Hubungan Ambigu Teman Rasa Pacar, 6 Hal yang Tidak Menyenangkan Jika Kamu Terjebak dalam Situationship

Situationship adalah istilah yang menggambarkan hubungan dua orang yang tidak saling terikat namun mereka saling memberi perlakuan mesra satu sama lain. Situationship semacam hubungan ambigu yang tidak memiliki batasan antara pertemanan dan pacaran, karena meskipun tidak ada deklarasi ‘jadian’ namun diantara mereka terdapat hubungan romantis sebagaimana pasangan pada umumnya . Meskipun terdengar menyenangkan, namun hubungan semacam ini tidak sehat loh!  Berikut ini hal nggak enak kalau kamu terjebak dalam hubungan situationship.

1. Situationship dapat mengarah ke hubungan perselingkuhan

situationship berujung selingkuh

situationship berujung selingkuh via https://pixabay.com

Jika membaca dari definisinya, situationship tidak memiliki perbedaan mencolok dengan teman tapi mesra atau friends with benefit. Akan tetapi TTM memiliki komitmen untuk ada satu sama lain dimana mereka tidak sedang memiliki pasangan sedangkan situationship dapat terjalin meskipun salah satu dari mereka atau keduanya telah memiiki pasangan. Selain itu, Situationship tidak memiliki komitmen dan batasan yang jelas sehingga hubungan ini bisa menjurus ke arah perselingkuhan.

2. Dia bisa pergi dari kamu kapan saja

termenung

termenung via https://pixabay.com

Masalah lain dari situationship adalah dia belum tentu bisa konsisten dalam hubungan tersebut, bisa jadi di tengah jalan dia berubah pikiran dan mengakhiri hubungan ini begitu saja dengan alasan “kita kan nggak pacaran”. Dalam keadaan itu kamu juga tidak bisa menyangkalnya karena memang diantara kalian tidak terikat hubungan apa-apa.

3. Mengakhiri Situationship bukan hal yang mudah

saling terikat

saling terikat via https://pixabay.com

Situationship berawal dari teman biasa, kemudian teman curhat dan lama kelamaan tanpa kamu sadari, kamu sudah terjerat dalam hubungan rumit ini. Kamu akan terbiasa bergantung padanya dan semakin kamu merasa terikat, semakin dia menciptakan jarak. Ketika kamu sudah tidak nyaman dan ingin pergi, dia malah kembali dan melakukan sesuatu yang bikin kamu nggak jadi pergi.

Jadi harus ada keberanian dari diri kamu sendiri untuk keluar dari hubungan Situationship ini. Siap untuk kehilangan dia dan siap untuk menerima keadaan.

4. Situationship adalah hubungan yang abu-abu

hubungan abu-abu

hubungan abu-abu via https://pixabay.com

Selain membingungkan, Situationship juga tidak memiliki kejelasan akan dibawa kemana hubungan ini selanjutnya. Siapapun pasti ingin tahu dianggap apa dia dalam hidup seseorang, jika perannya tidak didefinisikan dengan jelas, tentu itu sangat menyakitkan.

Mungkin ada beberapa orang yang menjalani Situationship berakhir dengan pacaran, namun banyak pula yang terjebak dalam hubungan ini dan hanya membuang waktu dengan orang yang salah.

5. situationship bisa membawa kamu kedalam hubungan yang toxic

terbawa perasaan

terbawa perasaan via https://pixabay.com

Situationship bisa jadi berantakan ketika keduanya memiliki ekspektasi yang berbeda, kamu tentu menginginkan hubungan yang lebih dari ini, tapi bagaimana jika dia tidak sependapat? Seseorang mungkin lebih nyaman dengan hubungan seperti ini daripada hubungan resmi, namun alasan lainnya bisa jadi dia sedang mendekati orang lain namun belum mau melepaskanmu. Perihnya double!

6. Saat berpisah kamu gabisa bilang kalau itu putus

kehilangan

kehilangan via https://pixabay.com

Meskipun memang dari awal nggak ada deklarasi 'jadian', akan tetapi perpisahan setelah hubungan situationship rasanya akan lebih menyakitkan daripada putus. Karena sama seperti mantan pacar,  partner situationship juga pasti meninggalkan bekas di hati kamu. Kamu juga mungkin akan mengalami fase nggak bisa move on dan patah hati setelahnya, apalagi kalau hubungan kamu sudah berlangsung lama dan orang-orang sudah mengira kalian pacaran.

Jadi itu dia beberapa hal yang nggak enak kalau kamu terjebak dalam hubungan situationship, hubungan yang baik adalah hubungan yang memiliki kepastian. Kalau kamu merasa digantung oleh kondisi situationship, kamu masih memiliki pilihan untuk melanjutkan atau mengakhiri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Anak tengah yang bentar lagi lulus SMA,