Terdapat berbagai macam alasan bagi orang yang memilih tinggal di luar negeri. Mulai dari bekerja, menikah, menimba ilmu, dan sebagainya. Di era teknologi seperti saat ini, banyak dari mereka yang memanfaatkan kondisi tersebut untuk menjadi youtuber. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan informasi yang bermanfaat mengenai negara yang mereka tinggali, juga memberi inspirasi kepada para penonton. Hal itu juga dilakukan oleh sebagian orang Indonesia yang tinggal di luar negeri. Para youtuber tersebut juga menjadi jembatan untuk memperkenalkan Indonesia di negara yang mereka tinggali. Berikut ini merupakan 5 youtuber asal Indonesia dengan akun youtube yang memiliki subscriber kurang dari 500.000 dan terkesan underrated. Padahal kontennya sangat bermanfaat, menambah pengetahuan, inspiratif, dan tentunya layak untuk ditonton

1. Syarif Zapata yang berbagi mengenai sosial budaya di Eropa

syarifzapata

syarifzapata via https://www.instagram.com

Syarif saat ini bekerja dan tinggal di Swiss setelah sebelumnya berkuliah di Jerman. Melalui videonya, pria yang pernah berkuliah di jurusan Ilmu Politik ini membuat penontonnya menjadi open minded. Ia sering membuat konten yang membahas tentang sosial budaya di Eropa yang bagi orang Indonesia dianggap tabu. Selain itu, Syarif juga gemar membagikan kegiatannya berkeliling Eropa dan berbagi tips dan pengalamannya bisa sampai ke Jerman. Syarif juga pernah membuat vlog bersama mantan atlet bulu tangkis Deby Susanto dan Duta Besar Swiss.

2. Berbagai reaksi dari orang asing terhadap makanan Indonesia di BNay Channel

Advertisement

Konten video yang ada di channel ini mayoritas mengenai reaksi bule terhadap makanan Indonesia. Nay gemar mengundang teman-temannya untuk makan makanan khas Indonesia, mulai dari nasi liwet hingga berbagai macam kerupuk. Selain itu, Nay juga berbagi tips dan pengalamannya berkuliah di Jerman. Saat ini, Nay tinggal di Canada dengan suaminya, Basti yang berasal dari Jerman.

3. Belajar bahasa inggris bersama Puri Viera

Akun youtube milik wanita asal Surabaya yang saat ini tinggal di Amerika Serikat ini, bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris. Puri kerap membuat konten mengenai grammar, percakapan sederhana, tips memperdalam bahasa Inggris, dan sesekali ia membuat konten tentang kehidupan sosial di sana. Puri menjelaskan dengan menggunakan bahasa yang ringan, sehingga sangat mudah untuk dipahami.

4. Keseruan keluarga kecil Kimbab Family

geenaluscious

geenaluscious via https://www.instagram.com

Konten yang ada di channel Kimbab Family ini selalu terkesan ceria dan menyenangkan karena terdapat 3 bocah lucu keturunan Indonesia-Korea Selatan, yakni Suji, Yunji, dan Jio. Sang ibu, mama Gina berasal dari Bandung, sedangkan sang ayah berasal dari Korea Selatan yang bernama appa (ayah) Jay. Walaupun saat ini mereka tinggal di Korea, namun ketiga anaknya bisa berbicara bahasa Indonesia dengan fasih. Pada mulanya, keluarga ini membuat video di youtube untuk memberitahu tumbuh kembang anak-anak mereka kepada kakek dan neneknya yang tinggal berjauhan. Maka dari itu, konten videonya tidak lepas dari kegiatan anak-anak dan keluarga. Selain itu, mereka juga menunjukkan fasilitas yang ada di Korea yang ramah anak. Channel ini juga dilengkapi dengan subtitle bahasa Inggris, bahasa Korea, dan bahasa Indonesia.

5. Bertualang ke Turki lewat channel Isti ve Musab

Advertisement

Merhaba, itulah kata pembuka yang khas dari setiap video yang ada channel ini. Kata tersebut merupakan bahasa Turki yang artinya halo. Channel ini merupakan milik Isti, perempuan asal Tanjung Pinang yang menikah dengan pria asal Turki bernama Musab. Menariknya, keduanya berkenalan melalui aplikasi dating online. Konten yang ada di channel ini mempunyai kandungan baper tingkat tinggi. Mereka kerap membagikan kegiatan mereka jalan-jalan di Turki dan juga makanan khas Turki. Selain itu, Isti dan Musab juga menceritakan pertemuan pertama mereka hingga akhirnya menikah. Saat ini, Isti tinggal di Turki mengikuti sang suami.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya