<>1. Negeri Paman Sam selalu jadi negara pertama yang paling banyak dipilih

Amerika Serikat memang paling TOP! Negara ini selalu unggul dibandingkan negara lainnya, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Setiap tahunnya, banyak mahasiswa dari Indonesia yang mendaftar beasiswa ke Amerika Serikat. Banyak pilihan beasiswa yang ditawarkan dari negara Presiden Obama ini, salah satu yang paling terkenal adalah Beasiswa Fullbright yang selalu dibuka setiap tahunnya. Di Indonesia, beasiswa ini dikelola oleh AMINEF. Beasiswa ini ditawarkan ke 155 negara dengan jumlah alokasi per tahun mencapai 7000-8000 beasiswa. Pilihan universitas yang ditawarkan juga beragam, gak hanya Harvard aja. Tapi universitas-universitas tenar seperti kelompok universitas anggota Ivy League juga bisa dipilih kalau kamu pakai beasiswa Fulbright. Buat kamu yang bercita-cita ingin melanjutkan studi sembari mengenal Amerika Serikat lebih dalam, beasiswa ini bisa kamu jadikan pilihan. Karena beasiswa ini dibiayai penuh, loh! Jadi ya... enak banget banget banget!

<>2. Negara-negara di Britania Raya juga nggak kalah tenar, loh!

Inggris juga tak kalah pamor dari USA. Setiap tahunnya, cukup banyak mahasiswa Indonesia yang melamar beasiswa Inggris. Chevening, adalah salah satu beasiswa paling populer di Inggris. Sama halnya seperti Fullbright, beasiswa Chevening juga full funding alias dibiayai penuh. Namun, kuota beasiswa ini cukup sedikit. Di Indonesia, beasiswa Chevening hanya akan memilih 30-50 penerima beasiswa per tahunnya. Jadi, kamu yang ingin melanjutkan studi ke universitas-universitas di Inggris, persainganmu akan lebih ketat. Makanya persiapkan mulai sekarang, ya?

<>3. Teknologi Jerman memang mampu membuat mahasiswa-mahasiswa Indonesia tertarik untuk datang

Negara ini memang cukup bersahabat dengan Indonesia apalagi dalam hal pendidikan. Sejak mantan presiden kita, Pak Habibie mengenyam pendidikan di negara tersebut, banyak pula pelajar Indonesia yang mengikuti jejak beliau. Hal tersebut dikarenakan kemajuan IPTEK Jerman yang sudah diakui. Kalau kamu ingin melanjutkan kuliah dalam bidang teknik, Jerman adalah pilihan paling cocok buatmu. Salah satu jenis beasiswa yang dapat kamu apply untuk bisa kuliah di Jerman adalah beasiswa DAAD yang diberikan ke negara-negara kawasan Asia, Afrika, Eropa Timur, dan Amerika Latin. Beasiswa DAAD meliputi biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan tunjangan lainnya. 

<>4. Paris nan romantis! Tak ada salahnya kamu menghabiskan masa studi di sana

Masih di negara kawasan Eropa, nih! Prancis adalah salah satu destinasi favorit para pemburu beasiswa, khususnya kawasan Eropa. Budaya, makanan, hingga pesona Eiffel mampu menghipnotis palajar-pelajar dari berbagai belahan dunia untuk menghabiskan studi di negara ini. Kalau kamu ingin kuliah di Prancis, kamu bisa apply salah satu beasiswa Eropa yang terkenal yaitu Erasmus Mundus. Beasiswa ini dikelola oleh 27 negara di Eropa, makanya dananya besar banget. Tenang aja, beasiswa tersebut tidak hanya mencakup kawasan Prancis kok. Tapi juga negara-negara Eropa lainnya termasuk UK dan Jerman.

<>5. Belajar di Negeri Kincir Angin pasti nyaman, karena ini bukan hanya Wonderland tapi Netherland!

Belanda, si Negeri Kincir Angin. Cukup banyak pelajar Indonesia yang meneruskan studi di negara tersebut. Dengan beasiswa NFP (Netherland Fellowship Programme), kamu bisa mewujudkan mimpi untuk kuliah di Netherland! Ada 62 negara yang mendapat tawaran beasiswa ini tiap tahunnya. Beasiswa NFP ini juga full funding, loh!

Kalau kamu gak pake beasiswa NFP juga bisa, kok. Karena masih ada beasiswa Erasmus Mundus yang bisa menghantarkanmu ke negara Belanda. Jadi, lupakan deh masa lalu bahwa Indonesia pernah dijajah Belanda! Karena kini giliranmu, anak muda Indonesia, untuk berprestasi dan 'mencuri' ilmu di sana! Veel succes!

