Boleh jadi kamu anak muda yang gaul, tapi belum tentu kamu sudah menjadi anak gaul yang hebat untuk standar anak muda hebat di zaman sekarang. Menjadi gaul saja tidak cukup untuk masa depan kamu. Boleh jadi saat ini kamu merasa sudah melakukan banyak hal baik sebagai anak muda, tapi benarkah itu sudah cukup dikatakan anak muda yang hebat?

1. Jangan hanya menjadi si pandir

Berani Fokus via http://google.com

Menjadi anak muda di zaman sekarang memiliki banyak keuntungan. Untuk mendapatkan informasi yang diinginkan hanya memerlukan gadget yang terkoneksi dengan internet. Bahkan, hal-hal yang tidak perlu pun kadang terserap dalam otakmu. Tahukah dampak buruknya akibat banyaknya informasi?


  1. Tidak fokus. Kamu boleh merasa hebat karena tahu banyak hal di kepalamu. Ujung-ujungnya kamu menjadi si pandir lewat bisikan google. Kamu kehilangan orientasi fokus untuk ahli di bidang tertentu. Bukankah setiap informasi yang kamu sampaikan dari google itu tidak kamu kuasai dengan baik dan benar? Contohnya gampang. Hari ini kamu bisa bicara tentang kecanggihan kamera seri terbaru, tapi belum tentu kamu menghasilkan potret yang hebat. Belum selesai tentang kamera, besok kamu bicara lagi mobil seri keluaran terbaru, seterusnya dan seterusnya. Sampai-sampai berita hoax pun ikut kamu sebarkan tanpa klarifikasi dan didukung dengan fakta yang aktual.


Anak muda hebat zaman sekarang itu BERANI FOKUS dan pandai MENYARING INFORMASI. Manfaatkan informasi untuk mendukung profesi atau bidang yang sedang atau ingin kamu kuasai. Kamu tidak perlu harus disebut pandai karena mengetahui banyak hal yang kesahannya belum teruji. Semua itu hanya akan membuang-buang energi. Kecuali kamu suka dibilang si pandir (bodoh).


2. Menciptakan banyak peluang

Advertisement

Menciptakan Banyak Peluang via http://google.com

Sadar menciptakan banyak peluang agar bisa mendapatkan pilihan. Barangkali kamu pernah terlibat obrolan tentang rencana masa depan kalian. Ingin menjadi ini dan itu. Hebat bukan? Tapi sangat disayangkan kalau semua rencana hebat itu hanya omong kosong. Kamu tidak melakukan apa-apa sebagai bekal untuk meraih tujuanmu. Itu belum seberapa, bagaimana jika seandainya kamu sudah melakukan hal-hal yang bisa menunjang rencanamu kelak tapi akhirnya tetap tidak tercapai? Siapa yang menjamin? Apakah akhirnya kamu hanya bisa pasrah? Frustasi?


Anak muda hebat zaman sekarang itu harus pandai menciptakan banyak peluang. Baru di situ kamu bisa memilih, logikanya begitu. Apa yang bisa kamu pilih kalau hanya ada satu peluang atau tidak ada peluang sama sekali? Konyol bukan? Langkah sederhana sebagai anak muda hebat di zaman sekarang adalah harus berani memiliki keberanian untuk mencari pengalaman. Tekun mempelajari beberapa keahlian berbeda bisa membantumu untuk bersaing dengan kondisi zaman.


3. Rebut prestasi

Kumpulkan prestasi dan katakan kepada dunia kamu bisa. Prestasi adalah bukti bahwa kamu mahir di bidang yang sedang kamu tekuni. Prestasi adalah bukti aktualisasi bahwa kamu serius. Banyak sekali di luar sana kegiatan yang bisa kamu tekuni. Baik itu di bidang olahraga, kesenian, eksak dan lain-lain. Tinggal pilih saja. Ingat, hidup di zaman sekarang itu sangat beruntung. Banyak kemudahan yang bisa didapat. Kamu seperti berada di restoran dengan berbagai macam menu pilihan. Kuasai beberapa diantaranya dan buktikan lewat prestasi.


Anak muda hebat di zaman sekarang itu bukan sekadar sibuk dengan banyak kegiatan, tapi berani membuktikan lewat prestasi.


4. Yakin dan percaya diri

Yakin dan Percaya Diri via http://sewamobilbanjarmasin.com

Anak muda yang hebat harus membekali diri dengan rasa yakin dan percaya diri. Rasa ragu hanya akan membuat kamu berhenti di tengah perjalanan mencapai tujuan. Bangkitkan rasa percaya diri dan keyakinan yang terukur berdasarkan pemikiran yang matang, bukan sekadar keras kepala.


Anak muda yang hebat itu bukan keras kepala mengikuti hawa nafsunya belaka. Tapi setiap keputusan yang diambil benar-benar dari hasil pemikiran yang matang.


5. Berani bersaing sehat

Anak muda yang hebat di zaman sekarang itu harus berani bersaing dengan sehat. Jika kamu melakukan persaingan dengan cara-cara negatif hanya akan membuat kamu menjadi pecundang. Cara-cara tidak baik jika sekali waktu berhasil hanya akan membuat kamu mengulanginya lagi dan lagi. Lambat laun kamu akan berada di zona yang tidak aman. Kamu akan terseret masuk ke dalam lingkungan yang penuh rasa was-was, kecurigaan dan menakutkan.


Anak muda yang hebat di zaman sekarang itu adalah anak muda yang berani bersaing dengan mental positif mengandalkan kemampuan yang terlatih dan disiplin yang tinggi.