Selamat bagi yang baru saja tamat kuliah! Semoga ilmunya bisa dimanfaatkan ya! Sekarang harus mencari perubahan nih! Menjadi angkatan kerja. Eits tunggu dulu! Sebelum melamar kerja, ada persiapan nggak? Selain persiapan mental jelasnya.

Maksudnya persiapan berkas-berkas untuk melamar pekerjaan. Hal itu perlu lho apalagi hal-hal yang menambah nilai dalam dunia kerja. Bisa mudah mendapat pekerjaan. Sekarang buka berkas-berkas dan cari hal yang berhubungan dengan lamaran pekerjaan. Ini lho harus dicek!

1. Kartu Tanda Pengenal

KTP, kartu keluarga, SIM dan STNK adalah empat tanda pengenal yang sangat sakral terlebih lagi KTP. Udah ada KTP belum? Jika belum ada, cepat urus. Walau di kasih surat keterangan, nggak masalah kok dipakai. Sudah resmi suratnya itu asal diperpanjang saja jika masa berlaku sudah habis. SIM juga begitu. Jika sudah punya KTP dan tanda pengenal yang dimaksud, coba cek di lemari. Bongkar semua. Fotokopi agar tidak repot-repot, tapi jangan lupa, letakkan tanda pengenal itu di tempat yang menurut Anda nyaman dan mudah Anda temukan agar tidak tercecer mencarinya.

2. Ijazah atau Surat Keterangan Yang Menerangkan Kelulusan Kuliah

Slide Share

Slide Share via http://slideshare.net

Advertisement

Ijazah atau surat keterangan yang menerangkan kelulusan kuliah adalah bukti telah menyelesaikan perkuliahan. Setelah mendapatkan itu, secepatnya dilegelisir dan dicek dengan berkasnya. Tapi bagi fresh gradute kan belum ada ijazah. Gunakan saja dulu surat keterangan lulus. Sah kok! Kan udah di stempel sama pihak kampus. Tapi setelah ijazah keluar, cepat-cepat ambil ijazahnya karena surat keterangan lulus hanya bertahan sebentar lho! Yang pastinya, jangan sampai menunggu ijazah untuk melamar kerja.

3. SKCK

SKCK (Surat Tanda Catatan Kriminal) juga sangat penting dalam pencarian kerja. Pihak perusahaan meminta ini untuk memastikan pegawainya benar-benar baik dalam kelakukaannya. Ngurusnya? Tidak susah kok. Apalagi sekarang bisa daftar online. Nggak susah mendaftarnya. Lagian, hanya butuh sehari saja surat ini diterbitkan dan harus di perpanjang sesuai ketentuan. Bisa sekali enam bulan atau bertahun-tahun tergantung keputusan perusahaan yang meminta syarat SKCK sebagai syarat masuk di suatu perusahaan.

4. Cek Pengalaman

Blog Cara Buat Surat

Blog Cara Buat Surat via http://cara-buat-surat.blogspot.com

Berapa sertifikat pengalaman berorganisasi selama kuliah? Berapa surat keterangan lowongan kerja yang Anda terima? Cek dulu. Kedua keterangan pengalaman ini sangat penting loh apalagi pengalaman kerja. Tapi yang hanya pengalaman organisasi jangan kecewa gitu. Banyak juga perusahaan yang meminta pengalaman organisasi.

Advertisement

Mereka terima kok pengalaman itu. Jika Anda tamat singkat (maksimal tamat tepat waktu) dan nilai tinggi ditambah pengalaman organisasi, perusahaan akan melirikmu. Mereka menganggap bahwa kuliahmu seimbang dengan kegiatanmu di luar pendidikan utama. Banyak lho orang yang diterima melalui pengalaman organisasi. Kalau bisa, antara kerja dan organisasi itu ada! Biar tambah banyak yang melirikmu.

5. Surat Keterangan Sehat

Jasa Buat Surat

Jasa Buat Surat via http://www.jasabuatsurat.com

Surat ini sama pentingnya dengan SKCK. Mereka selalu beriringan. Surat ini dibuat untuk memastikan pegawainya benar-benar sehat. Mendaftarnya bisa dimana saja. Yang jelasnya, suratnya resmi ya! Minimal ke puskesmas untuk membuat surat kesehatannya.

6. Tes Bahasa Asing

Beberapa perusahaan ada yang membutuhkan tes bahasa asing dalam pelamaran perusahaan mereka. Mereka ingin pegawainya tahu bahasa lain selain bahasa resmi dan bahasa daerah (jika ada yang menguasai). Tes-tes bahasa asing banyak bertebaran di setiap kota bahkan kabupaten. Yang paling utama tes bahasa asing adalah bahasa Inggris. Jika bahasa Inggrismu belum mumpuni, ayo kursus atau belajarlah otodidak.

7. Terutama CV!

Hei, setelah ini lengkap, tulislah CV Anda. Buatlah semenarik mungkin agar perusahaan mau menerima Anda. Banyak kok cara membuat CV yang menarik. Dan saran saya, bagi tamatan SMA, JANGAN MEMBELI CV KHAS TEMPAT FOTOKOPI. Memang sih harganya murah meriah, tetapi CV khas tempat fotokopi tidak bisa bebas dikreasikan.

Formatnya harus sesuai dengan ada yang tertera pada CV itu. Selain itu, tidak bebas menulisnya. Pendidikan dan pengalaman kerja pun terbatas. Coba yang bersangkutan beberapa kali sekolah. Maksudnya selain dari SD, SMP, dan SMA. Kalau TK berkali-kali bagaimana? Gimana tulisnya. Selain itu pengalaman kerja. Kalau banyak pengalaman kerjanya, gimana? Kan rempong. Baik ketik aja CV semenarik mungkin dan pastinya surat lamaran kerjanya harus sesuai ya dengan yang dilamar.

8. Penutup

Tidak repot kan? Yang penting lengkapi semua dokumen jangan sampai tercecer. Jauh-jauh hari dipersiapkan agar tidak terburu-buru dalam melamar pekerjaan. Tidak lupa, berdoa dan meminta saran kepada orang tua yang paling penting. Mudah-mudahan dengan persiapan yang baik bisa mendapatkan pekerjaan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya