Lay-out penataan kamar tidur sangat penting karena berpengaruh besar terhadap tingkat kenyamanan tidur. Kamar tidur yang luas tidak akan terasa nyaman jika desain lay-out tidak sesuai. Sebaliknya, kamar tidur berukuran kecil dapat terasa lebih nyaman karena desain lay-out yang tepat. Lantas bagaimana mendesain lay-out kamar tidur yang tepat agar suasana kamar lebih nyaman? Arsitag akan memberikan jawaban beberapa ide desain kamar tidur super nyaman agar tidur pun lebih nyenyak.

1. Desain kamar tidur dengan tempat tidur di tengah ruangan

Posisi tempat tidur di tengah kamar dalam proyek Silviana Lowis, karya: Revano Satria

Posisi tempat tidur di tengah kamar dalam proyek Silviana Lowis, karya: Revano Satria via https://www.arsitag.com

Advertisement

Ranjang merupakan furnitur utama di kamar tidur. Karena itulah, posisi penempatan ranjang akan sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan. Ketika menentukan letak tempat tidur, aturlah agar bagian kepala tempat tidur menempel di dinding. Pastikan juga ranjang menghadap ke arah pintu masuk kamar. Kamu bisa meletakkan meja kerja atau kursi santai di sisi kosong sebelah kanan dan kiri tempat tidur.

Dengan kata lain, ranjang berada tepat di tengah-tengah ruangan. Dengan posisi ini, kamu lebih leluasa naik ke ranjang dari sisi kanan maupun sisi kiri. Selain itu, kegiatan bersih-bersih dan mengganti seprai pun lebih mudah dilakukan.

2. Area bersantai dalam kamar

Sofa untuk bersantai di sisi kamar dalam proyek PRV A131, karya: Erwin Kusuma

Sofa untuk bersantai di sisi kamar dalam proyek PRV A131, karya: Erwin Kusuma via https://www.arsitag.com

Sebagian orang suka menghabiskan waktu di dalam kamar. Di antaranya untuk sekadar mengobrol dengan pasangan, membaca, atau bahkan bekerja. Jika kamu termasuk tipe seperti ini, sebaiknya tambahkan sebuah meja dan sepasang kursi untuk bersantai.

Advertisement

Kamu bisa meletakkannya di ujung ranjang atau di salah satu sudut kamar. Pilihan lainnya, tempatkan sebuah sofa untuk selonjoran. Sofa ini bisa kamu pakai untuk bersantai dan berlama-lama di kamar jika tidak ingin ketiduran di kasur.

3. Bangku di ujung tempat tidur

Bangku di ujung tempat tidur dalam proyek Whitsand, karya: Cipta Desain Arsitektur Mandiri

Bangku di ujung tempat tidur dalam proyek Whitsand, karya: Cipta Desain Arsitektur Mandiri via https://www.arsitag.com

Setiap orang tentu saja bisa duduk di tepi ranjang. Namun, keberadaan tempat duduk tambahan tidak pernah mubazir di dalam kamar tidur. Untuk kamar tidur yang tak terlalu luas, kamu bisa menaruh bangku di ujung ranjang. Pilihlah bangku multifungsi yang tidak sekadar untuk duduk saja, tetapi memiliki ruang penyimpanan tambahan. Sebaiknya pilih bangku dengan ukuran 2/3 dari lebar ranjang agar desain kamar tidur terlihat proporsional.

4. Sofa di ujung tempat tidur

Sofa di ujung tempat tidur pada proyek Magnolia at Alam Sutera, karya: Kreasi Wirawan Mandiri

Sofa di ujung tempat tidur pada proyek Magnolia at Alam Sutera, karya: Kreasi Wirawan Mandiri via https://www.arsitag.com

Bagi kamu yang memiliki kamar tidur yang lebih luas, sebuah sofa bisa diletakkan di ujung ranjang sebagai pengganti bangku. Selain lebih nyaman, sofa bisa menjadi tempat untuk meletakkan padu padan busana yang hendak dikenakan. Atau untuk sekadar berbaring melepas lelah sejenak jika belum ingin tidur. Keberadaan sofa dapat mengubah suasana kamar menjadi lebih nyaman dan mengalihkan perhatian dari ranjang.

5. Meja dan kursi di ujung tempat tidur

Meja dan kursi di ujung tempat tidur

Meja dan kursi di ujung tempat tidur via https://www.hgtv.com

Kamar tidur yang luas memang memberi banyak keuntungan. Jika ingin membuat kamar tidur yang luas terlihat mewah, maka cobalah untuk menambahkan satu set meja dan kursi. kamu bisa memilih sebuah meja dan dua buah kursi ataupun sebuah meja dan empat buah kursi.

Pasang pula sebuah karpet yang cukup lebar di bawah meja dan kursi tersebut. Kamar tidur kamu bakal tambah nyaman dan lebih istimewa untuk bercengkrama di dalam kamar.

6. Desain kamar tidur dengan dua ranjang

Kamar tidur dua ranjang single

Kamar tidur dua ranjang single via https://photos.hgtv.com

Kamar tidur untuk tamu biasanya menggunakan sebuah ranjang berukuran besar atau model ranjang susun agar bisa menampung lebih banyak orang. Akan tetapi, model ranjang susun lebih cocok digunakan untuk anak-anak.

Untuk orang dewasa, dua ranjang kecil atau twin bed dirasakan jauh lebih nyaman. Tempatkan sebuah meja di antara kedua ranjang yang berfungsi sebagai pembatas dan bisa diakses dari dua sisi ranjang.

7. Lay-out kamar tidur sempit dengan sofa

Sofa di bawah tempat tidur

Sofa di bawah tempat tidur via https://photos.hgtv.com

Keberadaan area bersantai dipercaya membantu menciptakan suasana kamar tidur menjadi lebih nyaman. Namun, bagaimana jika ukuran kamar tidur terlalu kecil?

Siasati kamar mungil dengan memilih tempat tidur berkaki tinggi atau model loft. Lalu letakkan sofa panjang di bawah tempat tidur. Kamar kamu jadi bisa menampung lebih banyak orang tanpa mengesampingkan unsur kenyamanan. Cocok nih, buat kamu yang suka mengundang teman main ke rumah.

8. Kamar tidur dengan empat ranjang

Empat ranjang susun yang rapi dan nyaman

Empat ranjang susun yang rapi dan nyaman via http://www.burnhamdesign.com

Jumlah anggota keluarga yang cukup banyak tentu membutuhkan desain kamar tidur yang efisien. Penggunaan ranjang susun menjadi solusi yang tepat, khususnya untuk kamar tidur anak-anak. Pada inspirasi ini, empat ranjang susun terlihat rapi dan nyaman. Dua ranjang yang berada di bawah dilengkapi dengan laci penyimpanan. Sementara dua ranjang yang di atas diletakkan dengan posisi melintang menyesuaikan lebar ruang yang tersisa. Terbukti selalu ada solusi di tengah keterbatasan ruang.  

Nah, dari ide-ide desain lay-out kamar tidur super nyaman ini, desain manakah yang ingin kamu adopsi? Tentu saja kamu bisa mencontek desain yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan kamar tidur kamu. Jangan takut pula untuk mencoba berbagai ide baru. Selamat bereksperimen!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya