Salah satu penarik orang-orang untuk mengunjungi pulau Sumatera adalah salah satu kota terbesar di Indonesia yang berada di bagian paling barat Indonesia yaitu Medan. Tak bisa dipungkiri, Medan adalah salah satu tempat yang favorit untuk berekreasi dengan keluarga, teman, kekasih tercinta, dan selingkuhan.

1. Tjong A Fie

http://news.liputan6.com/read/508472/jejak-tjong-a-fie-si-dermawan-di-kota-medan via http://news.liputan6.com

Jangan ngaku pernah ke Medan kalau belum pernah ke sini. Tjong A Fie merupakan sejarah penting di kota Medan. Tjong A Fie adalah seorang bankir dari Meixian, Guangdong, Tiongkok, China. Ia merantau ke Medan pada tahun 1875 dan membangun bisnis perkebunan besar, yakni pabrik kelapa sawit, pabrik gula, perusahaan kereta api, dan memiliki lebih dari 10.000 karyawan.

Bangunan ini berisi perabotan-perabotan kuno yang bersejarah milik Tjong A Fie. Bagi kamu yang suka melihat barang antik, tempat ini cocok untuk kamu yang penasaran sama barang-barang antik.

2. Istana Maimun

https://www.triptrus.com/destination/56/istana-maimun via https://www.triptrus.com

Advertisement

Istana Maimun terlerak di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Sebagai ikon kota Medan, bangunan berupa istana yang megah ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dikenal juga sebagai Istana Putri Hijau, Istana Maimun merupakan lambang kebesaran Kerajaan Deli. Sejak tahun 1946. istana ini sering digunakan untuk berbagai pertunjukan tradisional melayu.

Meskipun bangunan ini tua, namun interiornya yang indah dijamin bakal memanjakan mata yang mengunjunginya. Tempat ini pas bagi kamu pengagum bangunan dengan arsitektur yang megah dan unik.

3. Taman Alam Lumbini

http://tekooo.com/taman-alam-lumbini/ via http://tekooo.com

Gak perlu jauh-jauh ke Thailand buat liat Pagoda, di Medan pun ada. Pagoda yang terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo ini adalah replika dari Pagoda Shwedagon. Ets, bukan replika Pagoda dari Thailand, tapi rupanya Pagoda ini replika dari Pagoda yang ada di Myanmar. Dibuka sejak tahun 2010, tempat wisata yang unik ini merupakan destinasi yang harus kamu kunjungi. Nuansa Taman Alam Lumbini dijamin bakal membuat kamu berasa lagi di luar negeri.

4. Sipiso-piso

https://indonesia.tripcanvas.co/hiking-trails/ via https://indonesia.tripcanvas.co

Advertisement

Bagi kamu yang suka pemandangan yang bernuansa alam, air terjun Sipiso-piso merupakan tempat yang cocok buat kamu. Air terjun ini berada di kawasan wisata alam yang terletak tidak jauh dari permukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Dengan view air terjun setinggi 800 meter di atas permukaan laut yang indah, kamu pasti bakal ketagihan buat foto-foto di sini.

5. Berastagi

http://ikarsatours.com/product/medan-berastagi-samosir-tour/ via http://ikarsatours.com

Nah, kalau yang satu ini terkenal dan gak kalah keren sama wisata Puncak di Bogor. Kalau ke sini, kamu harus siap-siap baju yang tebal, karena suhu yang dingin. Berastagi terletak 70 km dari Kota Medan dan ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Medan. Di sinilah kamu bisa menemukan Taman Alam Lumbini. Selain berwisata alam, kamu juga bisa berbelanja barang-barang cinderamata yang bagus untuk kamu bawa pulang.

Nah, itu dia 5 destinasi wisata yang harus kamu kunjungi ketika berada di Medan, Sumatera Utara. Kamu pasti bakal puas setelah mengunjungi tempat-tempat keren ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya