Indonesia dahulu dikenal sebagai negara agraris (dengan banyaknya penduduk yang berprofesi sebagai petani), kini banyak dari mereka yang beralih profesi sebagai peternak, pekerja, maupun berjualan. Banyaknya masyarakat yang tertarik dengan usaha di sektor perternakan (khususnya unggas dan ikan-ikanan) disebabkan tempo panen yang lebih cepat juga tanpa lahan seluas sektor pertanian. Berikut adalah hewan-hewan yang sering diternakan di Indonesia:

1. Ayam menjadi hewan yang sering dijadikan ladang bisnis dibidang peternakan

Photo by Achim Bongard from Pexels

Photo by Achim Bongard from Pexels via https://www.pexels.com

Sudah bukan rahasia lagi ternak unggas yang satu ini sangat mudah ketimbang jenis unggas yang lainnya. Untuk itu tidak sedikit masyarakat Indonesia menjadikan peternak ayam sebagai profesi. Ayam yang sering di pakai biasanya ayam potong, ayam boiler dan ayam petelur.

2. Lele menjadi ikan yang banyak penggemarnya di Indonesia

Advertisement

Lele sebagai makanan yang sangat populer dengan kelezatannya sangat di minati di semua kalangan masyarakat. Tidak heran ikan satu ini menjadi daya tarik bagi para pengusaha rumahan maupun perusahaan untuk membudidayakan ikan yang satu ini.

3. Tidak kalah dengan lele, ikan gurame juga menjadi idola dalam berbisnis

Ikan yang satu ini tak kalah populer dengan ikan lele, diolah dengan cara apapun ikan ini selalau terasa lezat. Dengan cara budidaya yang mudah disertai dengan keuntungan yang besar, tidak heran jika gurame menarik minat para masyarakat untuk membudidayakannya. 

4. Entok dan bebek, dua unggas setelah ayam yang populer untuk diternakkan

Bebek dikenal mudah untuk dibudidayakan serta tahan terhadap berbagai penyakit. Terlebih bebek dan entok juga cepat dalam berkembang biak. Harga jual untuk bebek dan entok pun lumayan tinggi di pasaran. 

5. Keuntungan yang besar membuat udang menjadi laris dikalangan peternak

Photo by Dana Tentis from Pexels

Photo by Dana Tentis from Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Keuntungan dari beternak udang sangatlah besar. Namun, dibandingkan dengan budidaya lain di atas, udang merupakan yang paling beresiko mudah terkena penyakit. Terlebih udang juga agak sulit untuk menyesuaikan dengan kondisi alam sekitar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya