Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki segudang keunikan dan keanekaragamannya baik dari budaya, tradisi, maupun kuliner. Tiada bosan jika membahas kuliner Indonesia, ada saja kreatifitas yang diciptakan oleh penduduknya dalam mengkreasikan sumber daya yang ada. Hal ini kemudian membuat negara Indonesia menjadi berbeda dari negara lain.

Contohnya saja adalah pada minuman. Kita ketahui bersama bahwa minuman Indonesia itu sangatlah beragam, baik itu karena jenis, tekstur, maupun rasanya. Itulah mengapa minuman Indonesia termasuk ke dalam deretan minuman yang mendunia dan digemari juga oleh turis mancanegara.

Dari sekian banyak minuman Indonesia yang beredar di pasaran, terdapat beberapa minuman yang salah satu di antaranya berhasil masuk ke kancah Dunia, mau tahu apa? Selengkapnya di bawah ini. 

1. Es Doger

es doger

es doger via http://www.google.id

Siapa yang tak mengenal minuman Indonesia satu ini? Tentu saja tidak kan. Minuman dingin asli Indonesia ini merupakan sejenis minuman yang terbuat dari kelapa muda, yang kemudian dipadukan dengan bahan-bahan lainnya seperti tape, mutiara, susu, cincau, gula cair, dan lain-lain.

Advertisement

Minuman dingin ini awalnya tenar di Jawa Barat, namun lama kelamaan menyebar di seluruh kota Indonesia, dan hebatnya minuman dingin asli Indonesia ini juga disukai oleh masyarakat dunia lho. Wah, es doger go internasional sih ini namanya.

2. Jamu

Jamu warisan Indonesia sejak lama

Jamu warisan Indonesia sejak lama via http://www.google.id

Kalau minuman yang satu ini tentu saja kamu sudah sering dengar kan? Jamu merupakan minuman warisan Indonesia yang sejak lama telah dikonsumsi oleh leluhur-leluhur kita. Terbuat langsung dari aneka rempah-rempah, seperti: kunyit, jahe, kencur, sirih, temulawak, dan lain-lain.

Selain itu, jamu juga diminum dengan campuran bahan lainnya seperti, gula merah atau gula pasir atau asem atau telur atau sereh. Minuman ini sangatlah sehat untuk kesehatan tubuh. Sehingga minuman tradisional ini sangatlah nikmat apabila diseduh dalam keadaan hangat, namun jangan khawatir minuman ini juga bisa dinikmati dalam keadaan dingin. 

Advertisement

Belakangan ini juga jamu banyak dimodifikasi, supaya semua kalangan bisa menikmati, termasuk warga luar Indonesia.

3. Dawet

Dawet penyegar tenggorokan

Dawet penyegar tenggorokan via http://www.google.co.id

Dawet merupakan salah satu minuman khas dari Jawa yang terbuat dari tepung beras atau tepung beras ketan, dan kemudian dibentuk dengan cetakan atau saringan. Minuman ini paling enak dinikmati saat keadaan udara sedang panas-panasnya.

Tentu saja penyajiannya menggunakan es serut dengan dipadukan gula merah cair, dan santan. Kalau sudah begini, tenggorokan yang tadinya kering kerontang akan menjadi segar dan dingin berkat minuman dawet ini.

Tak hanya menyegarkan tenggorokan orang Indonesia saja, namun dawet ini juga berhasil menyegarkan tenggorokan turis mancanegara.

4. Es teler

Minuman yang menagih terus

Minuman yang menagih terus via http://www.google.com

Dari namanya saja kedengaran sangat ambigu, apakah minuman ini menyegarkan atau malah memabokkan? Eits, tenang saja bagi kamu yang belum nyoba minuman dingin ini, kamu nggak akan mabok pokoknya.

Tapi kamu akan dibuat ketagihan dengan es ini. Es teler biasanya disajikan dengan kelapa muda, alpukat, potongan nangka, gula cair, susu cair, dan sirup merah. Namun sekarang ini es teler tidak hanya terdiri dari bahan-bahan itu saja, melainkan bervariasi.

Sama halnya dengan es doger yang telah go internasional, es teler juga mengikutinya, dan mempunyai julukan sendiri di luar negeri sebagai “koktail ala Indonesia”.

5. Sekoteng

Minuman mujarab

Minuman mujarab via http://www.google.com

Kalau mendengar sekoteng kira-kira sobat Hipwee langsung mikir apa nih? Hangatnya atau Kota Yogya yang mengundang sejuta rindu itu :D. Terlepas dari apa yang dipikirin terhadap minuman ini, sekoteng tentu sangat terkenal dengan hidangannya yang panas dan hangat, berkomposisi jahe yang dicampur bersama dengan kacang hijau, pacar cina, mutiara, kacang tanah, potongan roti, serta santan. 

Minuman ini sangatlah kaya akan rasa dan tekstur, sehingga sangat disukai dan dinikmati lidah siapa pun, termasuk turis mancanegara.

Selain terkenal dengan adat dan budayanya, ternyata minuman Indonesia selama ini juga mendunia. Di mana banyak peminat dari segala penjuru, tidak hanya lokal, namun juga mancanegara. Nah, kalau sudah begini semakin cinta dan bangga kan dengan Indonesia?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya