Semakin hari memang semakin sulit pula mencari pekerjaan yang sesuai keinginan. Persaingan menjadi sangat ketat karena jumlah pekerjaan yang tersedia lebih sedikit. Tak heran jika mahasiswa sekarang ini banyak yang memilih hanya fokus menyempurnakan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) daripada melakukan banyak hal lainnya.

Berharap bahwa IPK sempurna mereka cukup untuk menggaet perusahaan impian. Namun kenyataan di lapangan, ternyata tak hanya mereka yang memiliki IPK sempurna. Berjuta-juta mahasiswa lainnya juga memiliki IPK yang sama. Lalu, bagaimana caramu mengatasi itu? Solusinya adalah memiliki senjata lain di CV-mu selain IPK.

Itulah mengapa ada banyak hal yang tidak seharusnya disepelekan karena nyatanya bisa membantu CV-mu bersaing dengan calon lain. Agar kamu tetap lebih unggul meski IPK-mu sama dengan berjuta mahasiswa lainnya. Mau tahu apa saja? Yuk simak!

1. Manfaatkan Setiap Kesempatan Exchange yang Bisa Kamu Ambil

Alexis Brown on Unsplash

Alexis Brown on Unsplash via https://unsplash.com

Mendapatkan ilmu dan pengalaman dari universitas asing akan menjadi nilai plus yang bisa membuatmu berada beberapa langkah lebih depan dari teman-temanmu. Namun memang, menjalani program pertukaran bukanlah hal mudah. Bisa dibilang, ini adalah salah satu cara untuk menantang dirimu keluar dari zona nyamanmu.

Namun, karena itulah kualitas dirimu akan berkembang seiring dengan pengalaman yang kamu dapatkan. Bagaimana tidak? Kamu akan bertemu orang yang tidak satu bahasa denganmu, melihat kultur baru, gaya hidup yang tidak familiar denganmu, juga cara pikir dan kebiasaan yang berbeda denganmu.

Mau tidak mau pikiranmu tentu akan lebih terbuka menerima hal-hal baru. Pasti terdesak untuk belajar bahasa dan budaya baru, juga mengikuti aturan baru. Belum lagi karena harus mengurus dan menghadapi semuanya sendiri, kamu akan terbentuk menjadi pribadi yang lebih gigih dan mandiri. Pada akhirnya kamu akan membawa pulang pemikiran dan kebiasaan yang tidak akan kamu dapatkan di zona nyaman.

Soal kesempatan, jangan khawatir! Sekarang ini makin banyak tawaran exchange untukmu para mahasiswa jika kamu cukup jeli dan gigih mencari informasinya. Penyedianya bermacam-macam, juga dengan program yang ditawarkan. Tidak semuanya mengharuskanmu mengeluarkan uang berkarung-karung, kok! Asal tekadmu sudah bulat, pasti ada jalan dan kesempatan. Semangat!

2. Pengalaman Berorganisasi Maupun Internship Akan Menambah Nilai Plus

John Schnobrich on Unsplash

John Schnobrich on Unsplash via https://unsplash.com

Siapa bilang ikut organisasi kampus cuma buang waktu? Tenang, asal kamu menjalaninya tidak setengah hati pasti dapat kok manfaatnya. Selain bisa menjadi kesempatanmu untuk melatih leadership dan rasa tanggung jawabmu, aktif di organisasi kampus juga bisa jadi wadah untuk mengeksplorasi dan menyalurkan passion-mu. Organisasi-organisasi kampus juga bisa membuat CV-mu lebih menarik karena banyaknya pengalaman yang sudah kamu punya!

Tak hanya organisasi kampus yang harus kamu coba, tapi juga program internship yang ditawarkan berbagai firma. Banyak hal yang akan kamu dapatkan di program internship. Kamu akan bertemu dan bekerja sama dengan orang baru dengan pengalaman yang berbeda-beda. Kamu dapat melihat dunia kerja, juga mendapat gambaran bagaimana rasanya bekerja.

Di sini kamu juga bisa mendapatkan ilmu praktek yang belum kamu dapatkan di kampus. Soal menjalin network, internship bahkan bisa menjadi salah satu jalan untukmu mendapatkan pekerjaan di firma tersebut. Keren, kan? Dengan modal pengalaman ini, jelas CV-mu akan memiliki nilai plus.

3. Mempelajari Bahasa Asing Tak Akan Pernah Sia-Sia

Aaron Burden on Unsplash

Aaron Burden on Unsplash via https://unsplash.com

Selain pengalaman, skill juga merupakan hal yang bisa membuat kualitasmu lebih unggul. Salah satunya kemampuan bahasa asing. CV-mu pasti mampu bersaing jika kemampuan bahasa asingmu tidak segitu-segitu saja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengisi waktu luangmu dengan memperdalam kemampuan bahasamu.

Kamu bisa mengambil kursus dengan level tertentu, mengambil ujian seperti TOEFL, mencoba belajar bahasa secara online seperti melalui Duolingo, atau cobalah mencari tandem. Yakinlah, kemampuanmu pasti akan berguna kelak!

4. Ikuti Workshop dan Kursus Bersertifikat Agar Skillmu Tak Cuma Itu-Itu Saja

Jefferson Santos on Unsplash

Jefferson Santos on Unsplash via https://unsplash.com

Lagi-lagi skill bisa jadi jurus ampuh untuk meningkatkan kualitas diri dan bersaing dalam melamar pekerjaan. Bagi perusahaan, calon karyawan yang memiliki banyak skill tentu saja menggiurkan. Tidak hanya dapat diandalkan karena memiliki pengetahuan yang belum tentu semua orang punya, namun juga bisa membawa inspirasi baru untuk perkembangan perusahaan.

Sekarang ini semakin banyak penyedia workshop di berbagai kota yang secara rutin menyelenggarakan kelas-kelas kreatif berbagai bidang. Peserta dapat belajar langsung dari ahlinya, bahkan beberapa kelas workshop juga memberikan sertifikat keikutsertaan. Begitu juga dengan seminar.

Sangat mudah menemukan seminar dengan berbagai tema yang bermanfaat. Workshop dan seminar seperti ini biasanya berlangsung di akhir pekan. Jadi, selain membuat akhir pekanmu tidak terbuang sia-sia, kamu juga mendapat ilmu yang teman-temanmu tidak dapatkan!

Bisa juga kamu mengikuti kursus online bersertifikat seperti di platfrom online Cousera, EdX, atau Future Learn. Platform-platform ini merupakan MOOC (Massive Open Online Course), yakni penyedia kursus-kursus online yang bisa diakses di seluruh dunia, dan berisi materi dari berbagai universitas di dunia.

Bayangkan, kamu bisa dengan mudah dan fleksibel mengakses kursus dari universitas ternama luar negeri, juga berkesempatan untuk mendapatkan sertifikat jika mengambil ujiannya. Tentu saja ini bisa menarik perhatian perusahaan impianmu.

5. Cobalah Berpartisipasi Dalam Kompetisi atau Proyek yang Relevan Dengan Bidangmu

Aaron Huber on Unsplash

Aaron Huber on Unsplash via https://unsplash.com

Selain skill dan pengalaman, prestasi dan portofoliomu juga menjadi kekuatanmu. Berani mencoba dan berpartisipasi dalam suatu kompetisi memang bukan hal mudah. Namun jika kamu memiliki tekad untuk menantang dirimu sendiri, mungkin hal itu akan mendatangkan banyak manfaat.

Tidak melulu soal menjadi pemenang. Toh kamu setidaknya sudah mampu melawan ketakutan dan keraguanmu. Yang tidak kamu sadari adalah mentalmu ikut berkembang menjadi lebih percaya diri dan gigih.

Berpartisipasi dalam sebuah proyek juga membantumu dalam menambah portofolio. Selain itu, pengalaman menghadapi tantangan serta mencari solusi bersama kawan satu tim bisa melatih kualitas peranmu dalam teamwork. Jadi, jangan malas untuk ikut mengerjakan proyek, ya!

6. Terakhir, Susun CV-mu Dalam Desain yang Simpel Namun Menarik

Terakhir, buatlah CV yang bisa merepresentasikan pengalaman, skill, dan prestasimu dengan baik. CV yang baik adalah CV yang rapi dan simpel, namun kaya akan informasi yang relevan. Tidak perlu melebih-lebihkan, tapi harus bisa menonjolkan kemampuanmu.

Tidak ada salahnya juga mempercantik visual CV-mu, asal tidak mengganggu dan tidak berlebihan. Jika kamu kesulitan menyusun CVmu, kamu juga bisa menggunakan website pembuat CV seperti Visual CV, CV Maker, atau Up To Work.

___

Selain IPK, ternyata ada banyak hal yang bisa membantumu dilirik perusahaan impianmu. Jadi, jangan hanya fokus dengan nilaimu ya! Cari dengan jeli peluang-peluang di sekitarmu dan manfaatkan semaksimal mungkin. Semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya