Musik merupakan media yang dapat mengungkapkan ekspresi manusia, baik senang, sedih, marah, dan lain-lain. Bahkan tidak diragukan lagi, bahwa musik itu dapat membangkitkan emosi seseorang dengan cara yang berbeda dan menarik. Nah, musik ini juga memiliki macam-macam jenisnya, seperti musik klasik, musik pop, musik dangdut, dan lain sebagainya. Tetapi musik yang paling banyak digemari atau disukai oleh masyarakat dari beberapa jenis musik tadi adalah musik klasik. Kenapa musik klasik? Karena musik klasik merupakan musik yang memiliki dampak positif bagi pendengarnya. Dampak ini bisa kita rasakan baik dari segi fisik maupun mental. Berikut inilah manfaat mendengarkan musik klasik.

Musik tidak selalu membuat seorang anak menjadi cerdas, perkembangan dan tingkat kecerdasan otak seorang manusia itu terletak pada berbagai macam faktor, seperti faktor biologi dan lingkungan. Namun dengan demikian, melodi pada musik klasik dapat membantu otak manusia untu berfikir.

1. Musik klasik dapat meningkatkan IQ manusia

Mendengarkan musik sewaktu hamil

Mendengarkan musik sewaktu hamil via http://google.com

Menurut hasil penelitian Don Campbell seorang musisi dan pendidik bersama rekannya yaitu Dr. Alfred Tomatis. Musik klasik terbukti dapat meningkatkan fungsi otak dan intelektual manusia secara optimal. Dikarenakan musik dapat merangsang perkembangan sel-sel otak yang sangat penting pada masa tumbuh kembang otak. Saat yang paling pesat yaitu terjadi pada awal masa kehamilan hingga bayi berumur tiga tahun.

2. Musik klasik dapat mengurangi rasa stress

Senang mendengarkan musik

Senang mendengarkan musik via http://google.com

Advertisement

Dalam kajian berjudul Positive Emotions and the Endothelium: Does Joyful Music Improve Vascular Health mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik favorit selama 30 menit dapat membantu melepaskan hormon endorphin untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi stress (futuready.com, 23 Agustus 2017). Di mana ketika mendengarkan musik klasik, beberapa bagian organ tubuh akan rileks sendiri dan dapat membuat pernapasan menjadi teratur. Terapi dengan musik klasik ini sangat aman dan termurah untuk mengurangi stress.

3. Musik klasik dapat meningkatkan daya ingat

Belajar sambil mendengarkan musik

Belajar sambil mendengarkan musik via http://google.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Doctor Irma Jarvela dari University of Helsinki Finlandia berjudul The effect of listening to music on human transcriptome, menemukan adanya hubungan antara mendengarkan musik klasik dengan perlambatan terjadinya kepikunan pada kerja otak manusia. Jika kita mendengarkan musik klasik selama 20-30 menit, dapat meningkatkan aktivitas pada gen otak yang terkait dengan ingatan dan pembelajaran di sekolah. Meskipun demikian, hasil tersebut harus diteliti lebih lanjut lagi yang berkaitan dengan fakta tersebut (futuready.com, 24 Agustus 2017).

4. Memaksimalkan kerja otak kanan

Anak laki-laki mendengarkan musik

Anak laki-laki mendengarkan musik via http://google.com

Ketika kamu mendengarkan musik klasik, secara tidak sadar kamu melatih otak kananmu untuk menyeimbangkan otak kirimu. Walaupun belum ada bukti bahwa mendengarkan musik klasik dapat mencerdaskan otak, tapi dengan terapi musik klasik, dapat melatih sistem kerja otak kanan.

5. Dapat mengatasi insomnia

Anak perempuan mendengarkan musik

Anak perempuan mendengarkan musik via http://google.com

Advertisement

Musik klasik merupakan suatu instrumental yang fungsinya bukan hanya untuk didengar saja, tetapi merupakan satu obat yang paling efektif sebagai media terapi insomnia. Musik klasik dapat menenangkan syaraf pada tubuh dan meningkatkan kesehatan mental. Menurut para ahli kesehatan, gangguan tidur disebabkan oleh mereka yang memiliki masalah pada diri mereka sendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya