Ini Hal yang Perlu Kamu Lakukan ketika Ingin Menyerah dalam Meraih #MimpiMasaMuda

Masa muda memang menjadi salah satu penentu masa depan. Tak heran jika kita sudah memiliki list yang ingin kita raih di masa depan. Masa muda adalah masanya kita bermimpi. Mimpi itu bisa menjadi acuan seseorang untuk berjalan ke arah kesuksesan. Namun, dalam mengejar mimpi, tidak jarang rasa lelah dan ingin menyerah selalu menghampiri.

Terkadang, kita rasa mimpi yang kita tuju sepertinya tidak akan tercapai sehingga usaha yang kita lakukan saat ini seperti sia-sia. 

Advertisement

1. Ingatlah orang tua

Photo by eternarestudio.com.br

Photo by eternarestudio.com.br via http://id.pinterest.com

Pengorbanan orang tua memang tidak akan pernah bisa terbalaskan bahkan jika kita membayarnya dengan uang yang banyak sekalipun. Orang tua tidak akan menagih imbalan uang dari apa yang sudah mereka berikan kepada kita selama ini. Namun, setiap orang tua pasti ingin melihat anaknya menjadi orang yang sukses.

Karena, kesuksesan orang tua adalah melihat anaknya sukses. Hal inilah yang perlu kita ingat jika kita ingin menyerah dalam meraih mimpi. Ingatlah setiap kesuksesan seorang anak adalah kebahagiaan terbesar bagi orang tua. Kita perlu bangkit kembali agar orang tua yang kita sayangi kita dapat merasakan kebahagiaan itu.

Advertisement

2. Ingatlah Tuhan yang selalu ada ketika kita membutuhkan-Nya

Photo by Freepik

Photo by Freepik via http://id.pinterest.com

Setiap perjalanan hidup tidak luput dari cobaan, termasuk cobaan kita saat meraih mimpi. Terkadang, cobaan itu datang bertubi-tubi sehingga membuat kita lelah dan ingin menyerah. Namun, ingatlah Tuhan memberikan cobaan karena Tuhan tahu kita bisa melewatinya.

Jangan merasa kita sendirian di dunia ini karena Tuhan selalu hadir saat kita membutuhkan-Nya. Memohonlah kekuatan untuk menghadapi segala cobaan kepada Tuhan, setelah itu bangkit kembali untuk meraih mimpi kita kembali. 

3. Tenangkan pikiran sejenak

Advertisement
Photo by TripCanvas Indonesia, Lautan Bunga dan Sungai Amazon di Jogja

Photo by TripCanvas Indonesia, Lautan Bunga dan Sungai Amazon di Jogja via http://id.pinterest.com

Sejatinya manusia tidak ada yang sempurna, wajar jika kita merasa lelah. Kita boleh lelah tetapi kita tidak boleh menyerah. Ketika merasa lelah, cobalah tenangkan pikiran kita sejenak. Berekreasi ke tempat wisata yang sejuk dan bertemakan alam bisa menjadi sarana untuk menenangkan diri.

Lupakan sejenak beban-beban yang ada di dalam diri dan nikmatilah suasana tenang. Setelah dirasa pikiran kita sudah kembali tenang dan rasa lelah kita sudah hilang, kita dapat memulai aktivitas kita kembali dengan pikiran yang lebih fresh

 

4. Bulatkan kembali niat dan tekad

Photo by Dreamstime Stock Photos

Photo by Dreamstime Stock Photos via http://id.pinterest.com

Pernah mendengar kutipan “setiap usaha tidak akan mengkhianati hasil”?. Inilah salah satu kutipan yang perlu kita ingat ketika ingin menyerah dalam meraih mimpi. Perlu kita ingat, kesuksesan tidak bisa diraih begitu saja. Perlu darah, keringat, dan air mata untuk mencapainya. Niat dan tekad untuk meraih kesuksesan datangnya dari diri sendiri bukan dari orang lain.

Sekeras apapun orang lain menasihati, jika kita tetap ingin menyerah begitu saja kita tidak akan berhasil. Alhasil, mimpi itu benar-benar sekedar mimpi bukan harapan kesuksesan yang akan menjadi kenyataan.

Jadi, kita harus meluruskan kembali niat dan tekad kita untuk bisa meraih mimpi yang kita dambakan. Pupuk kembali rasa kepercayaan diri kita dan fokus kembali ke tujuan awal. 

5. Atur kembali pola hidup dibarengi dengan gizi yang seimbang

Photo by freewaremini Gambar Piramida Makanan dan 4 Sehat 5 Sempurna

Photo by freewaremini Gambar Piramida Makanan dan 4 Sehat 5 Sempurna via http://id.pinterest.com

Meraih mimpi di masa muda memang tidaklah mudah, rintangan-rintangan yang berupa gangguan kesehatan juga dapat mengganggu ketika meraih mimpi. Ambisi untuk meraih mimpi sering tidak dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Hal itu berkibat buruk pada kesehatan kita, baik kesehatan mental maupun fisik. 

Ketika kita mengalami gangguan kesehatan, tidak jarang rasa lelah berujung ingin menyerah datang. Untuk menghindari gangguan kesehatan ketika kita sedang berusaha meraih mimpi, diperlukan pola hidup yang baik. Berolahraga dan makan makanan sehat dengan gizi yang seimbang perlu kita lakukan. Dilansir dari Katalog Kementrian Kesehatan RI Tahun 2019, jenis makanan yang perlu kita konsumsi setiap harinya antara lain :

• Karbohidrat  sebagai sumber zat tenaga

• Protein (nabati dan hewani) sebagai sumber zat pembangun

• Sayur mayur sebagai sumber zat pengatur (serat vitamin dan mineral)

• Buah-buahan juga sebagai zat pengatur (serat, vitamin, dan mineral)

• Gula, garam, dan lemak (GGL) sebagai zat tambahan yang konsumsinya harus dibatasi per harinya. Untuk batasannya adalah, gula 50 gram (4 sendok makan), natrium (banyak terdapat garam) 2000 mg (1 sendok teh) dan lemak total 67 gram (5 sendok makan) dalam sehari. Ini adalah jumlah maksimal, jika dikonsumsi lebih sedikit dari ini lebih baik

• 8 gelas air putih 

 

Sebagai manusia biasa, rasa ingin menyerah bisa datang kapan saja. Rasa menyerah ini terkadang merupakan bentuk dari rasa lelah yang sudah tidak bisa kita atasi. Nah, mungkin cara-cara di atas bisa kamu lakukan bila rasa ingin menyerah datang.

Kita juga harus ingat bahwa kita mempunyai mimpi yang besar. Bukankah kata “menyerah” adalah sama dengan melepaskan mimpi yang sudah kita bagun selama ini? So, tetap semangat semuanya!  And don’t forget to love yourself! Tetap #SEHATSAMASAMA 

#HipweeXNI

#MIMPIMASAMUDA

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE