Pernahkah terpikir kalau dengan bersyukur segalanya terasa lebih ringan ? Ada pepatah yang mengatakan bahwa orang yang paling bahagia bukanlah orang yang memiliki yang terbaik dalam segalanya tetapi mereka yang membuat yang terbaik dari segala yang mereka miliki. Jalan hidup setiap orang pasti berbeda – beda. Begitupula dengan cara kita memandang kehidupan kita. Ada orang yang menyikapinya dengan terus menerus mengeluh dan kesal atau tidak puas dengan keadaan dan terus mempertanyakan mengapa dan mengapa. Ada pula yang menyikapinya dengan bersyukur. Memang terlihat sepele tetapi dengan bersyukur, Anda akan merasakan beban di hati Anda akan lebih ringan. Berikut adalah hal – hal yang membuat kamu sulit untuk bersyukur :

1. Jangan pernah membiarkan keinginanmu membuatmu lupa akan apa yang telah kamu miliki

Seringkali hal yang kita inginkan menyebabkan kita lupa akan bersyukur. Mengapa ? Karena kita terlalu terfokus akan hal – hal yang kita inginkan sampai – sampai kita terkadang melupakan apa yang telah kita miliki. Dengan bersyukur akan apa yang telah kita miliki, kita akan lebih mudah menerima dan menjalani hidup dan kadang merasa lepas dalam menjalani hidup. Sedangkan apabila kita terlalu fokus mengejar keinginan kita, kita akan merasa terbeban untuk mewujudkan keinginan tersebut. Ambisi memang perlu tetapi kadang kala kita perlu juga untuk belajar menerima dan menjalani kehidupan ini agar kita lebih bahagia dalam menjalani hidup.

2. Belajarlah dari orang lain

African childrens via http://kapipal.com

Advertisement

Ada banyak orang lain yang bahagia dengan apa yang dia miliki padahal kenyataannya adalah apa yang mereka miliki mungkin lebih sedikit dari pada yang kamu miliki. Dalam kondisi tersebut mereka masih bisa bersyukur dan bahagia dengan apa yang mereka miliki. Mengapa kamu tidak ?

3. Percayalah bahwa dengan mengeluh tidak akan membawa perubahan atau dampak apapun

Dengan mengeluh, kita tidak akan membawa perubahan atau dampak apapun. Yang terjadi adalah kita merasa kesal sendiri dan stress karena terus memikirkan hal tersebut. Maka, camkan dalam pikiran Anda bahwa dengan mengeluh hanya akan membuang energi Anda dan akan membawa dampak negatif yang tidak baik untuk pikiran. Cobalah untuk rileks dan berpikir positif di setiap kondisi agar energi positif akan terus mengalir ke dalam diri Anda dan Anda akan merasa lebih ringan.

4. Jangan selalu melihat ke atas tetapi juga ke bawah

wishing on stars via https://www.pinterest.com

Kita sebagai manusia pada hakikatnya memang selalu membanding – bandingkan apa yang telah kita miliki dengan yang dimiliki orang lain. Memang hal tersebut akan menjadi motivasi bagi kita. Tapi pernahkan terpikir bahwa justru hal tersebut akan membuat hidup kita lebih berat karena kita akan terus terpaku pada kehidupan orang – orang yang berada di atas kita dan melupakan apa yang telah Tuhan karuniai. Kehidupan setiap orang yang berbeda merupakan anugerah dari Tuhan. Jadi, jangan hanya terpaku dengan kehidupan orang yang berada diatas kita. Akan lebih baik jika kita memandang ke bawah dan melihat kehidupan orang – orang yang lebih kekurangan dari kita dan bersyukur akan apa yang telah kita miliki karena percaya atau tidak, mereka memimpikan kehidupan yang kita miliki.

5. By being grateful, you appreciate your life

appreciate everything via http://whatamigratefulfortoday.com

Advertisement

Dengan bersyukur, kita jadi lebih menghargai hidup yang telah diberikan. Kita menjadi lebih menghargai semua pemberian Tuhan. Hidup kita akan menjadi lebih ringan apabila kita belajar untuk melepaskan ego kita untuk mengejar apa yang bukan menjadi takdir kita dan melupakan apa yang telah ada selama ini.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk pembacanya. Tulisan ini dibuat sebagai bentuk opini penulis.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya