Ini Alasan Kenapa Gizi Baik Berperan Penting dalam Meraih #MimpiMasaMuda Kamu

Kemabli ke 2018, di mana aku lagi ngalamin masa-masa pubertas. Saat itu aku termasuk anak yang “berisi”, dan itu bikin aku nggak percaya diri. Seperti remaja-remaja lainnya, aku pingin terlihat menarik dimata lawan jenis, akhirnya aku memutuskan untuk diet. Karena minim pengetahuan mengenai diet dan nggak sabar untuk cepat-cepat turun berat badan, akhirnya aku terjebak ke dalam diet yang sangat sangat ekstrem, yaitu nggak makan nasi selama 1 bulan.

Belum lagi pembatasan asupan makanan yang ekstrem sampai olahraga yang nggak menghitung waktu. Emang sih, hasilnya cepat, dalam satu bulan aku berhasil menurunkan berat badan sampai lebih dari 5 kg. Tapi setelah satu bulan melakukan diet ekstrem tersebut, akhirnya aku sering jatuh sakit. Selain berpengaruh ke daya tahan tubuh, diet ekstrem itu juga berpengaruh ke kegiatan akademis aku di sekolah, di sekolah aku jadi termasuk anak yang lemot, lemah dan susah fokus. 

Sampai-sampai aku termasuk anak-anak yang ‘’kurang’ dalam pelajaran. Sedangkan pengaruhnya ke fisik, rambut aku jadi rontok parah dan susah untuk di atasi. Sangat disayangkan, padahal saat itu adalah masa pertumbuhan yang sangat penting untuk masa depan. Tapi aku malah hampir menghancurkan masa depan aku.

Sekarang, aku sadar, bahwa asupan gizi yang baik, itu sangat berperan penting dalam meraih #MimpiMasaMuda. Mengapa? Yuk liat alasannya di bawah ini!

Advertisement

1. Asupan gizi yang tepat dapat membantu meningkatkan konsentrasi

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via http://www.pexels.com

Kurangnya asupan makanan dapat menurunkan konsentrasi seseorang. Dari pengalamanku, sewaktu aku diet ekstrem, karena kurangnya asupan makanan, akhirnya yang ada aku nggak fokus pelajaran, kadang kalau ditanya suka nggak nyambung jawabannya dan bawaannya ngantuk terus.

Itu kenapa asupan makanan yang bergizi dan cukup sangat berperan penting dalam meningkatkan fokus. Tingkat konsentrasi yang tinggi dapat meningkatkan produktifitas kita dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Advertisement

Contoh makanan yang bisa meningkatkan fokus seseorang adalah sayuran! Emang sih banyak yang nggak suka sama sayuran, walaupun sebenarnya si sayuran nggak punya salah apa-apa tapi banyak yang benci. Padahal si sayuran punya banyak kelebihan yang baik buat kita dan bisa bantu kita lebih fokus, loh!

fyi, kandungan zat besi dalam sayuran dapat meningkatkan kemampuan darah untuk mengikat oksigen. Salah satu alasan kenapa seseorang bisa gagal fokus dan cepat ngantuk itu karena kurangnya atau menurunnya kadar oksigen dalam darah. 

2. Dibutuhkan energi yang banyak untuk mencapai impian

Foto oleh RUN 4 FFWPU dari Pexels

Foto oleh RUN 4 FFWPU dari Pexels via http://www.pexels.com

Dalam proses meraih impian, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Contohnya seperti belajar dan melakukan berbagai kegiatan yang mendukung lainnya. Tentu saja hal tersebut membutuhkan banyak energi. Bayangkan saya seperti motor yang tidak ada bahan bakar, pasti tidak akan berjalan bukan? Sama seperti tubuh kita yang membutuhkan asupan makanan bergizi untuk membantu kita melakukan kegiatan sehari-hari untuk meraih si mimpi.

Advertisement

3. Gizi Seimbang pada masa remaja sangat menentukan kematangan mereka di masa depan

Foto oleh Hannah Nelson dari Pexels

Foto oleh Hannah Nelson dari Pexels via http://www.pexels.com

Masa remaja amat penting diperhatikan karena merupakan masa transisi antara anak-anak dan dewasa. Gizi Seimbang pada masa ini akan sangat menentukan kematangan mereka dimasa depan. Perhatian khusus perlu diberikan kepada remaja perempuan agar status gizi dan kesehatan yang optimal dapat dicapai. Alasannya remaja perempuan akan menjadi seorang ibu yang akan melahirkan generasi penerus yang lebih baik. (Dedeh dkk, 2010 : 12)

Saat-saat remaja merupakan masa dimana kita banyak melakukan aktivitas-aktivitas fisik maupun non-fisik sehingga dibutuhkan banyak energi biar bisa bergerak bebas dan tidak cepat lelah! Saat remaja pula kita mengalami banyak perubahan-perubahan. Oleh karena itu, tubuh harus diberi asupan seimbang agar dapat bekerja secara maksimal!

4. Untuk bisa digunakan dengan maksimal, otak harus diberi nutrisi

Foto oleh Elle Hughes dari Pexels

Foto oleh Elle Hughes dari Pexels via http://www.pexels.com

Otak yang diberi nutrisi dengan baik mampu bekerja secara maksimal. Gamaukan mimpi kalian terhambat karena kinerja otak yang lemot? Makanya yuk, kita kasih otak nutrisi baik yang cukup biar bisa bantu kita mencapai impian kita!

5. INGAT! Kebutuhan nutrisi dan asupan makanan bergizi bukan berarti boleh makan berlebihan!

Foto oleh ready made dari Pexels

Foto oleh ready made dari Pexels via http://www.pexels.com

Jangan karena alasan kita butuh asupan nutrisi banyak, dan tidak tau jumlah kandungan gizi di dalam makanan yang kita konsumsi artinya kita boleh makan sebanyak-banyaknya. Itu salah besar! Tetap harus memperhatikan kebutuhan kalori harian kita.

Setiap orang punya kebutuhan kalori harian yang berbeda, jadi tetap be aware sama apa yang kita makan, ya. Karena makan berlebihan bisa menyebabkan obesitas dan penyakit-penyakit bahaya lainnya.

Setelah melewati mimpi buruk itu, sekarang aku belajar bahwa, tidak selamanya penampilan menjadi tolak ukur kepribadian seseorang. Yang harus kita lakukan adalah, menerima dan mencintai diri kita sendiri, sebelum kita meminta cinta orang lain. Memaksakan diri untuk terlihat menarik di hadapan orang lain terkadang memang kurang baik.

Apalagi sampai mengorbankan diri kita yang seharusnya disiapkan untuk masa depan malah dihancurkan untuk masa sekarang yang belum tentu bertahan untuk waktu yang lama. Istilahnya menghancurkan masa depan untuk masa sekarang. Semoga tidak ada lagi aku yang lain yang mengalami hal ini.

Aku bersyukur karena berkat kejadian sebelumnya, aku jadi tahu betapa pentingnya asupan gizi seimbang bagi seorang pemimpi. Dan sekarang, aku sedang menikmati perjalanan untuk meraih mimpiku. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan dapat segera mencapai mimpi kita masing-masing, yahh!

Apapun mimpimu, apapun mimpiku, kita pasti bisa mencapainya!

Yuk kita #SehatSamaSama biar bisa meraih #MimpiMasaMuda kita! #HipweexNI

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE