Dia: "Hey, bebe! I just woke up"

Gue: "Heeeyy! Good morning!"

Mengucapkan "selamat pagi" adalah rutinitas kami berdua. Saat dia bangun, Aku sudah selesai kelas. Saat Aku bangun, dia baru saja mau tidur, dan ini sudah berjalan selama kurang lebih 6 bulan penuh. Oh ya, perkenalkan, namaku Jess. Aku saat ini berdomisili di Tangerang, dan si dia tinggal di Perthshire, Skotlandia, UK. Jauh, ya? *Aku strong*

Pacaran berbeda segalanya memang sulit, namun bukan berarti nggak mungkin, lho. Sebenarnya, pacaran dengan orang yang semuanya berbeda itu sangat unik dan punya keseruannya tersendiri, terutama disaat kami membicarakan tentang perbedaan budaya, yang sangat cocok dengan tema #AyoKeUk #WTGB #OMGB ini. Semua ini ku tulis berdasarkan pengalamanku pacaran sama si dia, jadi semua yang ditulis dibawah itu nggak ada yang ngarang, ya! Hehe. Keep reading, you won't be disappointed! :)

1. Dia nggak suka dipanggil sebagai orang "Inggris."

Peta perbedaan Inggris, GB, dan UK.

Peta perbedaan Inggris, GB, dan UK. via http://brilliantmaps.com

"Aku bukan orang Inggris, Aku ini Scottish!"

Si dia akan 100% ngambek kalau dipanggil "Orang Inggris." Hal ini terjadi karena… Inggris, ya Inggris, Skotlandia, ya Skotlandia! Sesuai gambar yang sudah dicantumkan di atas, Britania Raya itu ternyata dibagi atas 3; Skotlandia, Inggris dan Wales. Bayangkan kalau Skotlandia itu adalah Jawa Barat, dan Inggris itu adalah Jawa Timur. Keduanya sama-sama "Jawa"… tapi berbeda, kan?

Advertisement

Orang Jawa Barat tidak akan suka dipanggil sebagai orang Jawa, karena mereka bukan orang Jawa, tapi Sunda. Orang Jawa Timur tidak akan suka dipanggil sebagai orang Jawa Barat, karena orang Jawa Barat adalah orang Sunda, bukan orang Jawa, meski sama-sama tinggal di pulau Jawa. Pusing, ya? Aku juga. Waduh.

Intinya, meski Skotlandia, Inggris dan Wales sama-sama "Britania Raya", tapi mereka semua berbeda dan tidak akan suka dipanggil dengan panggilan yang salah. Jadi, bagi kalian yang mau berteman atau mau mengobrol dengan orang dari Britania Raya, coba tanyakan dulu mereka asalnya dari mana, biar aman. Hehe. Menarik, ya?

2. Tisu toilet, tanpa air!

Cebok (Ini kata formal lho, coba cek KBBI!) dengan air adalah suatu aktivitas yang tidak pernah dilakukan oleh orang Skotlandia, Inggris, maupun orang-orang Eropa lainnya. Mereka nggak pernah tahu tentang hal ini dan tentunya memilih untuk membersihkan diri dengan tisu toilet, bukan air! Si dia sangat kaget saat baru tahu soal ini (HAHAHA) dan nggak menyangka bahwa kita sebagai orang Indonesia lebih suka memakai air untuk membasuh diri.

Advertisement

Mereka tidak punya penyemprot air ataupun bidet (penyemprot air yang sudah tertanam didalam toilet, yang biasa ada di mal) di toilet mereka. Jadi, bagi kalian yang mau jalan-jalan ke UK, siap-siap saja kalau nggak ada air untuk membasuh, ya. Tapi jangan takut, kalian bisa kok bawa botol ke toilet! :)))

3. Makanan yang… berbeda.

Ingin mencoba makanan baru? Mari kita bahas makanan yang satu ini!

Haggis adalah makanan khas Skotlandia, tapi si dia mengaku jarang makan makanan khas daerahnya sendiri ini. Hal ini disebabkan karena Haggis terbuat dari hati, perut, dan paru-paru domba yang dicampur sama sayuran dan bahan lainnya. Kamu berani coba makan haggis, nggak? Meski bahannya agak luar biasa, katanya rasanya tetap enak, lho! Kata si dia, kamu belum ke Skotlandia kalau belum makan haggis ini. Kurang afdol, gitu lah ya. :D

4. Wiski!

Scotch Whisky.

Scotch Whisky. via https://www.brambleberry.com

Tahukah kamu, kalau wiski itu asalnya dari Skotlandia? Harusnya tahu, yaaa. Kalau nggak tahu, setidaknya sekarang kamu sudah tahu! hehe. Kalau kamu sedang minum wiski ber-label "Scotch Whisky", berarti kamu sedang meminum wiski asal Skotlandia, lho! Lalu, wiski juga merupakan minuman keras favorit semua orang Skotlandia (kata si dia).

Di Skotlandia sendiri, minum wiski nggak perlu memakai alasan. Kalau kamu ingin minum wiski dan kamu sudah cukup umur, (minimum 18 tahun di UK) ya minum aja. Berbeda dengan orang Indonesia yang biasanya mengkonsumsi minuman keras di acara tertentu, dan biasanya di luar rumah.

Wiski bisa kamu temukan di supermarket Skotlandia manapun dan bahkan dijual di dalam kaleng, lho. Kalau di Indonesia, semua liquor yang dijual pasti memakai botol kaca, berukuran besar, dan mahal. Yang dijual dalam kaleng hanya bir. Si dia biasanya akan fotoin kalau sedang minum, dan dia selalu minum wiski kalengan, dan selalu di rumah. Si dia juga minum wiski lebih banyak kalau sedang musim dingin, untuk menghangatkan badan.

Intinya, kalau kamu ingin cobain wiski dengan rasa dan kualitas terbaik, yuk ke Skotlandia! Ya kaaan~

5. Orang Skotlandia baik-baik!

Kakak Scottish yang ganteng!

Kakak Scottish yang ganteng! via https://twitter.com

Ini mungkin memang nggak bisa di generalisir sihhh, karena tiap tempat pasti mempunyai orang-orang baik dan orang-orang yang kurang baik. Namun, bila kamu melihat perbandingan statistik tingkat KDRT di Skotlandia dan di Amerika Serikat, terasa banget perbedaannya. Di tahun 2017, tercatat bahwa sekitar 55.000 kasus KDRT di Skotlandia.

Sementara, di AS, tercatat ada sekitar 10 juta kasus KDRT. Perbedaan yang sangat signifikan, bukan? Kasus KDRT di Skotlandia hanya 0.05%-nya AS, lho! Si dia juga sangat manis dan sangat baik, lho. Sayang keluarga, bisa masak, bebersih rumah, dan juga pintar. Gimana Aku nggak cintak! :)) Mau dapat jodoh seperti si dia juga? Yuk, mari segera datang ke Skotlandia! Baik-baik lho orangnya. HAHA.

6. Penutup

Isle of Harris, Scotland

Isle of Harris, Scotland via http://www.topinspired.com

Selain dapat merasakan perbedaan budaya yang telah dijabarkan diatas, jangan lupa kalau Skotlandia juga memiliki tempat-tempat wisata yang sangat indah namun underrated, lho. Kalau kamu bosan dengan tempat wisata yang "gitu-gitu aja" di Inggris, mengapa nggak coba untuk ke Skotlandia saja? Kamu bisa belajar banyak hal baru, budaya baru, mengenal orang baru, dan melihat tempat-tempat yang luar biasa indah. #AyoKeUK dan kamu pasti tidak akan menyesal! :)

Terima kasih sudah membaca! ​Have a great day!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya