Sebaik-baiknya rumah,tak peduli mewah atau sederhana, adalah yang bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Bagi mahasiswa perantauan, kamar kost adalah rumah kedua bagi mereka. Meskipun tidak senyaman di rumah asalnya, kost tetap akan menjadi saksi atas perjuangan mereka untuk merengkuh gelar sarjana. So, banyak mahasiswa berusaha membuat kostnya senyaman mungkin biar betah belajar dan tenang beristirahat.

Sayangnya, nggak semua rumah kost bisa ngasih kenyamanan itu. Nah, kalau 7 hal atau beberapa di antaranya sudah kamu rasain di kost yang sekarang, mendingan kamu segera cabut aja deh! Itu sudah jadi tanda-tanda buat kamu untuk cari kost yang baru dan kemasi barang-barang. Ini nih penjelasannya.

1. Kalau kamu merasa kesehatanmu menurun, itu bisa jadi karena lingkungan kostmu sudah nggak sehat.

maunya belajar, eh malah sakit via https://www.ridley.edu.au

Kebanyakan kampus terletak di pusat-pusat kota yang padat penduduk. Karena setiap tahun kedatangan mahasiswa baru yang butuh kost, maka banyak orang yang berlomba-lomba membangun rumah kost di sekitar kampus. Lingkungan sekitar kampus pun menjadi padat. Sering kali ketika membangun kost, mereka nggakmemikirkan hal-hal seperti tata ruang, drainase, tempat pembuangan sampah, dan lain sebagainya sehingga berdampak pada kesehatan.

Nggak jarang banyak rumah kost yang kamar-kamarnya pengap, gelap, dan lembab. Kost yang berada di tengah-tengah permukiman padat memungkinkan kamu sering merasa gerah dan pusing karena kekurangan oksigen. Selain itu, meski di ruangan, sinar matahari tetap lebih baik dan menyehatkan daripada mengandalkan lampu pijar. Kamar yang gelap cenderung mengundang jamur-jamur nakal untuk tumbuh, apalagi pas musim hujan. Hati-hati lho ya! Kondisi seperti ini nggak baik buat kesehatanmu. Jadi, kalau kamu merasa tubuhmu mulai menunjukkan gejala-gejala yang nggak enak semenjak tinggal di kost, mending cus deh pindah ke kost yang lingkungannya lebih sehat.

2. Tetangga yang menyebalkan tentu bikin kamu tidak konsen belajar.

bukan sok, aku cuma terganggu via http://linkis.com

Advertisement

Tiap tetangga kamar kost memang macam-macam saja tingkahnya. Kamu sengaja nggak tidur malam ini untuk belajar –misi SKS (sistem kebut semalam)– karena besok pagi ada ujian, tapi tetangga kamarmu malah asik ngerumpi heboh. Belum lagi kalau ada tetangga lain yang menyetel lagu seolah sedang hajatan padahal kamu lagi butuh ketenangan. Duh, kesel nggak sih?

Lain lagi urusan piket. Kamu sudah rajin buang sampah dan bersih-bersih sesuai jadwal, tapi pas giliran tetanggamu eh malah nggak ada yang bergerak. Jadinya kamu deh yang terpaksa turun tangan karena jijik lihat kecoa atau tikus yang berlenggak-lenggok genit di kostmu.

Kalau sekiranya tetangga kamu bisa diajak untuk ngomongin masalah ketidaknyamanan atau ketergangguanmu ini dan mencari solusi bersama sih oke aja. Susahnya itu kalau dia malah ngambek dan menganggap kamu sok. Huft!

3. Harga kost semena-mena naik, padahal fasilitasnya gitu-gitu aja.

yang lama aja belum lunas via https://kepoasik.blogspot.co.id

Nggak ada angin, nggak ada badai eh ibu kost tiba-tiba ngasih pengumuman kalau tarif kost naik drastis. Padahal fasilitas yang dikasih nggak ada peningkatan dari segi kualitas dan kuantitas. Bayar listrik juga angkanya ngajak ribut. Pemakaian yang nggak seberapa eh diminta bayaran tinggi. Iya kalau perhitungannya transparan. Nah, kalau tiap bulan ada lebihan, pada ke mana tuh larinya? Ya, tau kan kalau mahasiswa itu jeli banget masalah hitung-berhitung.

4. Kamu rela nggak mandi kalau berangkat ngampus karena airnya sering macet?

duh, padahal mau ketemu si dia di kampus via http://salingnews.com

Sudah rajin-rajin bangun pagi biar nggak perlu ngantri untuk mandi, eh airnya nggak keluar. Kamu yang jaga banget kebersihan badan pasti kesel banget dengan situasi seperti ini. Ujung-ujungnya, kamu berangkat kuliah bermodal mandi parfum, atau bedak dan lipstik –buat kamu yang cewe– cuma buat pencitraan diri kalau kamu sudah mandi.

Tau lah ya kalau Indonesia itu termasuk wilayah tropis. Beraktivitas sedikit, keringat sudah meleleh-leleh di badan. Jadi, nggak afdol rasanya kalau nggak mandi dua kali sehari, kecuali buat kamu yang memang malas mandi. Kalau sekali, dua kali kamu terjebak nggak bisa mandi sih masih bisa tuh nebeng kost sebelah. Lah, kalau keseringan kan malu juga.

5. Pasti makan hati kan ya kalau Ibu Kosnya galak?

maunya sih nganggap ibu sendiri, tapi… via http://anakkos.com

Biasanya setiap kost punya peraturan masing-masing yang harus dipatuhi oleh penghuninya. Menyikapi hal ini, ada-ada saja yang bisa jadi jarang mematuhi atau bahkan sering melanggar dengan berbagai alasan. Kalau kamu termasuk yang suka melanggar, tentunya kamu akan akrab dengan teguran-teguran ibu kost (baca: pemilik kost). Ada tipe ibu kost yang menegur dengan halus dan ada pula yang blak-blakan dan nyelekit di hati.

Kalau ibu kostmu itu termasuk tipe yang kedua, siap-siap aja deh sama es batu yang banyak biar hatimu nggak haus terbawa panas emosi. Terus kalau pelanggaranmu menciptakan perang perasaan dan membuatmu tidak tenang, lebih baik mengalah saja lah. Cari kost yang lebih bebas atau yang ibu kostnya baik hati deh ya.

6. Ada tindak kriminal di lingkungan kostmu, sedangkan kamu nggak pintar bela diri.

waspadalah! waspadalah! via http://tipssupaya.blogspot.co.id

Terbayang nggak sih, kalau ketika malam-malam kamu terpaksa berjalan pulang ke kost sendiri dikarenakan harus mengikuti kegiatan kampus dan kost kamu itu jauh dan berada di lingkungan yang sepi, lalu tiba-tiba ada orang yang menguntitmu. Kamu masih beruntung kalau cuma diikuti orang tak dikenal yang cuma ingin kenalan denganmu. Lah kalau ternyata orang itu berniat jahat seperti merampok misalnya, kamu bisa apa? Mau teriak tidak ada yang dengar, mau melawan tapi kamu nggak punya kemampuan bela diri.

Kalau kamu pernah mengalami hal-hal seperti pencurian, pelecehan seksual, perampokan, dan lain sebagainya atau setidaknya mendapat informasi akurat bahwa sering terjadi tindak kejahatan di lingkungan kostmu, itu namanya warning. Itu berarti sudah menjadi tanda pentung beruntun bagimu untuk segera hijrah ke tempat kost yang lebih aman.

7. Kamu ngerasain sesuatu yang horor di kostmu. Hiiiiiwwww.

Percaya nggak percaya sih ya. Misalnya aja, kamu sering banget merinding tiba-tiba tanpa sebab. Katanya sih itu pertanda kalau ada makhluk astral di sekitarmu. Pertanda lain misalnya semenjak kamu tinggal di kost, kamu jadi sering melihat penampakan atau benda-benda di kostmu sering kali jatuh atau bergerak tanpa ada yang menyentuh. Selama kamu nggak merasa terganggu dengan hal-hal tersebut ya nggak jadi masalah. Mungkin itu cuma perasaanmu atau ternyata yang kamu alami itu bisa dijelaskan secara ilmiah dan bukan sesuatu yang horor.

Berbeda halnya jika berbagai kejadian aneh yang kamu alami itu membuatmu jadi sulit beraktivitas di kost karena takut. Kalau sudah begini kan tentunya bisa menghambat produktivitas belajar dong. Kamu mau hari-harimu jadi tidak tenang? Udah deh, kalo begini fix, kamu harus pindah!