<>6. Negeri Kanguru yang sampai sekarang banyak disambangi pelajar Indonesia

Berapa banyak pelajar Indonesia yang melanjutkan studi ke Australia? Banyak banget! Letaknya yang dekat dengan Indonesia dan kualitas pendidikan yang bagus menjadikan Australia banyak diminati para pelajar Indonesia. Kamu bisa menggunakan beasiswa AAS (Australia Awards Scholarship) untuk bisa menempuh studi di sana. Dan kabar gembiranya, Indonesia adalah prioritas utama dari beasiswa AAS ini! Makanya, jangan sia-siakan kesempatanmu ya? Negeri Kanguru sedang menunggumu, tuh!

<>7. Finlandia dengan segala keindahan dan kemajuan pendidikannya pantas kamu prioritaskan!

Eropa memang surganya pendidikan. Tak hanya UK, Jerman, dan Prancis, tapi Finlandia juga menjadi negara unggulan, loh! Jika kamu mencari pendidikan terbaik dunia, Finlandia adalah jawabannya. Sistem pendidikan di Finlandia yang fleksibel menjadikan anak-anak di Finlandia menjadi sangat pintar. Tak heran jika banyak pelajar dunia yang ingin sepintar orang-orang Finlandia. Sayangnya, hanya sedikit pelajar Indonesia yang melanjutkan studi ke negara bersistem pendidikan terbaik nomer 1 sedunia ini. Mungkin karena biaya kehidupan di Finlandia yang terbilang sangat mahal. Padahal banyak loh beasiswa yang bisa kamu apply dan bersedia membiayaimu untuk studi di sana, Erasmus Mundus misalnya. Buat kamu yang ingin melanjutkan studi ke Finlandia, bisa coba cek website http://www.studyinfinland.fi.

<>8. Budaya Negeri Sakura yang mampu membuat pelajar-pelajar dunia jatuh cinta

Negeri Matahari Terbit atau Negeri Sakura, Jepang, juga tak mau ketinggalan menawarkan beasiswa bagi para pelajar dunia, khususnya Indonesia. Dengan Beasiswa Monbukagakusho, kamu bisa mewujudkan impian untuk tinggal di negara dengan budaya dan view yang indah tersebut. Setiap tahun beasiswa pemerintah Jepang ini ditawarkan melalui masing-masing kedutaan atau berdasarkan rekomendasi universitas di Jepang semisal pertukaran mahasiswa. Beasiswa ini menawarkan tujuh jenis beasiswa setiap tahunnya. Lima diantaranya adalah research students, teacher training students, undergraduate university students, Japanese studies students, dan College of technology students. Jangan khawatir jika kamu tidak bisa apply ke beasiswa ini. Karena untuk studi di Jepang, sangat banyak beasiswa yang ditawarkan. Asal kamu rajin mencari jenis-jenis beasiswa itu, ya? Belajarlah mandiri dan berjuang sejak sekarang!

<>9. Nggak hanya ekonominya, si Macan Asia ini juga terkenal karena pendidikannya

Kondisi geografis dan perekonomian yang maju menjadikan Singapura banyak dikunjungi. Tapi jangan salah! Sistem pendidikan di Singapura terbilang maju dan teknologinya juga dijamin keren. Kamu bisa apply beasiswa SINGA atau juga ASEAN scholarship for Indonesia by Ministry of Education, Singapore. Nggak hanya dua beasiswa itu aja. Masih banyak beasiswa dari negara Macan Asia ini yang bisa kamu ambil.

<>10. Jangan hanya melihat Korea Selatan dari Drama atau K-Pop-nya! Tapi lihatlah juga kualitas pendidikannya!
Korea Selatan

Korea Selatan via http://en.wikipedia.org

Ternyata bukan hanya ada Siwon, Suju, SNSD, ataupun mbak dan mas cakep di drama korea. Korea selatan juga punya pendidikan yang bagus, loh! Kamu yang tergila-gila banget ingin ke Korea, bisa apply beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program), K'Arts untukmu yang ingin melanjutkan studi dengan jurusan seni dan desain, atau beasiswa UNIST khusus untuk teknik dan science. Nah, udah kepikiran buat milih jenis beasiswa Korea yang mana? Ayo yang pengen ke sana, buruan dipersiapkan! Siapa tahu, pas kamu asyik belajar di kampus ternama Korea, eh ketemu artis Korea!

Nah, itu tadi beberapa negara beserta jenis beasiswa yang bisa di-apply. Negara-negara tersebut adalah negara yang paling banyak dijadikan tujuan kuliah pelajar dunia, khususnya Indonesia. Jadi, buat kamu yang ingin kuliah di luar negeri tapi nggak ada biaya, gak usah kecewa. Karena banyak banget kok beasiswa luar negeri. Intinya, kamu harus rajin mencari dan jadilah mandiri. Karena beasiswa itu 11:12 sama jodoh, gak akan datang sendiri kalau kamunya gak berusaha mencari dan berdo'a buat dapet. 

So... tetap semangat, ya, buat kalian para scholar hunters! Dunia ini sangat luas, jadi mulailah menjelajah dan 'curi' ilmu dari negara lain yang lebih maju dari Indonesia! Bawa segudang pengalaman dan kualitas terbaik dari negara-negara itu untuk Indonesia!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya