Hujan lagi getol-getolnya dateng, kaya ibu kos lagi nagih uang bulanan yang udah setahun nunggak bayar. Tapi namanya jalan-jalan mana kenal musim kan yaaa.

HP, kamera, pakaian, rasanya semua-mua udah masuk koper. Cusss berangkat!!!

Eitshh,, yakin Cuma itu doang?

Berikut ini "abrakadabrak" yang perlu dibawa sampai apa yang harus dilakukan kalian tapi lebih sering hal ini terlewatkan, yuk mari hipwee ingatkan biar gak lagi kelupaan.

 

1. Karena Meriang Itu Bukan Panggilan Hati, Jangan Lupa Bawa Obat Buat Salah Satu Cara Jaga Diri

jangan lupakan kesehatan selama perjalanan

jangan lupakan kesehatan selama perjalanan via http://jakartaforum.co.id

Cuaca yang bunglon banget bikin kamu yang sehat jadi terancam sakit, apalagi kamu yang jalan-jalan saat badan lagi gak fit. Karena itu, jangan lupa deh bawa obat-obatan,

- obat pusing  buat kamu yang sering mendadak mabuk perjalanan

- obat luka buat jaga-jaga

- obat sakit perut karena kamu jajan sembarangan

- vitamin stamina juga perlu agar kamu tetep strong kemana-kemana

- obat nyeri kalau-kalau kamu mendadak keinget mantan diperjalanan

“alaaaah ntar dijalan aja gampang, lagian mau jalan-jalan mikirin sakit”

Kata siapa? Emang sakit itu kaya pesen ojek, bisa disuruh dateng dimana aja dan kapan aja sesuai kemauan pikiranmu. Nah kalau sakitnya dateng pas kamu lagi di tengah hutan gimana, emang ada apotik di belantara gitu?

2. Cek Dulu Kondisi Sarana Transportasimu, Karena Kamu Tak Hanya Hutuh Diri untuk Bersenang-senang Bukan?

Kalau kamu naik mobil, motor atau bahkan pesawat milik sendiri, pastikan kondisi kendaraan kamu prima. Kadang hal ini dirasa sepele karena kamu terlalu sibuk memikirkan apa yang kamu bawa, alih-alih apa yang membawamu.

Gak ada enaknya kalo karena lupa cek performa kendaraan, harus berhenti di pinggir jalan keteteran.

Nah kalo kamu numpang angkutan massal, kayak bus, kereta, kapal atau pesawat umum gitu, cek dulu rute perjalanannya ya, karena tersesat saat jalan-jalan akan menghabiskan waktumu dalam kemurkaan. Jangan lupa juga cek jadwal operasinya yaa, jangan asal berangkat aja, tahu-tahu udah gak ada angkutan lewat. Kan perjalanan juga ikut tersendat.

3. Anggaplah Jalan-jalan Itu Seperti Stalking Gebetan, Cari Tau Profilnya Dulu Sebelum Penjajakan

kita jalan ke sini aja ya bang,,

kita jalan ke sini aja ya bang,, via http://aneahira.com

Cari-cari informasi dulu yaaa, ini akan sangat membantu.

Meskipun kamu pergi dengan bentuk rombongan, jangan mau jadi pengikut jalan.

Karena meskipun kalian pergi bersama-sama, kebahagiaan dalam perjalanan akan menjadi tanggung jawab pribadi.

Kalau kamu lagi jalan ke tempat yang gak kamu banget, tapi terpaksa kamu datengin demi pertemanan, paling tidak kamu sudah ada persiapan dulu apa yang bakal kamu lakukan disana agar momen ini tetap mengasyikan

4. Siapkan Mental Biar Gak Malu Buat Nanya-nanya , Toh Slogan Malu Bertanya Sesat di Jalan Masih Menjadi Andalan

maunya kemana?

maunya kemana? via http://beritabekasi.co.id

Jalan-jalan ke tempat-tempat baru pasti bikin gagap arah deh, nah kamu yang meskipun sudah bergadang buat ngumpulin informasi lokasi wisata yang bakal kamu kunjungi, tetap saja ketika turun ke medan perang, berkomunikasi dengan orang sekitar lebih menjadi solusi.

Bertanya dengan sopan dan jelas akan memberimu jawaban  lebih nyata dari sekedar petunjuk arah tak bergerak.

“Karena informasi tak mungkin bisa dipasang di seluruh sisi, jadi berlega hatilah untuk bertanya pada mereka yang lebih dulu tahu.”

Jalan-jalanmu tak hanya akan memberi penyegaran pada hidupmu, tapi juga memberimu pembelajaran untuk menyampaikan sesuatu pada orang baru.

5. Traveller Itu Pulang Dengan Beban Berkurang, Bukan Malah Beban Bertambah , Jadi Jangan Gunakan Slogan “Jangan Kayak Orang Susah Yaaa”

malu bilang gini dong kalo masih minta,,

malu bilang gini dong kalo masih minta,, via http://memecomic.id

Perjalanan = menghabiskan waktu dan uangmu untuk hal yang menyenangkan

Gaya hidup yang hedon itu untuk perjalanan bersponsor ya teman, tapi kalau kalian jalan-jalan untuk bersenang-senang sepenuhnya tanpa ada sponsor yang siap mengucurkan dana, lupakanlah slogan “Jangan kayak orang susah”.

Kalian perlu memperhitungkan uang yang kalian gunakan, karena itu pintar-pintar mengkalkulasi yaaa,

Jangan malu bertanya harga dulu sebelum membeli, jangan ragu menawar sebelum terjadi deal.

Kalian lagi berada di tempat wisata, harga lebih dari biasa itu adalah keuntungan mereka.

Tapi jika harga dikalikan berkali-kali lipat dari biasa itu merugikan kita.

Agar tidak rugi bandar telitilah sebelum membeli,

Kalau mau makan, tanya dulu harganya.

Mau beli oleh-oleh tawar harganya.

Mau naik odong-odong tanya rutenya,

Mau kenalan sama penjualnya, tanya nomornya.

 Jika mau aman, cari tempat makan atau oleh – oleh di tempat makan dan oleh-oleh terpercaya, harganya aman, kualitas barang juga aman.

Meski yang dicari dari jalan-jalan adalah kesenangan, tapi bukankah gag ada yang di dapat dengan mudah.

“Gak apa-apa kayak orang susah, kan kayak doang”

 

Meskipun sedetail apapun persiapan, perjalanan terbaik adalah ketika kita menikmatinya dimanapun tempatnya bersama siapapun orangnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya