Saat muncul kemerahan atau iritasi di bokong Anda, sangatlah sulit bagi kita untuk melakukan pemeriksaan sendiri. Bahkan terkadang kita bisa malu untuk meminta tolong teman atau pasangan kita untuk memeriksanya.

Gatal pada bokong terkadang dapat menyebabkan frustasi karena gatal tersebut akan sulit untuk kita lihat perkembangannya, sebenarnya apa saja sih yang bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal pada bokong?

1. Infeksi Jamur

Infeksi jamur di bokong via http://media.suara.com

Jika gangguan kulit yang timbul membuat kulit tampak merah, terasa gatal, dan bersisik; maka hal ini mungkin disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur dapat bertumbuh di area yang lembab dan gelap sehingga jamur lebih sering tumbuh di daerah tubuh yang saling bergesekkan. Pemberian salep anti jamur dapat mengatasi infeksi jamur pada daerah bokong, akan tetapi bila tidak, maka jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan seorang dokter.

2. Psoriasis

Psoriasis via http://dokter.id

Advertisement

Jika gangguan kulit tampak kemerahan, bersisik, dan mengenai bagian atas belahan bokong Anda; maka gangguan kulit ini mungkin disebabkan oleh psoriasis.
Psoriasis merupakan suatu gangguan kulit kronik yang tidak menular yang disebabkan oleh berlebihannya produksi sel-sel kulit, yang memang sering terjadi pada bagian atas bokong. Gejala lain dari psoriasis adalah bercak putih atau merah muda atau keperakkan pada kulit yang juga tampak mengelupas.
Selain di daerah bokong, psoriasis juga sering terbentuk di daerah siku, kulit kepala, dan kuku. Segera hubungi dokter Anda bila Anda mengalami gangguan kulit ini untuk memperoleh pengobatan sedini mungkin.

3. Bisul

Jika gangguan kulit yang terjadi tampak kemerahan dengan suatu benjolan yang tampak seperti jerawat, maka hal ini dapat merupakan suatu bisul.
Bisul terbentuk jika sel-sel kulit mati dan bakteri menyumbat folikel rambut. Untuk mencegah terbentuknya bisul di daerah bokong, pastikan Anda segera mandi setelah selesai berolahraga dan gunakanlah pakaian yang membuat kulit bokong tetap memperoleh ventilasi yang baik.

4. Infeksi Herpes Zoster

Infeksi Herpes Zoster via http://google.com

Jika gangguan kulit yang terdapat di daerah bokong Anda berwarna merah, gatal, dan disertai dengan lepuhan kecil yang terasa nyeri, maka hal ini dapat disebabkan oleh infeksi herpes.
Memang cukup mengejutkan bahwa herpes yang merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual ternyata juga dapat mengenai daerah bokong. Hal ini dikarenakan herpes biasanya hanya mengenai membran lendir di daerah kemaluan dan mulut.
Akan tetapi, bukanlah hal yang aneh bila infeksi herpes juga mengenai kulit di daerah bokong dan gejalanya pun mungkin hampir menyerupai infeksi herpes di daerah mulut dan kemaluan, seperti adanya lepuhan seperti jerawat yang tampak berkelompok.
Pemberian obat antivirus biasanya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit untuk memperoleh pengobatan secepatnya.

5. Wasir

Advertisement

Jika gangguan kulit yang terjadi terasa sangat gatal dan terjadi di daerah anus, maka hal ini mungkin disebabkan oleh wasir.
Penonjolan pembuluh darah ini dapat sangat mengganggu, terasa nyeri, dan gatal; yang disebabkan oleh pembengkakan dan peradangan di daerah anus. Wasir merupakan gangguan yang sangat sering terjadi, yang biasanya disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam perut karena sembelit atau kehamilan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya