Di era digital seperti saat ini, teknologi tidak lagi berevolusi dalam hitungan tahun namun dalam hitungan jam dan manusia lebih senang membaca berita melalui media sosial mereka dibandingkan portal-portal berita lainnya. Video sendiri merupakan tipe konten yang bersifat paling menarik untuk pengguna media sosial. Atas dasar tersebut, video marketing merupakan salah satu taktik pemasaran yang paling berguna bagi bisnis atau UKM untuk menarik perhatian calon konsumen mereka. Banyak UKM memilih untuk melaksanakan video marketing di media sosial ketimbang memasarkan produk mereka melalui iklan di TV yang terbilang cukup mahal, dan Instagram merupakan platform yang tepat bagi taktik video marketing untuk dilaksanakan.

ALASANNYA?

Karena Instagram adalah platfom yang dibuat untuk digunakan secara mobile dan berdasarkan artikel dari Forbes, lebih dari setengah pengguna Internet sekarang menggunakan smartphone atau mobile device lainnya untuk mengakses Internet. UI yang sederhana dari Instagram serta pendekatannya yang lebih fokus pada visual dibandingkan teks membuat pengguna mereka lebih fokus terhadap gambar atau video di feed (lini masa/timeline) mereka dibandingkan caption yang ada.

Selain itu, dengan tambahan Stories ke daftar fitur-fitur Instagram lainnya dan fakta bahwa pengguna Instagram dapat mengunggah video mereka yang berdurasi maksimal 60 detik, Instagram adalah tempat yang ideal bagi pemilik UKM untuk memulai kampanye video marketing mereka.

Berikut adalah 5 tips untuk melakukan video marketing di Instagram.

1. Pastikan Kualitas Video Anda Sebaik Mungkin

tips 1 video marketing via http://ombaq.com

Karena tidak ada yang lebih menyebalkan dari menonton video yang terlalu shaky atau audionya tidak terdengar jelas. Gunakan peralatan terbaik anda serta usaha maksimal dalam pembuatan video. Apabila ruangan tempat anda mengambil gambar dirasa terlalu berisik, gunakan microphone atau rekam audio anda dengan alat berbeda seperti smartphone anda sendiri.

Advertisement

Pastikan video anda tidak terlalu “goyang” alias shaky dengan bantuan tripod atau penyangga lainnya. Apabila anda harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain di video anda, maka bergeraklah sehalus mungkin agar video anda tetap nyaman untuk ditonton oleh konsumen anda.

2. Tahu Kapan Harus Menggunakan Video

tips 2 video marketing via http://ombaq.com

Tidak semua hal harus anda tangkap dalam bentuk video, namun beberapa hal memang sebaiknya ditunjukkan dalam bentuk video. Tutorial atau demo produk ada baiknya ditunjukkan dalam bentuk video. Anda juga dapat menggunakan taktik video marketing untuk memperkenalkan anggota tim anda sehingga konsumen anda dapat merasa lebih dekat dengan bisnis anda.

3. Manfaatkan Fitur Instagram Stories Sebaik Mungkin

tips 3 video marketing via http://ombaq.com

Live streaming adalah salah satu cara termudah untuk berkoneksi langsung dengan konsumen anda. Konsep live streaming yang bersifat realtime akan membuat konsumen anda merasa lebih dekat dengan bisnis anda. Instagram Stories merupakan teknik termudah dan termurah untuk melakukan live streaming. Ada baiknya, sebelum ada melakukan live streaming, anda umumkan terlebih dahulu kepada konsumen anda bahwa anda akan melakukan live streaming pada waktu yang bersangkutan.

4. Beri Orang Alasan Untuk Mengikuti Akun Anda

tips 4 video marketing via http://ombaq.com

Advertisement

Berikan reward kepada pengikut akun Instagram anda melalui kontes, giveaway, atau diskon bersyarat. Anda juga dapat mengadakan kontes agar konsumen anda dapat berpartisipasi serta membuat mereka lebih merasa terkoneksi dengan brand anda. Berikan sneak peek untuk produk atau layanan yang akan ada berikan di masa depan melalui akun Instagram anda.

5. Berceritalah Melalui Video Anda

tips 5 video marketing via http://ombaq.com

Video di Instagram cenderung bersifat spontan, namun dengan memberikan waktu ekstra untuk memikirkan apa yang akan anda tampilkan di video ada, video anda akan terlihat lebih menarik dibandingkan video-video lain yang ada di Instagram. Jangan lupa untuk menggunakan thumbnail yang menarik agar orang tertarik untuk menonton video anda.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya