Nggak Perlu Sedih, Ini 7 Hikmah yang Hanya Dirasakan Orang yang Jomlo Sejak Lahir!

Manfaat jadi jomlo sejak lahir

Semakin beranjak dewasa, memiliki pacar seolah sudah menjadi suatu keharusan tak tertulis dalam kehidupan sosial. Baik di lingkungan keluarga maupun pertemanan, biasanya pembicaraan mengenai pacar akan terus dibahas tiap kali ada kesempatan.

Di sisi lain, topik ini nyatanya juga bisa jadi topik yang sensitif terlebih buat mereka yang enggak pernah pacaran alias jomlo sejak lahir. Apalagi, enggak jarang status kejomloan mereka itu dijadikan bahan olok-olok yang membuat orang tersebut merasa sedih, bahkan insecure karena belum pernah memiliki pacar hingga dewasa. 

Tapi eits…, tunggu dulu! Apa iya jadi jomlo sejak lahir memang se-menyedihkan itu? Ternyata ada banyak lho hikmah yang hanya dirasakan jomlo sejak lahir. Penasaran, kan? Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut!

Advertisement

1. Mandiri dan enggak bergantung sama orang lain

Ilustrasi perempuan sedang berbelanja by Andrea Piacquadio

Ilustrasi perempuan sedang berbelanja by Andrea Piacquadio via https://www.pexels.com

Orang yang enggak pernah pacaran biasanya jauh lebih mandiri dibanding mereka yang punya pacar. Hal ini enggak mengherankan karena mereka yang jomlo sejak lahir terbiasa mengandalkan dirinya sendiri tanpa meminta bantuan ke pasangan. Kalaupun mereka membutuhkan bantuan, mereka dapat mengandalkan beberapa orang teman sehingga mereka enggak akan bergantung pada satu orang tertentu.

2. Bebas berteman dan bermain dengan siapa saja

Ilustrasi pertemanan by Felix Rostig

Ilustrasi pertemanan by Felix Rostig via https://unsplash.com

Punya banyak teman sesama jenis ataupun lawan jenis, orang yang jomlo sejak lahir enggak pernah ambil pusing. Mereka enggak perlu membatasi lingkaran pertemanan karena enggak ada sosok pacar yang dikhawatirkan akan cemburu. Otomatis, mereka jauh lebih bebas dan bisa bermain dengan siapa saja.

Advertisement

Selain itu, mereka yang enggak pernah pacaran juga enggak perlu merasa canggung atau menghindari situasi tertentu saat reuni karena mereka enggak pernah menjalin hubungan spesial dengan siapapun di masa lalu. Asyik, kan?

3. Punya banyak waktu explore diri

Ilustrasi perempuan sedang memasak by Andrea Piacquadio

Ilustrasi perempuan sedang memasak by Andrea Piacquadio via https://www.pexels.com

Karena enggak punya pacar yang ngajak jalan setiap saat, alhasil mereka yang jomlo sejak lahir punya lebih banyak waktu luang dibanding mereka yang pacaran. Mereka jadi bisa memanfaatkan waktunya untuk fokus pada diri sendiri dan meng-explore diri lebih jauh. Dengan fokus pada diri sendiri ini jugalah biasanya mereka tetap bisa enjoy menjalani hari meskipun enggak punya pacar.

4. Hidupnya lebih minim drama

Advertisement
Ilustrasi perempuan bebas dan bahagia by Fernando Brasil

Ilustrasi perempuan bebas dan bahagia by Fernando Brasil via https://unsplash.com

Selama kita hidup, masalah akan selalu berdatangan silih berganti baik masalah keluarga, pertemanan, percintaan, sekolah, organisasi, dan lain-lain. Bahkan enggak jarang juga permasalahan-permasalahan itu datang pada waktu yang bersamaan.

Nah, keuntungan buat mereka yang enggak pernah pacaran adalah mereka enggak mengalami drama percintaan seperti putus cinta, diselingkuhi, terjebak toxic-relationship, diganggu mantan, atau drama semacamnya yang bikin hidup tambah pusing. Jadi, drama kehidupan mereka pun cenderung lebih sedikit dibanding mereka yang punya pacar.

5. Enggak buang-buang waktu dengan orang yang salah

Ilustrasi perempuan dengan tangan berbentuk hati by Hassan OUAJBIR

Ilustrasi perempuan dengan tangan berbentuk hati by Hassan OUAJBIR via https://www.pexels.com

Enggak sedikit orang yang pada akhirnya menyesal karena telah melewatkan momen-momen seru dengan teman maupun keluarganya demi menghabiskan waktu berdua bersama sang kekasih. Sayangnya, penyesalan ini biasanya baru muncul setelah hubungan mereka kandas di tengah jalan.

Tapi buat mereka yang jomlo sejak lahir tampaknya harus bersyukur nih karena belum pernah merasakan penyesalan semacam ini. Mereka yang enggak pernah pacaran bisa melakukan quality time dengan orang-orang terkasih tanpa takut bentrok dengan jadwal ngapel. Momen-momen berharga bersama keluarga dan sahabat pun enggak ada yang ketinggalan deh!

6. Bisa menabung lebih banyak

Ilustrasi perempuan sedang memegang celengan by Suzy Davenport

Ilustrasi perempuan sedang memegang celengan by Suzy Davenport via https://www.medicalnewstoday.com

Yang namanya pacaran pasti butuh pengeluaran tambahan buat si doi. Mulai dari biaya untuk transportasi, ngopi di kafe, nonton bioskop, jalan-jalan bareng, sampai nyiapin kado anniversary buat pasangan. Kalau enggak pinter-pinter mengatur keuangan, tentu akan sulit bagi mereka yang punya pacar untuk bisa menabung.

Namun berbeda dengan orang yang pacaran, mereka yang jomlo sejak lahir enggak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk malam mingguan. Mereka yang enggak pernah pacaran pun jadi punya peluang menabung lebih besar dibanding mereka yang punya pacar.

7. Banyak belajar dari hubungan asmara orang lain

Ilustrasi perempuan yang sedang berkaca pada cermin yang pecah by Ismael Sanchez

Ilustrasi perempuan yang sedang berkaca pada cermin yang pecah by Ismael Sanchez via https://www.pexels.com

Terakhir, walaupun enggak pernah merasakan pacaran, mereka yang jomlo sejak lahir bisa banyak belajar dari hubungan asmara orang-orang terdekatnya. Meskipun enggak paham perasaan mereka yang pacaran, atau bahkan sering bingung dalam memberi solusi, mereka yang enggak pernah pacaran tetap bisa menjadi pendengar yang baik lho! Lewat curhatan tentang hubungan asmara orang-orang terdekatnya ini jugalah mereka yang jomlo sejak lahir bisa terus memperbaiki diri dan mempersiapkan diri sebelum menemukan pasangannya.

Itulah 7 hikmah yang hanya dirasakan jomlo sejak lahir. Meskipun belum pernah pacaran, ternyata banyak kan manfaat yang bisa diambil selama hidup menjomlo?

So, buat kamu yang sampai dewasa ini belum pernah pacaran, jangan berkecil hati ya! Karena akan ada saatnya kok giliran kamu yang menjalin hubungan asmara itu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE