Hidup jauh dari orang tua gampang-gampang susah. Di satu sisi jadi punya kebebasan dan belajar mandiri, di sisi lain bisa jadi lebih teledor. Kalau di rumah, kamu punya ibu yang bahkan ngomel duluan sebelum kamarmu sempat berantakan. Baju bersihmu selalu  tersedia karena ada yang mencucikan.

Setelah merantau untuk kuliah atau kerja, hari-harimu dipenuhi dengan kesibukan. Tingkat kerapian dan kedispilinanmu bisa berkurang.

1. Telat Makan

Makan sambil kerja via http://palembang.tribunnews.com

Hidup sendiri menuntutmu bisa mengatur diri sendiri, termasuk jadwal makan. Saking sibuknya, kamu memilih selesaikan pekerjaan dulu baru isi perut daripada kena marah bos atau ketua kelompok.

Advertisement

Saking malasnya, kamu lebih baik baring-baring di tempat tidur daripada jalan ke warung sebelah, mumpung punya waktu luang. Atau, telat makan hanya karena bingung mau makan apa dan di mana.

2. Cucian Menggunung

Cucian menumpuk via http://pinkkorset.com

Bagi yang punya uang lebih dan pandai mengatur bisa menggunakan jasa laundry saat sedang sibuk. Bagi yang uang sakunya pas-pasan, cucianmu sering menumpuk di belakang pintu. Sampai stok benar-benar habis, kamu terpaksa meluangkan waktu mencuci pakaian. Ada yang sampai lembur tengah malam juga.

3. Rendam Kelamaan

Hari ini kamu ingin mencuci eh tiba-tiba ada tugas mendadak. Atau, setelah direndam, kamu tiba-tiba mager alias males gerak. Jadilah cucianmu berendam kelamaan sampai membuat polusi udara.

4. Baju Kusut

Nyetrika yang penting saja via http://www.tribunnews.com

Advertisement

Boro-boro nyetrika, sebagian dari kamu bahkan pulang kos hanya sempat mandi saja. Alhasil, baju rumahan tidak kamu setrika, cukup kemeja kuliah saja.

5. Jarang Mandi

Males mandi via http://memecrunch.com

Tak ada mama yang selalu menanyakanmu, “Sudah mandi belum?”. Kalau yang punya pacar sih beda soal.

Kadang jam kuliahmu padat, aktivitas di luar kampus juga, atau pekerjaan yang membuatmu belum bisa tenang sebelum selesai. Jadinya, kamu mandi sekali sehari saja, atau bahkan mending tidur mumpung ada waktu. Eh tapi hati-hati jangan sampai jadi kebiasaan.

Tiap orang punya tingkat keteledoran berbeda, tergantung kebiasaan. Ada juga yang mending telat kerja atau telat ke kampus daripada nggak mandi dan nggak makan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya