayoritas penduduk beragama muslim, produk kecantikan di Indonesia saat ini berlomba-lomba untuk mempertimbangkan kosmetik dengan label halal. Selain lebih melindungi konsumen, label halal juga membuat wanita lebih tenang dan merasa aman dalam berdandan, karena kualitas bahan-bahan kosmetik bermutu.

6. Cinta Indonesia

Cinta Indonesia via https://pixabay.com

Ini alasan yang paling dasar, sebenarnya ketika kamu mulai memakai produk apapun buatan negeri sendiri semisal kosmetik. Disadari atau tidak, hal itu merupakan bentuk rasa cintamu pada tanah air. Kamu wajib tahu bahwa mayoritas pekerja di perusahaan kosmetik lokal merupakan warga Indonesia. Yuk bantu roda ekonomi Indonesia terus berputar.