Saat ini sosial media telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Contohnya instagram. Bagi pebisnis online, instagram dapat menjadi lahan pekerjaan yang menguntungkan dengan konten yang menarik tentunya. Beberapa konten yang dapat anda posting di antaranya adalah story, text, dan video. Sadar atau tidak, instagram merupakan ladang basah yang cukup potensial untuk anda gunakan sebagai media promosi. Dalam sebulan terhitung ada 700 juta pengguna instagram dengan pengguna instagram aktif sekitar 400 juta orang. Agar anda mendapat banyak pengikut, tentunya anda perlu menambahkan konten instagram yang menarik di dalamnya. Lalu, bagaimana caranya untuk dapat membuat konten yang menarik tersebut? Mari kita lihat beberapa cara di bawah ini untuk membuat konten yang dapat menarik pengikut di instagram.

1. Kenali dulu audience atau target anda

Photo by Josh Sorenson from Pexels

Photo by Josh Sorenson from Pexels via https://www.pexels.com

Jika anda seorang pebisnis tentu saja anda akan menggunakan instagram untuk menjual barang-barang anda atau yang sering disebut sekarang bisnis online. Anda juga sudah tau siapa target pasar yang anda tuju. Maka konten instagram yang akan anda buat harus menyesuaikan dengan target pasar anda. Anda juga akan membuat mereka merasa tertarik dan membutuhkan anda selalu.

2. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengidentifikasi brand

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Setelah mengetahui siapa saja pelanggan anda, anda akan mudah menyesuaikan barang dengan kriteria apa yang harus anda jual. Untuk itu, anda perlu menguasai brand apa saja yang menarik, berkualitas, dan sedang tren untuk dijual. Konten yang berisi text akan menunjukkan identitas dari sebuah brand. Isi text tersebut akan membuat orang tau apa yang anda jual. Isi text juga dapat berupa sesuatu yang menghibur pengguna dan mengajak mereka untuk bertindak.

3. Buatlah caption terbaik dan semenarik mungkin

Photo by Dominika Roseclay from Pexels

Photo by Dominika Roseclay from Pexels via https://www.pexels.com

Untuk menghasilkan konten instagram yang menarik, anda harus menuliskan caption di setiap foto yang anda posting. Namun caption yang panjang terkadang membuat pelanggan merasa terganggu. Agar lebih efektif, anda dapat menetapkan jadwalnya. Misalnya, kapan anda akan memposting tentang informasi yang berkaitan dengan produk, tentang detail produk, dan tentang promo yang sedang anda buat.

4. Buat pertanyaan untuk pengikut

Buat pertanyaan

Buat pertanyaan via https://www.pexels.com

Mengajukan pertanyaan kepada pengikut dengan berinteraksi dan melibatkan mereka. Anda dapat menuliskan pertanyaan tersebut di story, di caption atau pun dengan live di instagram. Ajak mereka untuk memberi komentar dan memberi tag temannya. Meskipun pertanyaan tersebut hanya membutuhkan jawaban ‘Ya’ atau ‘Tidak’. Sesekali anda juga dapat mengadakan give away yang membuat pengikut anda lebih bersemangat. Anda juga dapat menambahkan emoji yang sesuai dengan tema dan tidak mengganggu.

5. Atur jadwal untuk memosting

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Ini sebenarnya sangat penting, namun tidak banyak orang yang menyadarinya bahwa seberapa lama durasi post akan sangat menentukan bagus atau tidaknya akun instagram bisnis anda. Cari waktu yang ideal untuk posting, jangan sampai terlalu berlebihan dan jangan terlalu lama juga.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya