Kos, sebuah tempat menginap dengan versi minimalis sampai yang berasa seperti kamar sendiri pasti nggak pernah lepas dari inceran para perantau yang bikin cari tempat nginep dimana yang sekiranya pas buat kantong-kantong mahasiswa atau mereka yang lagi ngumpulin duit di kota perantauan. Dan kesempatan inilah yang sering dimanfaatkan para pengelola kos untuk menggaet sebanyak-banyak nya jumlah penghuni kos di tempat usahanya.

Jangan salah, sekarang ini nggak cuma para penghuni kosan yang banyak ngawur soal ngelanggar berbagai peraturan kosan namun juga banyak pengusaha kos yang mulai nggak bener soal cara promosi mereka untuk menggaet para perantau yang lagi bingung nyari tempat nginep mereka di kota perantauan.

Kalau kamu belum tahu, ini nih beberapa kecurangan pengusaha kos soal promosinya.

1. Keterangan yang dipromosiin di media sosial nggak sama di kenyataannya

pioneer-cbh.com

pioneer-cbh.com via https://www.google.com.ua

Banyak pengusaha kos yang kayak gini nih kalo soal promosi usaha kosnya di media sosial. Ya apalagi kalau nggak soal ngejar duit, urusan kecewa dari pelanggan yang udah terlanjur bayar kos buat sebulan mah masalah nanti. Seringnya si pemilik kos bakal ngasih keterangan kalau fasilitas kamar dan kamar mandinya dijamin bersih dan nyaman. Dan kamu jangan terlalu percaya dulu sama si pemilik soal keterangan yang dia tulis di media sosial. Biar nggak ketipu dan terlanjur bayar, kamu musti cari referensi beberapa tempat kos dan kamu harus blusukan langsung biar kamu tau gimana kondisi kos yang sebenernya.

Kalau mereka bilang soal fasilitas A atau B yang bakal segera diperbaiki, ada baiknya kamu jangan keburu percaya buat jaga-jaga kalau itu cuma kalimat-kalimat yang cuma buat ngeyakinin kamu bahwa fasilitasnya emang nyaman. Tapi faktanya banyak yang cuma basa-basi soal perbaikan yang disegerakan.

2. Bilangnya sih kosnya khusus untuk cowok atau cewek

Advertisement

Zaman sekarang, anggapan yang sedang berkembang dari para pemilik kos di beberapa kota di Indonesia adalah mengkhususkan kos untuk satu gender aja itu adalah kesalahan dalam bisnis. Kos yang memperbolehkan untuk dihuni cowok dan cewek meskipun ada bagian kamar tersendiri bagi masing-masing gender adalah taktik jitu untuk menggaet sebanyak-banyaknya calon penghuni kos. Bahkan bukan hanya status single yang dicampur saja dalam sebuah area kos, namun status pasangan sah alias nikah juga sah-sah saja dicampur dalam suatu area kos asalkan uang sewa kos tidak pernah mampet untuk sebuah dapur yang diharapkan bisa terus mengepul setiap bulannya.

3. Jangan gampang percaya soal aturan

health.wyo.gov

health.wyo.gov via https://www.google.com.ua

Alasan kenapa kamu nggak harus selalu percaya soal aturan ketat yang dibuat sama si pemilik kos soal aturan yang udah pakem dan nggak mungkin dilanggar adalah soal bebas atau nggaknya aturan di kos-kosan. Kebanyakan bilangnya sih nggak ada soal pasangan mesum yang bakal menghuni salah satu di kamar kosnya, tapi ada walaupun nggak semua pemilik kos yang secara diem-diem membebaskan aturan asal ada uang tip tambahan antar si pemilik sama si penghuni kamar yang menanyakan soal ada atau nggaknya "fasilitas kebebasan." Dan banyak juga yang menerima penghuni kos secara acak alias kos campur.

4. Bilangnya biaya kos sudah termasuk sama beberapa fasilitas

Biaya kos murah dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti kasur, kipas angin, atau kamar mandi adalah sasaran empuk bagi si pemilik kos bagi si pemilik kos untuk menyebarkan promosi abal-abal. Di promosi awalnya biaya sewa kos yang murah sudah include sama beberapa fasilitas, namun di kenyatannya nggak sama kayak yang di foto promosi tempat kos. Bener dapet kasur, tapi cuman kasur lantai yang udah mulai abis busanya dan kalau mau yang lebih bagus kamu mereka menyediakan tapi kamu juga dikenakan biaya lebih. Dan bermacam lainnya seperti tarif yang "dijual terpisah" untuk masing-masing fasilitas yang ditawarkan demi kenyamananmu di kamar kos yang kamu sewa.

5. Dijamin area strategis dan bebas banjir

Advertisement

Ini nih yang seringkali nggak kepikiran dari si pemilik kos, banyak dari calon penghuni kos yang nggak mikirin soal musim hujan. Kemungkinan yang sering terjadi di saat musim hujan tiba adalah atap kamar yang bocor sama akses jalanan kos yang kebanjiran. Ya otomatis akan membuat suasana menginapmu semakin makin nggak nyaman dengan beberapa gangguan semacam ini. Lain kali tanya-tanya dulu dan jangan langsung deal untuk sewa kamar di tempat kos yang belum kamu tahu.

Dalam mencari hunian yang cocok dan nyaman dalam masa perantauanmu, ada baiknya kamu menggali informasi lebih dalam dari beberapa sumber. Jangan asal setuju ketika kamu belum mendapatkan informasi yang relavan dan ada baiknya kamu jangan hanya mencari satu referensi satu kos-kosan saja agar kamu dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan setiap kos-kosan yang nantinya akan kamu tempati.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya