Jangan Asal Diet! Pahami 5 Tips Diet Sehat Ini Karena Kebutuhan Tubuh Manusia Berbeda-beda

tips diet sehat

Obesitas, hipertensi, diabetes mellitus, kolesterol, asam urat, gastritis, dan sederet penyakit lainnya ini berawal dari asupan makanan dan minuman yang salah.  Lo, salah gimana? Salah dalam memilih makanan atau minuman yang aman bagi tubuh. Salah dalam memenuhi asupan kebutuhan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Saat ini 21.8% warga negara Indonesia mengalami masalah obesitas atau kegemukan. Faktor utama penyebab obesitas ini adalah ketidakseimbangan antara asupan atau kebutuhan dengan pengeluaran atau pembakaran, dengan kata lain intake lebih besar daripada output.

Nah dari sinilah mulai bermunculan berbagai teknik dan cara untuk menurunkan berat badan tersebut, mulai dari cara yang paling sederhana hingga yang paling ekstrem. Terkadang membuat aku sebagai seseorang yang mendalami ilmunya, jengkel dengan penemuan-penemuan cara menurunkan berat badan yang konyol oleh pihak tertentu yang bahkan tidak akan bertanggung jawab bila terjadi sesuatu pada orang yang menerapkan teknik penemuannya tersebut, sebab perlu kamu ketahui bahwa struktur tubuh, fungsi organ tubuh, dan metabolisme tubuh kita berbeda-beda. Alias tidak sama.

Demi mendapatkan berat tubuh yang ideal dan sehat menurut ahlinya, kamu bisamulai menerapkan beberapa tips berikut ini.

Advertisement

1. Mengetahui kebutuhan asupan diri sendiri

Menghitung Kalori

Menghitung Kalori via https://www.pexels.com

Secara umum kebutuhan asupan energi laki-laki dewasa adalah ±2800 kkal dan wanita dewasa ±2200 kkal dalam sehari. Sangat dianjurkan bagimu untuk mengetahui, dalam sehari berapa sih kebutuhan asupan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh? Pada prinsipnya kebutuhan asupan seseorang tidak akan sama dengan orang lain karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti, jenis kelamin, umur, tinggi badan, aktifitas sehari-hari, bahkan riwayat penyakit pun bisa menjadi faktor penentu kebutuhan asupan seseorang. Nah, bila kamu ingin tahu lebih detail kebutuhan asupan seharinya, kamu bisa berkonsultasi langsung kepada ahlinya.

2. Menjaga pola makan yang baik dan benar

Seseorang sedang makan

Seseorang sedang makan via https://www.pexels.com

Tips kedua ini adalah poin utamanya. Arti kata diet yang sebenarnya adalah mengatur pola makan. Jadi, kalau ada yang bertanya, “lagi diet ya?” itu berarti “lagi menjaga pola makan ya” Bila selama ini mindset diet adalah mengurangi makan atau tidak mengkonsumsi suatu bahan pangan atau bahkan tidak makan sama sekali adalah mindset yang salah dan harus diubah mulai saat ini.

Advertisement

Untuk mendapat berat badan yang ideal dan sehat kamu harus mengatur pola makan dengan baik. Ketika berbicara tentang pola, berbicara juga tentang kebiasaan yang teratur. Diet yang sebenarnya adalah menjaga kebiasaan makan secara teratur.

Setelah mengetahui kebutuhan asupan sehari 2800 kkal atau 2200 kkal energi, kamu dapat mentransfer atau menerjemahkannya ke dalam pola makan sehari, dengan kebiasaan waktu makan orang Indonesia dapat dibagi menjadi 3x makan besar (nasi+hewani+nabati+sayuran+buah dengan porsi masing-masing yang berbeda) dan 3x selingan/cemilan (pemenuhan porsi zat gizi).

3. Konsisten pada ketepatan dan ketetapan waktu

Advertisement
Jam dan sendok

Jam dan sendok via https://www.istockphoto.com

Waktu yang tepat untuk 3x makan besar adalah pukul 07.00-09.00 pagi untuk sarapan, pukul 12.00-14.00 untuk makan siang, dan pukul 18.00-20.00 untuk makan malam. Sedangkan waktu yang tepat untuk 3x selingan/cemilan adalah pukul 10.00-11.00 untuk selingan pagi, pukul 15.00-17.00 untuk selingan siang, dan pukul 21.00 untuk selingan malam.

Bukan hanya keTEPATan waktu, tapi keTETAPan waktu makan juga akan mempengaruhi pola makan sahabat. Usahakan kamu konsisten pada satu jam makan untuk hari ini dan seterusnya. Misalnya, pada hari ini kamu sarapan pukul 09.00, usahakan untuk hari esok dan seterusnya sarapan pada pukul 09.00, bolehlah dispensasi 10 menit lebih awal dan 10 menit lebih akhir.

4. Konsumsi jenis makanan yang beragam

Balanced diet

Balanced diet via https://www.istockphoto.com

Harus kamu ingat, bahwa tidak ada satu bahan makanan yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Jadi untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang beragam tersebut kamu harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang beragam pula. Dengan kata lain makanan yang dikonsumsi harus bervariasi. Sehingga kamu harus tahu bahan makanan apa nih yang menjadi sumber dari zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut.

5. Melakukan aktifitas fisik

Minimal 3x seminggu. Setelah kamu mengatur pola makan dengan baik dan mengkonsumsi beraneka ragam jenis makanan, akan lebih baik hasilnya jika disertai dengan aktifitas fisik atau olahraga yang ringan maupun berat, disesuaikan dengan kemampuan. Ini bertujuan untuk membakar dan membuang zat gizi yang berlebihan dari dalam tubuh.

Bila kamu selalu menerapkan tips tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dijamin berat badanmu dapat terjaga ideal dan yang lebih menyenangkan yaitu mendapat bonus badan terasa sehat bugar tanpa terasa menyiksa. Harus kamu ketahui juga bahwa penurunan berat badan yang sehat itu adalah 2-4 kg dalam satu bulan.

Dengan tips tersebut kamu masih bisa mengkonsumsi nasi dan makanan enak lainnya yang mengandung minyak atau lemak, selama dalam batas normal. Sebab tubuh membutuhkan berbagai jenis zat gizi dengan jumlah yang berbeda untuk menjalankan fungsi dari organ tubuh yang berbeda pula. Bayangkan apabila kamu menghindari dan tidak mengkonsumsi satu jenis bahan makanan tertentu, otomatis tubuh tidak mendapatkan asupan zat gizi yang hanya ada pada bahan makanan tersebut. Maka kamu harus bersiap-siap dengan kedatangan masalah kesehatan yang baru akibat adanya organ tubuh yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, lakukanlah yang terbaik untuk tubuhmu karena, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang perempuan yang terlahir berdarah Minang, tumbuh dan besar mengikuti alur yang terbentang hingga menggeluti profesi sebagai tenaga kesehatan namun, tidak melupakan perjalanan menuju keabadian.

CLOSE